Mohon tunggu...
Ninde KhairunitaUlva
Ninde KhairunitaUlva Mohon Tunggu... Lainnya - Agribisnis - Faperta

Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN BTV 3 UNEJ 2021 Kelompok 9: Meningkatkan Minat Baca dan Menulis Siswa Melalui Pengembangan Budaya Literasi

10 September 2021   10:25 Diperbarui: 10 September 2021   10:55 157
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

(Gambar 1. Mading Kreasi Siswa SDN 8 Sumberberas)

Universitas Jember merupakan salah satu institusi yang mewadahi mahasiswa menyelenggarakan kegiatan KKN Back To Village 3 2021 dengan tujuan mengabdikan ilmu kepada masyarakat di sekitar daerah tempat tinggal mahasiswa. Terdapat 5 topik dalam kegiatan KKN Back To Village UNEJ 2021, salah satunya adalah Program Literasi Desa di Masa Pandemi Covid-19. SDN 8 Sumberberas merupakan sasaran mahasiswa (Ninde Khairunita Ulva) dalam kegiatan KKN Back To Village ini. Program yang diajukan dalam KKN ini meliputi pengenalan aplikasi penunjang kegiatan pembelajaran secara daring dan pengembangan budaya literasi di sekolah.

Program kerja pada minggu pertama di SDN 8 Sumberberas adalah melakukan observasi, wawancara dan pendekatan dengan sasaran. Pada program kerja ini permasalahan yang ditemukan meliputi keterbatasan pengetahuan guru dalam mengoperasikan aplikasi penunjang kegiatan daring (zoom, google meet, google class room). Selain itu masih banyak siswa yang tidak lancar membaca akibat kegiatan pembelajaran yang dibatasi oleh pemerintah akibat wabah pandemi covid-19. Berdasarkan permasalahan tersebut solusi  yang dapat diberikan yaitu dengan mengoptimalkan kreativitas guru dalam pembelajaran daring dan mengembangkan budaya literasi untuk meningkatkan minat baca siswa.

Dok. Ninde Khairunita Ulva
Dok. Ninde Khairunita Ulva

(Gambar 2. Pengenalan aplikasi penunjang kegiatan daring)

Gambar diatas merupakan salah satu kegiatan pada program kerja minggu kedua. Program kerja pada minggu kedua adalah mengenalkan aplikasi penunjang kegiatan daring yang meliputi zoom dan google form. Selain itu sasaran juga dikenalkan dengan web slidesgo yang merupakan salah satu web untuk template power point yang dapat diunduh secara gratis. setelah itu sasaran juga diajarkan cara membuat materi pada power point dan membuat video pembelajaran untuk siswa. Video tersebut berisi tentang materi yang di akan diajarkan pada siswa mulai dari tema 1 hingga 8. Dalam setiap 1 video pembelajaran yang dibuat berisikan 1 tema saja. Video pembelajaran yang telah dibuat kemudian di kirimkan kepada siswa melalui Whatsapp grup.

Program kerja pada minggu ketiga yaitu pengembangan budaya literasi di sekolah. Kegiatan awal yang dilakukan adalah melakukan game bersama dengan guru dan siswa kelas 3 SDN 8 Sumberberas. Kegiatan tersebut bermaksud untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam menjawab soal yang diberikan oleh guru. Game meliputi game berhitung cepat dan game membaca cepat. Kegiatan selanjutnya adalah mengadakan kelas dengan siswa kelas 1 yaitu kelas membaca kalimat sederhana. Pada kegiatan tersebut siswa akan diberikan kertas yang berisikan kalimat pendek yang mana siswa akan diberikan kesempatan untuk membaca secara bersama-sama, kemudian dilanjutkan dengan membaca secara mandiri. Kegiatan berikutnya adalah mengadakan kegiatan membaca buku dongen selama 20 menit sebelum memulai pelajaran. Kegiatan tersebut bertujuan agar siswa dapat meningkatkan kemampuan membacanya.

Program kerja pada minggu keempat adalah melakukan evaluasi dan pembuatan laporan akhir. Sebelum melakukan evaluasi mahasiswa masih menjalankan kegiatan pengembangan literasi di SDN 8 Sumberberas. Pada minggu keempat mahasiswa  (Ninde Khairunita Ulva) mengadakan 2 kelas untuk sasaran yaitu kelas pelatihan mengoperasikan Power Point dan membuat Google form dengan salah satu guru, serta pelatihan membuat mading kreasi Bersama siswa kelas 3 SDN 8 Sumberberas. membuat madding kreasi adalah salah  satu langkah yang dilakukan untuk meningkatkan minat baca dan menulis siswa. pada minggu kelima mahasiswa mengadakan kelas webinar dengan tema "Optimalisasi Peran Guru dan Meningkatkan Minat Baca Siswa". 

kegiatan tersebut bertujuan agar guru dapat memahami perannya dalam mengembangkan budaya literasi di sekolah. Selain itu mahasiswa juga membuatkan akun media sosial facebook dan Instagram dengan tujuan segala kegiatan yang dilakukan oleh warga sekolah SDN 8 Sumberberas dapat diketahui atau diakses oleh pengguna social media. Selanjutnya dilakukan kegiatan evaluasi Bersama sasaran. Selama kegiatan KKN Back To Village 3 UNEJ 2021 sasaran mengaku puas dengan program kerja dan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa. Berdasarkan pengakuan dari sasaran adanya kegiatan ini membawa perubahan bagi SDN 8 Sumberberas baik pada siswa maupun pada tenaga pengajar. Program kerja yang dijalankan membuat siswa lebih aktif, kreatif dan juga lebih semangat untuk meningkatkan kemampuan membaca. Selain itu, pelaksanaan program kerja juga membuat guru lebih kreatif, dan inovatif untuk mengembangkan budaya literasi.

(Ninde Khairunita Ulva/Sumberberas/L. Dyah WSWW.)

Berikut ini merupakan dokumentasi hasil kegiatan program kerja mahasiswa (Ninde Khairunita Ulva) KKN BTV 3 UNEJ 2021 :

Gambar 3. Kegiatan Membaca Buku Dongeng
Gambar 3. Kegiatan Membaca Buku Dongeng
Gambar 4. Kegiatan Membuat Mading Kreasi
Gambar 4. Kegiatan Membuat Mading Kreasi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun