Mohon tunggu...
Ninda febriantikarahma
Ninda febriantikarahma Mohon Tunggu... Guru - MAHASISWA IAIN JEMBER

SIAPA YANG BERSUNGGUH-SUNGGUH PASTI AKAN BERHASIL

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Guru dalam Memilih Metode Pembelajaran

6 April 2020   05:40 Diperbarui: 6 April 2020   05:40 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh. Hallo kompasianers. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang metode dalam belajar. 

Metode merupakan sebuah cara yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan. pembelajaran merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan antara guru dan muridnya didalam suatu forum atau kelas. Jadi merode pembelajaran adalah sebuah cara yang dilakukan saat sedang melakukan sebuah kegiatan belajar.

Sebagai seorang guru yang profesinal harus mampu untuk mengolah suasana kelas menjadi selalu semangat dan menyenangkan. Menjadi guru harus selalu mampu menyuguhkan sesuatu yang baru kepada muridnya. Hal tersebut bertujuan untuk menghindarkan murid dari kebosanan. Karena dengan suasana kelas yang menyenangkan, murid akan lebih mudah untuk menyerap pengetahuan yang disampaikan oleh guru. 

Metode apakah yang bisa digunakan untuk mengolah pembelajaran menjadi menyenangkan? Metode-metode itu adalah:

1. Metode debat

Metode debat merupakan kegiatan adu argumentasi antara dua belah pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok dalam mendiskusikan dan memutuskan suatu masalah dan perbedaan. Langkah-langkahnya adalah:

a. Guru membagi dua kelompok peserta debay yang satu pro dan yang satu kontra.

b. Guru memberikan tugas untuk membaca materi yang akan didebatkan.

c. Guru menunjuk satu anggota yang kontra untuk berbicara kemudian ditanggapi oleh yang kontra.

d. Guru menilai gagasan, inti/ide-ide yang disampaikan.

e. Guru menambah ide yang belum terungkap.

f. Dari konsep yang telah dibuat guru tadi, siswa diajak untuk membuat kesimpulan.

2. Metode jigsaw

Metode ini merupakan metode tipe model kooperatif. Yng mana siswa di dibentuk kelompok dengan anggota 4-6 orang yang berbeda-beda. Yng saling bekerja sama dan bertanggung jawab. Langkah-langkahnya adalah:

a. Guru membagi kelompok

b. Siswa diberikan materi yang akan didiskusikan.

c. Setiap kelompok mempelajari materi secara mendalam.

d. Setiap anggota kelompok menjelaskan materinya kepada kelompok lain.

e. Guru memberikan kuis dengan topik yang telah di berikan.

f. Guru mengevaluasi dan memberikan penghargaan tim.

3. Metode problem solving

Metode ini adalah metode pemecahan masalah. Metode ini adalah menyajikan sebuah permasalahan sebagai titik tolak pembahasan sebuah materi untuk dianalisis dan disintesis dalam Usaha untuk mencari solusi atau pemecahan masalah oleh siswa. Langkah-langkahnya adalah: 

a. Adanya masalah yang dianggap penting.

b. Merumuskan masalah.

c. Analisa hipotesa.

d. Mengumpulkan data.

e. Analisis data.

f. Mengambil kesimpulan.

g. Aplikasi kesimpulan yang diperoleh.

h. Menilai kembali seluruh proses pemecahan masalah.

Jadi itu tadi metode-metode yang dapat diterapkan oleh guru agar menjadikan suasana kelas lebih hidup. Terima kasih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun