Mohon tunggu...
Nina Sulistiati
Nina Sulistiati Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sepanjang Hayat

Pengajar di SMP N 2 Cibadak Kabupaten Sukabumi.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

(Cerpen) Anuraga: Cinta Dalam Diam

11 September 2024   22:53 Diperbarui: 11 September 2024   22:55 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Input sumber gambar dok.pri. by Canva

Cerita pewayangan bagi kaum remaja dewasa ini tidaklah menarik, tetapi tidak bagi Wira. Wira lahir dan tumbuh dengan budaya Sunda yang sangat kental. Kakek dan ayahnya seorang dalang wayang golek yang terkenal. Kisah-kisah pewayangan seperti Ramayana dan Mahabharata lekat erat dalam benak Wira. Kisah-kisah tentang Pandawa Lima, Srikandi, dan Kresna menghidupkan imajinasinya, dan dalam dirinya tertanam rasa kagum yang mendalam pada dunia para ksatria. Karakter para ksatria yang tanpa disadarinya mengendap dalam sanubari.

Ada satu kisah yang sangat membekas di hati Wira -- kisah tentang Dewi Drupadi. Kisah ini selalu disampaikan oleh ayahnya dengan penuh takjim seolah Drupadi bukan hanya karakter dalam lakon, tetapi sosok yang pernah nyata. Kehebatan Drupadi mulai terlihat saat acara swayamvara---sayembara pemilihan suami---yang digelar oleh Raja Drupada.

Dalam acara itu, setiap pangeran dan ksatria dari berbagai kerajaan datang untuk mencoba memenangkan hatinya. Untuk dapat menikahi Drupadi, para peserta harus menaklukkan tantangan besar: memanah ikan yang berputar di atas, hanya dengan melihat bayangannya di air. Banyak pangeran yang mencoba, namun gagal. Ketika Pandawa yang menyamar sebagai brahmana datang, Arjuna berhasil menyelesaikan tugas tersebut dan memenangkan hati Drupadi. Namun, pernikahan Drupadi tidak biasa---ia menjadi istri dari kelima Pandawa

Dewi Drupadi yang memiliki kecantikan melebihi bidadari,  merupakan sosok wanita yang memiliki kekuatan, keanggunan dan  menggambarkan kehebatan. Dewi Drupadi bukan hanya sosok yang cantik, tapi juga seorang wanita dengan keberanian luar biasa, sangat bijaksana, dan menjaga kehormatan yang tak tergoyahkan dalam membela keluarga Pandawa Lima. Dalam hati Wira, Drupadi menjadi simbol cinta yang tak terjangkau---cinta yang sempurna dan abadi. Cinta yang sangat diharapkan bisa hadir dalam hidup Wira. Cinta pertama sekaligus cinta terakhirnya kelak.

Saat festival wayang golek digelar di Rumentang Siang, Wira berkenalan dengan seorang mojang geulis. Namanya Kanaya---seorang putri pesinden terkenal dari kota Bandung. Kanaya berarti perempuan cantik, lembut, anggun dan bijaksana. Wira tertegun saat pertama kali melihatnya---rambut panjangnya berayun lembut, dan sorot matanya seolah membawa keteduhan dan rahasia yang tersembunyi. Seketika, Naya mengingatkan Wira pada Dewi Drupadi.

Sejak malam itu Wira merasa dirinya jatuh cinta pada pandangan pertama. Mungkin inilah cinta pertama Wira. Malam itu Wira menghabiskan waktu bersama Naya. Mereka bercakap-cakap tentang banyak hal. berbagi cerita tentang kisah-kisah pewayangan dan masa depan di bawah pohon beringin.

Baca juga: Cerpen

Namun, cinta Wira terhadap Naya tak pernah terucap, hanya terpendam dalam diam. Setiap kali dia ingin mengungkapkan perasaannya, bayangan Dewi Drupadi menghantuinya---ia merasa cintanya terlalu sempurna untuk sekadar diucapkan.  

Bagi Wira, cinta adalah sebuah pengabdian yang tak terukur. Baginya, mencintai adalah memberikan sepenuh hati tanpa pamrih, seperti cinta Para Pandawa terhadap Dewi Drupadi. Wira ingin cintanya murni, tidak sekadar kata-kata manis atau janji yang mudah dilupakan, melainkan tindakan nyata yang membuktikan ketulusannya. Seperti Yudhistira yang memimpin dengan bijaksana, Bima yang selalu siap membela, Arjuna yang melindungi, dan Nakula-Sadewa yang setia dalam setiap langkah. Ia percaya bahwa cinta sejati adalah tentang keberanian untuk berkorban dan merawat hubungan itu dengan penuh tanggung jawab, persis seperti para Pandawa yang tak pernah meninggalkan Dewi Drupadi, bahkan dalam badai kehidupan.

Wira duduk di tepi jendela gedung kesenian tempat festival wayang, menatap langit sore yang mulai berubah warna. Di dalam hatinya, perasaan itu membuncah, rasa cinta yang ia pendam begitu dalam. Ia berbicara pelan pada dirinya sendiri, suara hatinya seolah menggema di dalam ruangan yang sepi.

"Kanaya...," bisiknya, hampir tak terdengar. "Kenapa setiap kali aku melihatmu, semua kata yang ingin kuucapkan hilang begitu saja? Seolah-olah, aku hanya seorang pengecut yang tak punya keberanian untuk menyampaikan apa yang ada di hatiku."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun