Mohon tunggu...
Nina Sagita
Nina Sagita Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Bernyanyi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star

28 Juli 2023   11:45 Diperbarui: 28 Juli 2023   12:35 211
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi

SDN 83 SINGKAWANG

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik

Penulis

Nina Sagita, S.Pd.

Tanggal

24 Juli 2023

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah 

Motivasi belajar peserta didik yang masih rendah pada saat proses pembelajaran berlangsung, yaitu ditandai dengan perubahan sikap peserta didik, kurangnya minat belajar peserta didik, kurangnya pemanfaatan media berbasis IT, metode pembelajaran kurang variatif dan inovatif.

Alasan Praktik Ini Penting untuk Dibagikan

Sebagai seorang guru, saya merasa pentingnya untuk membagikan pengalaman praktek baik ini dengan situasi yang telah dilalui dapat menjadi referensi, rujukan atau sumber informasi bagi rekan guru lainnya untuk menyiapkan rencana pembelajaran serta implementasinya di dalam kelas. karena banyak rekan guru yang mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang dialami, sehingga praktek ini diharapkan selain bisa memotivasi diri sebagai guru juga diharapkan bisa menjadi referensi atau inspirasi bagi rekan guru yang lain.

Peran dan Tanggung Jawab Saya dalam Praktik Ini

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah, maka seorang guru memiliki peran dan tanggung jawab untuk memperbaiki situasi yang terjadi di dalam kelasnya. Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah mengidentifikasi masalah yang ada di kelas yang saya ampu, menganalisis penyebab masalah, dan menentukan  solusi yang dapat mengatasi masalah tersebut. Solusi yang  saya gunakan antara lain menentukan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakteristik materi dan peserta didik, menggunakan multi metode, serta     menggunakan media pembelajaran berbasis TIK yang bervariasi sehingga  dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat.

Tantangan untuk mencapai tujuan

Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, wawancara dengan teman sejawat, kepala sekolah dan pakar. Ada beberapa tantangan yang terjadi yaitu :

Kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Peserta didik belum terbiasa berdiskusi dan  mengemukakan pendapatnya dalam kelompok.

Peserta didik belum percaya diri dalam melakukan presentasi di hadapan teman-temannya.

Kurangnya keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran berbasis TIK.

Tantangan itu yang menyebabkan seorang guru harus melewatinya dengan berbagai cara seperti pemberian motivasi belajar kepada peserta didik agar lebih antusius dalam proses pembelajaran dan menerapkan media yang sesuai dengan gaya belajar peserta didik dan metode pembelajaran yang variatif.

Pihak yang Teribat

Beberapa pihak yang terlibat pada kegiatan ini yaitu kepala sekolah,  , guru kelas, dan teman sejawat, peserta didik kelas VI.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang Dilakukan untuk Menghadapi Tantangan

Tantangan yang ada diatas harus segera di selesaikan dengan baik oleh guru profesional.

Adpun langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru untuk menghadapi tantangan tersebut, diantaranya :

  • Meningkatkan minat peserta didik
  • strategi yang dilakukan guru untuk meningkatkan minat peserta didik adalah dengan memberikan penguatan  dan reward pada awal dan akhir pembelajaran agar peserta didik semangat dalam mengikuti pebelajaran.
  • Pemilihan media pembelajaran
  • Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan media pembelajaraan adalah dengan memilih media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi pembelajaran serta sesuai karakteristik siswa. Disini guru menggunakan media konkrit yang ada disekitar sekolah sehingga peserta didik bisa lebih mengenal media yang ada. Jika media konkrit sudah ada, kemudian dikalaborasikan dengan media berbasis TPACK sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Kali ini menggunakan media pembelajaran berbasis wabsite yaitu power point.
  • Pemilihan metode pembelajaran yang variatif
  • Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan metode pembelajaran adalah dengan memahami karakteristik peserta didik dan karakteristik materi. Proses pemilihan metode ini pertama guru mempelajari apa saja metode-metode dalam pembelajaran, lalu memahami karakteristik peserta didik yang dapat dilihat dari kemampuan dasar dan kebiasaan siswa. Sedangkan karakteristik materi yaitu dengan mempelajari materi pembelajaran yang terdapat dibuku tema guru dan buku siswa.
  • Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman kompetensi guru akan metode-metode pembelajaran dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran.
  • Disini guru memilih metode pembelajaran yang akan digunakan adalah ceramah disertai tanya jawab, eksperimen, diskusi dan penugasan.
  • Pemilihan model pembelajaran
  • Startegi yang dilakukan guru dalam pemilihan model pembelajaran yaitu dengan memahami karakteristik peserta didik dan kerakteristik materi.
  • Disini guru memilih model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL).
  • Adapun langkah-langkah yang digunakan dalam penggunaan model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) adalah :
  • Orientasi peserta didik pada maslah
  • Mengorganisasikan peserta didik dalam belajar
  • Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok
  • Mengembangkan dan menyajikan hasil
  • Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

Proses pemilihan model ini pertama guru mempelajari apa saja model-model dalam pembelajaran lalu memahami karakteristik peserta didik yang dapat dilihat dari kemampuan dasar dan kebiasaan siswa.

Sedangkan karakteristik materi yaitu dengan mempelajari materi pembelajaran  yang terdapat dibuku tema guru dan buku siswa.

Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan model ini antara lain pemahaman kompetensi guru akan model pembelajaran PBL dan juga pemahaman guru akan model pembelajaran.


Yang Terlibat Dalam Kegiatan Ini

Dalam melaksanakan strategi menghadapi tantangan-tantangan  tersebut melibatkan dukungan dari.

Kepala sekolah yang telah memberikan izin untuk PPL dan menggunakan fasilitas sekolah yang dibutuhkan saat pelaksanaan praktik.

Teman sejawat yang membantu mempersiapkan alat dan  merekam video selama proses pembelajaran.

Peserta didik kelas VI yang berjumlah 12 orang sebagai partisipan.

 

Sumber Daya atau Materi yang Diperlukan untuk Melaksanakan Strategi

Sumber daya untuk pelaksanaan kegiatan ini memanfaatkan.

RPP yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan pendekatan Saintifik.

Bahan ajar dan LKPD berbasis masalah.

Aplikasi pembuatan media pembelajaran berbasis TIK berupa power point yang disisipi video pembelajaran.

Literatur yang sesuai dengan permasalahan yang ditemukan seperti video tutorial di internet untuk membuat media pembelajaran.

Soal evaluasi berbasis HOTS.

Sarana teknologi: Laptop dan proyektor

Alat dan bahan: kertas buffalo, stereoform, spidol, dan penggaris, lem, kertas gambar


Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan Setelah melakukan strategi dalam menghadapi tantangan-tantangan di dalam kelas dan langkah-langkah yang telah disusun, dapat memberikan hasil yang efektif yang mana dapat dilihat dari :

  • Pemberian motivasi pada awal dan akhir pembelajaran, dapat membuat peserta didik semangat dalam mengikuti pembelajaran.
  • Penerapan media konkrit dan media berbasis TIK yang di implementasikan yaitu  berbasis wabsite membuat peserta didik semakin semangat  dalam proses pembelajaran.
  • Penerapan multi metode dan pemilihan metode yang variatif cukup efektif untuk meningkatkan keaktifan peserta didik yaitu terlihat dari kegiatan peserta didik saat pembelajaran.
  • Serta dipadukan dengan model pembelajaran PBL (Problem Basic Learning) membuat siswa lebih bersemangat dan tidak cepat bosan dalam pembelajaran. Karena pada saat pembelajaran siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menjawab soal yang diberikan guru. Dengan menggunakan model pembelajaran model  PBL ini siswa lebih termotivasi dari pada dengan model pembelajaran konvesional, terlihat dari indikator keaktifan naik dari sebelum penggunaan model PBL. Selain indikator keaktifan naik, indikator kerjasama  dan kedisiplinan juga meningkat.

Keefektifan atau Ketidakefektifan Hasil

Dengan melihat dampak yang terjadi di dalam kelas maka dapat disimpulkan langkah-langkah yang telah dilakukan memberikan hasil yang efektif. Kesimpulan ini berdasarkan hasil belajar siswa yang meningkat, siswa menjadi lebih aktif dan termotivasi, serta memberikan keberanian dalam memberikan pertanyaan, pendapat dan saat mempresentasikan hasil kerjanya.


Respon Orang Lain yang Terlibat

Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang dan peserta didik termotivasi, bisa dilihat saat kegiatan refleksi akhir pembelajaran peserta didik memberikan refleksi bahwa pembelajaran sangat menyenangkan dan media pembelajaran menarik juga mudah dipahami. Peserta didik merasa senang dengan pembelajaran yang dilakukan terutama ketika menonton video yang ditayangkan melalui proyektor. Selain itu peserta didik termotivasi ketika melakukan diskusi karena dibimbing oleh guru. Peserta didik juga tampak percaya diri saat bertanya, menjawab pertanyaan, berpendapat dan mempresentasikan hasil kerja kelompok maupun individu.  

Faktor keberhasilan atau tidak keberhasilan

Yang menjadi faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan pada penguasaan guru terhadap pemberian motivasi kepada  peserta didik serta terhadap media pembelajaran, metode, model  dan langkah-langkah pada rencana pelaksanaan pembelajaran  yang sudah dibuat.

Pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut 

Pembelajaran yang bisa diambil  dari proses dan kegiatan yang sudah guru lakukan adalah sebaiknya guru bisa memberikan motivasi yang berupa penguatan atau pemberian reward kepada peserta didik  serta lebih kreatif dan inovatif dalam memilih media, dan model pembelajaran untuk membuat proses belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun