Mohon tunggu...
Nina Nina
Nina Nina Mohon Tunggu... lainnya -

Masih belajar memaknai kata Sabar dan Syukur. Tetap semangat !!!!

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Meneropong Views VC Fatin yang Anjlok!

24 Juni 2014   01:02 Diperbarui: 18 Juni 2015   09:27 594
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jadwal on n off -air Fatin pertengahan Juni 2014. Sumber: https://plus.google.com/communities/102542984464340323970

Potongan jadwal diatas adalah jadwal padat merayap Fatin yang diperoleh dari sumber resmi (baca: SMEI) yang di unggah di salah satu grup komunitas penyuka Fatin.

Nyaris tiada hari tanpa jeda untuk Fatin yang kebetulan masih menjalani hari libur sebelum memulai kuliah. Meski bejibun job, Fatin masih sempat nyolong-nyolong waktu untuk berkumpul dengan genk-nya semasa SMU dan kursus Bahasa Inggris di English First, bahkan masih sempat bergurau dengan lovers dan haters-nya di ask.fm dengan riang gembiranya.

Salah satu julukan yang disematkan padanya dari yang bejibun itu  adalah ratu views di youtube, tentu ini ukurannya adalah views youtube untuk penyanyi di dalam negeri. Mulai dari membanjirnya views ketika masih berlaga di XFI hingga views-nya di lapak resmi SMEI.

Ada hal yang menarik ketika mencermati views Fatin di lapak resmi-nya di youtube. Lagu dia dia dia dengan ferifikasi vevo yang diluncurkan per 6 Desember 2013 lalu berhasil mendulang 1,7 juta klik dalam waktu 6 bulan saja. 280 ribu penonton youtube dalam sebulan adalah ukuran yang tidak biasa untuk suatu VC dalam negeri.

1403517708859128562
1403517708859128562
VC Dia Dia Dia. Sumber: http://www.youtube.com/watch?v=oVmkhVbJ6Ms&hd=1

Jangan Kau Bohong diluncurkan secara resmi medio Februari 2014. Track dengan composers Design Music dari Norway direleased tanpa video clip alias hanya audio doank, namun berhasil mendulang 1, 17  jt dalam waktu 3,5 bulan. 330an ribu  klik perbulan dan melebihi penonton DDD di video vevo Fatin.

Lovers sebenarnya menunggu VC lagu up-beat ini dengan harap harap tiktok tiktok. Meski beberapa kali manajemen bercuit hari h dan bulan b pembuatan track VV ini, namun sampai hari ini belum menjadi nyata.

14035185801052042783
14035185801052042783
Audio Jangan Kau Bohong. Sumber: http://www.youtube.com/watch?v=wUa-xYHxhk0&list=TL6RZebHyizFgpbkvWNpRX9nI7NK35lYoY&hd=1

Setelah main tebak-tebakan di berbagai komunitas penyuka jawara XFI 2013 ini, akhirnya SMEI memilih untuk memproduksi VC Kaulah Kamuku. Menggandeng Fimela sebagaipembuat klip dengan pemberitaan yang hingar bingar dan diliput oleh segambreng mainstream media, VC dengan konsep khas anak muda ini diluncurkan tanggal 19 Mei 2014.

Mencoba menjadi komentator ala strawman, fihak manajemen Fatin  (mungkin) mengharapkan video clip ini akan lebih dahsyat views-nya dikarenakan menyatukan dua fanbase yang terkenal fanatik itu dan disatukan dalam satu VC. Namun ternyata hasilnya tidak begitu menggembirakan. Sebulan lebih tiga hari setelah VC ini nangkring di youtube, klikersnya hanya 58 ribu.

1403519313493522291
1403519313493522291
VC

VC 'Kaulah Kamuku@. Sumber: http://www.youtube.com/watch?v=vL7ZGcsPOAY&list=UUjvZB8bh7MtsVFS7m-pEzuw&hd=1#!

Tentu suatu angka yang mungkin kurang menggembirakan bagi fihak manajemen Fatin, hingga pada sekian hari setelah peluncuran VC ini, fihak manajemen pun bahkan menuliskan status di VC resmi mereka ini dan meminta pendapat penonton.

Berbagai usulan pun banyak nangkring di lapak VC kaulah kamuku ini, termasuk menagih VC Jangan Kau Bohong, hingga buanyak permintaan untuk membuatkan VC track saat kugelap saat kuremang. Trak SKGSKR ini merupakan tembang yang paling disukai berdasarkan mayoritas komen lovers di berbagai komunitas.

Versi acoustic tembang sejuta umat Aku Memilih Setia-pun diluncurkan secara resmi diluncurkan 6 Juni 2014. Entah ada apa dengan VC tembang ini yang telah diluncurkan jauh sebelum VC DDD dan ternyata VC Aku Memilih Setia ini tidak tersedia di lapak resmi SMEI. Hingga ada seorang youtuber yang mempertanyakan mengapa VC-nya tidak ada di lapak resmi, sedangkan tembang tersebut merupakan satu dari dua tembang andalan yang dinyanyikan ketika melakukan promo ke Malaysia.

140352024673662553
140352024673662553
AMS Versi akustik. Sumber http://www.youtube.com/watch?v=wfW7sLxjBGE&list=UUjvZB8bh7MtsVFS7m-pEzuw&hd=1

Hampir dua minggu diluncurkan dengan jumlah penonton 21 ribu tentu bukan angka yang besar jika dibandingkan dengan VC  atau audio pendahulunya. Dan terakhir SMEI meluncurkan Dia Dia Dia versi akustik dengan wardrobe yang sama di tembang AMS. Penonton versi akustik ini sebesar 10 ribu  setelah diluncurkan per tanggal 15 Juni 2014.

1403520579560559890
1403520579560559890
Dia Dia Dia versi akustik. Sumber: http://www.youtube.com/watch?v=Ja4hzbI1Ioo&hd=1#!

Dari empat VC dan satu audia clip yang diluncurkan secara resmi oleh SMEI, pemenangnya adalah tembang Jangan Kau Bohong. Lagu rancak dari  komposers yang  juga menggawangi track sadar diatas sabar.

Untuk VC album for you selanjutnya, jika itu masih akan ada vc lanjutan, sepertinya fihak label mesti berancang ancang untuk merilis tembang-tembang Fatin yang dibuat oleh musisi manca, seperti misalnya SKGSKR atau salah satu dari tujuh tembang lain yang audionya saja sudah berasa rancak bana di telinga.

Meski views VC  di youtube bulanlah satu-satunya dan segala-galanya dalam mengukur ke-eksis-an pekerja seni, namun setidaknya jumlah klikers di youtube yang masih tetap gratis itu bisa menjadi think-tank manajemen untuk dalam menentukan strategi menjaring swing listeners dan penyuka baru Fatin, untuk kesinambungan karir Fatin di masa yang akan datang.  Salam foyyaa...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun