Mohon tunggu...
Nina SyamsaDhiya
Nina SyamsaDhiya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Manajemen IPB University

Saya adalah mahasiswi manajemen di IPB University, saat ini berada di semester 3. Saya aktif dalam berbagai kegiatan akademik dan organisasi, termasuk menjadi ketua divisi konsumsi serta sekretaris divisi publikasi, dokumentasi, dan dekorasi. Fokus saya adalah mengembangkan keterampilan manajerial dan kepemimpinan untuk mencapai kesuksesan di bidang yang saya geluti.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Rekrutmen Tenaga Kerja Pendidikan dengan Pendekatan Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) Terintegrasi

22 Juli 2024   23:42 Diperbarui: 23 Juli 2024   00:01 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) mengacu pada pengelolaan individua tau kelompok dalam mengatur tenaga kerja dalam organisasi, meliputi rekrutmen, pelatihan, pengembangan, dan pemeliharaan karyawan. Dalam konteks pendidikan, manajemen SDM yang terintegrasi sangat penting untuk memastikan rekrutmen tenaga pendidikan yang berkualitas, sehingga dapat mendukung proses belajar mengajar yang optimal. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pendekatan manajemen SDM yang terintegrasi dapat meningkatkan proses rekrutmen tenaga pendidikan dan mendukung keberhasilan institusi pendidikan.

Konsep manajemen SDM dalam proses rekrutmen 

Manajemen SDM terintegrasi menggabungkan berbagai fungsi HR dalam satu kerangka kerja. Ini melibatkan perencanaan tenaga kerja, rekrutmen, seleksi, pengembangan, dan evaluasi kinerja. Dalam konteks rekrutmen tenaga pendidikan, pendekatan ini bertujuan untuk mendapatkan tenaga pengajar yang tidak hanya memenuhi kualifikasi akademis tetapi juga memiliki keterampilan interpersonal yang baik. Manajemen SDM yang terintegrasi berarti bahwa semua aspek dari siklus hidup karyawan, dari rekrutmen hingga pensiun, dikelola secara harmonis dan berkesinambungan.

Proses Rekrutmen Terstruktur

Pendekatan terstruktur dalam rekrutmen tenaga pendidikan dimulai dengan perencanaan kebutuhan tenaga kerja. Ini melibatkan analisis beban kerja saat ini dan kebutuhan siswa di masa depan. Berdasarkan analisis ini, institusi pendidikan dapat mengidentifikasi jumlah dan jenis tenaga pengajar yang diperlukan. Selanjutnya, proses rekrutmen dilakukan melalui iklan pekerjaan yang jelas, yang menyoroti kualifikasi dan keterampilan yang dibutuhkan serta menawarkan gambaran tentang budaya dan nilai-nilai institusi.

Seleksi calon tenaga pengajar melibatkan serangkaian langkah yang ketat, termasuk penyaringan aplikasi, wawancara mendalam, dan tes kompetensi. Tes ini dapat mencakup demonstrasi pengajaran, ujian pengetahuan, dan penilaian keterampilan interpersonal. Langkah-langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa calon tenaga pengajar tidak hanya memiliki pengetahuan yang diperlukan tetapi juga mampu menginspirasi dan memotivasi siswa.

Sebagai contoh, sebuah sekolah dapat menggunakan proses rekrutmen terstruktur untuk mendapatkan tenaga pengajar berkualitas. Proses rekrutmen tenaga pengajar yang berkualitas, proses ini dimulai dengan analisis kebutuhan tenaga kerja berdasarkan jumlah siswa dan kurikulum yang diajarkan. Setelah itu, sekolah memasang iklan pekerjaan di berbagai platform, termasuk situs web sekolah, portal pekerjaan online, dan media sosial. Calon tenaga pengajar yang tertarik kemudian mengirimkan aplikasi mereka, yang disaring oleh tim HR untuk memastikan mereka memenuhi kriteria dasar.

Setelah penyaringan awal, calon yang lolos diundang untuk mengikuti wawancara dan tes kompetensi. Misalnya, calon mungkin diminta untuk memberikan contoh pengajaran di depan panel yang terdiri dari guru senior dan administrator. Panel ini akan mengevaluasi kemampuan calon dalam menyampaikan materi pelajaran, berinteraksi dengan siswa, dan mengelola kelas. Berdasarkan evaluasi ini, calon terbaik dipilih untuk posisi tersebut.

Namun, dalam mewujudkan hal tersebut terdapat beberapa tantangan dan peluang yang harus dihadapi. Berikut tantangan dan peluang dalam rekrutmen tenaga Pendidikan:

Tantangan

Banyak institusi pendidikan menghadapi kesulitan dalam menemukan tenaga pengajar yang memiliki kombinasi keterampilan akademis dan interpersonal yang memadai sekaligus. Keterbatasan tenaga kerja ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kurangnya program pelatihan yang efektif dan rendahnya minat dalam profesi pengajaran.

  • Persaingan dengan Sektor Lain

Profesi pendidikan sering kali kalah bersaing dengan sektor lain yang menawarkan kompensasi lebih tinggi. Ini membuat banyak calon tenaga pengajar berbakat memilih karir di luar bidang pendidikan.

  • Proses Seleksi yang Panjang

Rekrutmen tenaga pendidikan yang berkualitas memerlukan proses seleksi yang cermat dan mendetail, yang bisa memakan waktu dan sumber daya. Institusi pendidikan harus memastikan bahwa mereka memiliki sistem yang efisien untuk mengelola proses ini tanpa mengorbankan kualitas.

Peluang

  • Pengembangan Program Pelatihan

Institusi dapat mengembangkan program pelatihan internal untuk meningkatkan keterampilan calon tenaga pengajar. Ini tidak hanya membantu dalam memenuhi kebutuhan tenaga pengajar berkualitas tetapi juga meningkatkan retensi karyawan.

  • Kolaborasi dengan Lembaga Pendidikan

Bekerja sama dengan universitas dan lembaga pendidikan lain dapat membantu dalam mendapatkan tenaga pengajar yang berbakat. Program magang dan kemitraan akademik bisa menjadi sumber penting untuk calon tenaga pengajar.

  • Pemanfaatan Jaringan Alumni

Menggunakan jaringan alumni untuk merekrut tenaga pengajar dapat menjadi strategi efektif dalam mendapatkan tenaga pendidik yang berkualitas. Alumni yang memiliki pengalaman positif di institusi pendidikan mereka cenderung lebih tertarik untuk kembali dan berkontribusi sebagai tenaga pengajar.

Proses Berkelanjutan

Mengubah tantangan rekrutmen menjadi kesuksesan memerlukan pendekatan yang berkelanjutan dan adaptif. Ini mencakup

1. Strategi S-O (Strengths-Opportunities)

Gunakan perangkat lunak manajemen kinerja dan analitik HR untuk meningkatkan keputusan SDM dan mengoptimalkan proses rekrutmen serta pengembangan karyawan. Kembangkan program keberlanjutan untuk mendukung tujuan sosial dan lingkungan, menarik calon tenaga pendidikan yang peduli dengan tanggung jawab sosial.

2. Strategi S-T (Strengths-Threats)

Ciptakan budaya kerja yang mendukung kolaborasi dan inovasi untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi karyawan, mengurangi dampak ancaman eksternal. Mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Umpan balik dari karyawan baru dan manajemen dapat memberikan wawasan berharga tentang bagaimana proses dapat disempurnakan.

3. Strategi W-O (Weaknesses-Opportunities)

Implementasikan sistem pengumpulan dan analisis data SDM untuk memanfaatkan peluang peningkatan proses rekrutmen dan pengembangan karyawan.

4. Strategi W-T (Weaknesses-Threats)

Menciptakan lingkungan kerja yang mendukung dan positif berupa dukungan kepada tenaga pengajar baru, menyediakan fasilitas yang memadai, dan mengakui prestasi mereka

Kesimpulan dan Rekomendasi

Mengadopsi pendekatan manajemen SDM yang terintegrasi dalam rekrutmen tenaga pendidikan dapat membantu institusi pendidikan mendapatkan dan mempertahankan tenaga pengajar yang berkualitas. Institusi harus terus mengevaluasi dan memperbaiki proses rekrutmen mereka, menawarkan peluang pengembangan profesional, dan menciptakan lingkungan kerja yang mendukung. Dengan demikian, institusi pendidikan dapat memastikan bahwa mereka memiliki tenaga pengajar yang mampu memberikan pendidikan berkualitas tinggi kepada siswa. Mengintegrasikan berbagai fungsi manajemen SDM dalam satu kerangka kerja yang berkualitas akan membantu institusi pendidikan menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada untuk mencapai kesuksesan jangka panjang.

References

Aulia, D. I., Tahir, R., Sunarto, & SyahputraHendra. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia. sonpedia.com.

Prayogo, D. A., Yuwono, I., Saputra, R. C., Sikki, N., & Paramarta, V. (2023). Strategi Menyikapi Tantangan Dan Peluang Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi : Tinjauan Literatur (Vol. 2). doi:10.59188/jcs.v2i11.550

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun