Mohon tunggu...
Adilla Nilia Putri
Adilla Nilia Putri Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Hi!! this is Adilla Nilia Putri

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menyelami Esensi Evaluasi Pendidikan Islam

19 November 2023   14:48 Diperbarui: 19 November 2023   14:52 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Evaluasi dalam konteks pendidikan berasal dari bahasa Inggris "evaluation," dalam bahasa Arab dikenal sebagai "al-Taqdr," dan dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai "penilaian." Evaluasi mencakup dua kegiatan utama, yaitu pengukuran dan penilaian. Proses evaluasi diakhiri dengan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan nilai dan manfaat dari hasil evaluasi.

Evaluasi memiliki cakupan yang lebih luas daripada penilaian, yang terfokus pada aspek-aspek tertentu. Jika evaluasi menilai sistem pembelajaran secara menyeluruh, istilah yang tepat adalah evaluasi, sementara penilaian cocok untuk menilai satu atau beberapa komponen pembelajaran, seperti hasil belajar.

Evaluasi, penilaian, dan pengukuran memiliki perbedaan dalam pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Evaluasi bersifat kualitatif dan kuantitatif, sementara penilaian bersifat kualitatif, dan pengukuran bersifat kuantitatif.

Tujuan evaluasi terbagi menjadi umum dan khusus. Tujuan umumnya melibatkan pengumpulan bukti tentang perkembangan peserta didik dan menilai efektivitas metode pengajaran. Tujuan khususnya termasuk merangsang kegiatan peserta didik dan menemukan faktor-faktor keberhasilan dan ketidakberhasilan peserta didik.

Fungsi evaluasi mencakup tiga pokok utama, yaitu mengukur kemajuan, mendukung penyusunan rencana, dan melakukan perbaikan. Secara khusus, evaluasi berfungsi secara psikologis, didaktik, dan administratif.

Dalam konteks pembelajaran, evaluasi bertujuan untuk perbaikan dan pengembangan sistem pembelajaran, serta mendukung proses akreditasi lembaga pendidikan. Evaluasi tidak hanya berkaitan dengan proses dan hasil belajar tetapi juga mencakup semua komponen pembelajaran. Evaluasi dalam bidang pendidikan memiliki beberapa kegunaan, yaitu :

  • Pertama, evaluasi membuka kemungkinan bagi evaluator untuk memperoleh informasi tentang hasil-hasil program pendidikan. 
  • Kedua, evaluasi membuka peluang untuk menilai relevansi program pendidikan dengan tujuan yang ingin dicapai.
  • Ketiga, evaluasi memungkinkan perbaikan, penyesuaian, dan penyempurnaan program pendidikan agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Manfaat evaluasi tidak hanya dirasakan oleh evaluator tetapi juga oleh berbagai pihak seperti guru, siswa, sekolah, masyarakat, dan pemerintah. Evaluasi diwujudkan dalam bentuk akreditasi dan sertifikasi, dan pengukuran kualitas sekolah dilakukan melalui instrumen evaluasi seperti evaluasi diri sekolah dan ujian nasional.

Ruang lingkup evaluasi pendidikan mencakup tiga komponen utama, yaitu:

  • evaluasi program pendidikan, 
  • evaluasi proses pelaksanaan pendidikan, 
  • dan evaluasi hasil pendidikan. 

Evaluasi pembelajaran mencakup domain kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta aspek-aspek lain seperti sikap, pengetahuan, pemahaman, kecerdasan, perkembangan jasmani, dan keterampilan.

Prinsip umum evaluasi mencakup kontinuitas, komprehensif, adil, objektif, kooperatif, dan praktis. Prinsip integratif, keterlibatan siswa, koherensi, pedagogis, dan akuntabilitas juga menjadi pedoman dalam kegiatan evaluasi.

Klasifikasi evaluasi pendidikan melibatkan tiga kategori, yaitu: 

  • berdasarkan fungsi evaluasi dalam proses pendidikan, 
  • pemanfaatan informasi dari evaluasi, dan latar belakang pernyataan.

Jenis evaluasi pembelajaran mencakup evaluasi perencanaan dan pengembangan, evaluasi monitoring, evaluasi dampak, evaluasi efisiensi-ekonomis, dan evaluasi program komprehensif.

Objek evaluasi pendidikan mencakup aspek kemampuan, kepribadian, dan sikap. Sasaran evaluasi, seperti prestasi belajar, menentukan subjek evaluasi, seperti guru atau dosen untuk prestasi belajar, atau guru yang telah dilatih untuk menilai sikap atau kepribadian.

Teknik evaluasi dapat digolongkan menjadi tes dan non-tes. 

  • Teknik tes melibatkan evaluasi formal dengan batasan-batasan tertentu, dan terbagi menjadi tes diagnostik, tes formatif, dan tes sumatif. 
  • Teknik non-tes melibatkan alat pengumpulan informasi seperti skala bertingkat, kuesioner, daftar cocok, wawancara, pengamatan, dan riwayat hidup.

Menyelami esensi evaluasi pendidikan Islam adalah langkah krusial dalam meningkatkan kualitas dan relevansi sistem pendidikan. Konsep evaluasi yang holistik dan kontekstual akan memberikan pandangan yang lebih mendalam tentang dampak pendidikan Islam pada perkembangan individu dan masyarakat. Dengan implementasi yang bijaksana, evaluasi dapat menjadi alat untuk memastikan pendidikan Islam tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga membentuk pribadi yang berakhlak dan bertanggung jawab.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun