Mohon tunggu...
Irvan Ulvatur Rohman
Irvan Ulvatur Rohman Mohon Tunggu... Lainnya - Content Writer & Digital Marketer

Seorang penulis yang ingin selalu melahirkan karya-karya yang bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Digital Marketing: Definisi, Manfaat, dan Jenisnya

3 Desember 2024   10:24 Diperbarui: 3 Desember 2024   11:45 747
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
((Contoh: Digital Marketing (Sumber: Pixabay.com))

Bagi sebuah bisnis, keuntungan maksimal merupakan tujuan yang harus tercapai. Salah satu strategi yang dapat Anda lakukan sebagai pemilik bisnis adalah melalui digital marketing. 

Marketing digital atau yang kemudian dapat kita kenal sebagai pemasaran digital. Merupakan serangkaian strategi promosi dengan memanfaatkan saluran media digital. 

Suatu bisnis yang berhasil mengimplementasikan strategi pemasaran digital dengan baik. Sudah barang tentu akan berhasil memenangkan persaingan dalam era digital

Selain itu, pemasaran digital juga memberikan berbagai manfaat yang perlu Anda ketahui lebih lanjut. Dalam rangka menjawab semua itu, dalam artikel kali ini akan dibahas secara mendalam terkait pemsaran digital. 

Apa Sajakah Manfaat dari Digital Marketing untuk Bisnis

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa pemasaran digital mengandung berbagai manfaat. Hal ini dapat terlihat melalui penjabaran berikut ini. 

1. Anggaran Biaya Pemasaran yang Rendah

Manfaat pertama yang bisa Anda rasakan dari pemasaran digital adalah pada rendahnya biaya pemasaran. Hal ini tentu sangat berbeda bila Anda bandingkan dengan pemasaran konvensional. 

Karena dengan pemasaran digital, Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan spanduk, banner, maupun brosur. Anda cukup memanfaatkan media-media digital untuk saluran distribusi pemasaran.

Kondisi seperti ini, barang tentu akan semakin menambah keuntungan bagi bisnis Anda. Sebab Anda jauh lebih bisa untuk menghemat anggaran pengeluaran untuk keperluan pemasaran. 

2. Target Pemasaran yang Lebih Luas

Manfaat berikutnya dari penerapan pemasaran digital adalah target pemasaran yang luas. Bahkan jika Anda mau, bisa saja menawarkan produk kepada orang-orang yang berada di luar negeri.

Hal ini dapat terjadi karena sebagian besar orang telah menggunakan dan memanfaatkan media digital. Poin penting yang perlu Anda lakukan yakni dengan menarget audiens yang tepat. 

3. Mendekatkan Bisnis dengan Audiens

Hal terakhir yang dapat Anda rasakan dari strategi pemasaran digital ialah dapat menjaga hubungan bisnis dengan audiens. Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini  untuk lebih mengenal terkait dengan kebutuhan audiens. 

Agar Anda dapat memperoleh manfaat yang satu ini adalah dengan menentukan target audiens yang tepat. Sehingga Anda bisa menilai dari segala macam aspek terkait kebutuhan audiens Anda. 

Mengenal Jenis-Jenis Digital Marketing

Tak lengkap rasanya bila Anda tidak mengetahui terkait jenis-jenis pemasaran digital. Berikut adalah pembahasan lengkapnya untuk Anda.

1. Social Media Marketing

Pengguna media sosial di Indonesia dan dunia akan terus mengalami peningkatan seiring bertambahnya jumlah penduduk. Tentu saja, Anda dapat memanfaatkan media sosial sebagai saluran distribusi pemasaran. 

Secara garis besar, ada dua jenis pemasaran digital melalui media sosial yakni melalui iklan berbayar maupun secara organik. Keduanya dapat meningkatkan dan mengembangkan bisnis yang Anda miliki. 

2. Email Marketing

Media selanjutnya yang dapat Anda optimasikan untuk pemasaran digital yakni email. Dimana Anda dapat mengirimkan konten-konten iklan melalui email para pelanggan yang telah Anda peroleh.

Strategi email marketing terbukti sangat efektif dalam meningkatkan konversi penjualan suatu produk. Untuk dapat melakukannya,, Anda membutuhkan database email pelanggan yang bisa Anda peroleh melalui pengisian form. 

3. SEO dan SEM

SEO sendiri merupakan strategi pengoptimasian website melalui car-cara organik agar web dapat muncul pada halaman pertama mesin pencari. 

Sementara SEM merupakan stratgi pengoptimasian melalui iklan berbayar yang dapat secara instan menempatkan web pada halaman pertama mesin pencari. 

Baik SEO maupun SEM, sama-sama dapat meningkatkan citra dan konversi dari bisnis yang Anda miliki. Hal terpentingnya adalah Anda dapat menerapkannya secara baik dan melalui cara-cara yang ttepat. 

Itulah uraian dan pembahasan lengkapt terkait dengan digital marketing yang pastinya akan sangat berguna untuk bisnis Anda. Tulisan kali ini semoga dapat memberikan preferensi terbaik untuk Anda. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun