Mohon tunggu...
Nila Ervilyana
Nila Ervilyana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

INFJ

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang Melakukan Branding Produk pada UMKM Desa Kedungboto

13 Maret 2024   14:36 Diperbarui: 20 Maret 2024   06:31 254
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa KKN UPGRIS Melakukan Pendampingan Foto Produk (dokpri)

Keripik Bakso "SIFA" merupakan produk UMKM di bidang kuliner dengan menggunakan bahan dasar bakso yang terletak di Desa Kedungboto Kecamatan Limbangan. SIFA sendiri merupakan singkatan dari Siti Fatimah selaku pemilik usaha. UMKM ini sudah berdiri selama 3 tahun -- sekarang.

Namun, foto produk, logo, dan packaging dari produk tersebut masih kurang diperhatikan. Padahal logo, packaging, dan foto produk sangat penting dalam melakukan branding agar dapat menarik minat beli konsumen, dan lebih mudah dikenali.

Oleh karena itu, mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang kelompok 113 melakukan upaya pendampingan dalam pembuatan logo, packaging, dan foto produk UMKM Keripik Bakso "SIFA". Kegiatan ini melibatkan mahasiswa KKN beserta pelaku UMKM yang dilaksanakan di Desa Kedungboto Limbangan pada hari Kamis, (7/3/2024).

 (dokpri)
 (dokpri)

Mahasiswa KKN UPGRIS melakukan pembuatan logo dan packaging (dokpri)
Mahasiswa KKN UPGRIS melakukan pembuatan logo dan packaging (dokpri)

Pembuatan logo pada produk tersebut dibuat lebih kekinian dan menarik agar membantu konsumen mengenali produk dengan mudah. Packaging produk tersebut diubah dengan menggunakan packaging yang lebih kekinian agar dapat meningkatkan nilai dan kepercayaan konsumen terhadap produk serta memberikan kemudahan pada konsumen. Pada foto produk dilakukan pelatihan cara melakukan foto produk yang menarik. Adanya foto produk yang menarik, dapat membuat dagangan menjadi laris terjual.

Sebelumnya kemasan produk tersebut menggunakan plastik yang dipress tapi hal itu dapat membuat kemasan mudah rusak dan sobek sehingga produk dapat terkontaminasi bakteri. Maka dari itu, mahasiswa KKN 113 melakukan pendampingan untuk mengganti kemasan produk menggunakan ziplock agar lebih aman.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan daya tarik bagi konsumen, mengembangkan rasa percaya dan loyalitas, menjadi pembeda dari produk pesaing, serta meningkatkan nilai dari produk UMKM itu sendiri.

Adanya program branding ini diharapkan bisa menciptakan loyalitas jangka panjang dan meningkatkan citra merek pada produk UMKM karena semakin kuat citra merek pada suatu produk maka semakin kuat juga minat beli konsumen.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun