Mohon tunggu...
Nila Apriani
Nila Apriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa universitas pamulang

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Memebentuk Masa Depan melalui Perkembangan Peserta Didik yang Adaptif

23 Juni 2024   19:32 Diperbarui: 23 Juni 2024   20:02 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

          Membentuk masa depan melalui perkembangan peserta didik yang adaptif:

     Membentuk masa depan melalui perkembangan peserta didik yang adaptif merupakan sebuah konsep tang eduktif yang berfokus pada perkembangan individu  yang mampu beradaptasi dan berkembang di duania yang terus berubah. Konsepini menekankan pentingnya membekali peserta didik dengan keterampilan dan pengetahuan, yang dibutuhkan untuk mengahadapi tangangan dan peluang masa depan.

Ciri-ciri utama dari  peserta didik yang adaptif:

1.  Pendekatan  pendidikan yang holistik

2.  Pembelajaran yang berpusat pada 

      Peserta didik

3.   Keterampilan fleksibilitas

4.   Keterampilan digital

Membentuk peserta  didik yang adaptif membutuhkan:

1.    Pendekatan pendidikan yang holistik: Melibatkan pengembangan seluruh aspek individu, termasuk kognitif, afektif, dan psikomotor.

2.    Pembelajaran yang berpusat pada     peserdidik: pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

3.   Penggunaan teknologi yang  kreatif: memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendukung perkembangan peserta didik.

4.   Kolaborasi anatra berbagai pihak: melibatkan pendidik, orang tua, masyarakat, dan dunia industri dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondunsif.

Manfaat membentuk peserta didik yang adaptif:

1.   Mempersiapkan peserta didik untuk masa depan: memberikan mereka keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk sukses di dunia yang terus berubah.

2.   Meningkatkan saya saing bangsa:  membentuk sumber daya  manusia yang unggul  dan mampu bersaing di tinjat global.

3.   Menciptakan  masyarakat yang lebih inovatif: mendorong lahirnya ide-ide baru dan solusi-solusi kreatif untuk berbagai permasalahan.

4.   Meningkatkan kualitas hidup: membentuk  individu yang mandiri, prokduktif, dan mampu berkonstribusi positif bagi masyarakat. 

      Membentuk masa depan melalui perkembangan peserta didik yang adaptif adalah sebuah tanggung jawab bersama, pendidik, orang tua,  masyarakat, dan dunia industri harus bekerja sama. Untuk menciptakan lingkungan belajar yang konduksif  dan mendukung perkembangan peserta didik menjadi individu yang adaptif  dan mampu mengahadapi tantangan masa depan,jadi konsep ini bukan hanya tentang mempersiapkan peserta didik untuk pekerjaan, tetapi juga tentang mempersiapkan  merekan untuk menjalan kehidupan yang penuh bermakna dan berkonstribusi bagi masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun