Mohon tunggu...
Niko Simamora
Niko Simamora Mohon Tunggu... Pengajar - Menulis

@nikomamora~\r\nnikosimamora.wordpress.com~\r\nniko_smora@live.com\r\n

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Rasakan Nasabah Sentris dalam Perbankan Digital ala Danamon

30 November 2017   23:25 Diperbarui: 1 Desember 2017   13:42 1032
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Informasi kurs yang bisa diakses di quick sticky menu

Kebutuhan konsumen saat ini sangat cepat berubah terutama karena perkembangan teknologi digital. Semua orang saat ini ingin cepat dan praktis ketika mengikuti proses untuk memenuhi kebutuhannya. Apalagi dengan penggunaan internet yang semakin luas dan penjualan smartphone yang sudah melampaui setengah dari pasar telekomunikasi global.

Untuk industri perbankan, nasabah sudah semakin dimanjakan dengan layanan cepat dan tepat, serta aman contohnya melalui mobile banking. Namun, penyediaan layanan mobile banking menyisakan sebuah tantangan, apakah penggunanya memiliki pengalaman yang menarik ketika mengakses layanan tersebut?

Menurut riset yang pernah dilakukan oleh A.T. Kearney, ada empat golden rules yang perlu diperhatikan oleh bank sebagai penyedia jasa keuangan dalam era digital saat ini demi memenuhi harapan nasabah (customers' expectation), yaitu:

- simplicity yang berarti mudah digunakan baik secara interface maupun servisnya serta tampilan visual yang menarik lagi tampil smart,

- relationship yang berarti adanya hubungan erat dengan para pengguna (always connected), bisa dilihat melalui interaksi di media sosial ataupun channel lainnya

- trafficyang berarti bahwa layanan yang diberikan membuat pengguna senantiasa mengakses demi  memenuhi kebutuhannya, dan

- speed of innovation yang berarti bahwa layanan digital yang disediakan akan selalu diperbarui sedemikian rupa dengan inovasi terbaru yang semakin memberikan kenyamanan kepada pengguna.

Adalah PT Bank Danamon Indonesia Tbk yang sangat memahami posisinya sebagai penyedia jasa keuangan yang harus senantiasa berinovasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabahnya. Peluncuran corporate websiteterbaru www.danamon.co.id menjadi langkah strategis Bank Danamon untuk memberikan ruang kendali yang luas kepada nasabah untuk mengakses layanan perbankannya. Ibarat teras rumah, website harus bisa memberikan kesan yang nyaman sejak pertama kali dilihat.

Dan memang benar, ketika masuk ke web www.danamon.co.id, terasa sekali bahwa desainnya sudah mengedepankan kebutuhan nasabah. Menu utama yang ditampilkan dimulai dari Personal, Bisnis, E-Banking, Karir dan Tentang Danamon menjadi bukti bahwa positioning Bank Danamon untuk mengedepankan kebutuhan nasabah terutama terkait retail banking maupun layanan keuangan lainnya. Kita bisa mendapatkan semua informasi tentang produk-produk yang disediakan oleh Bank Danamon, baik untuk personal, maupun untuk bisnis.

Tampilan Corporate Website ini merupakan sebuah inovasi yang menggunakan sistem dan platform baru, yaitu SiteCore, sebuah sistem manajemen konten yang ternama dalam industri pengembangan web. Desain web dan sistem navigasi yang ditawarkan memberikan pengalaman customer journey yang memudahkan pengunjung web untuk mendapatkan informasi terkait kebutuhannya. Dengan peta situs tersebut, Danamon ingin menghadirkan client centricity yang bertujuan untuk memberikan pengalaman menarik kepada pengunjung.

Ada fitur yang menarik ketika di sisi kanan dari tampilan situs muncul quick sticky menu yang terdiri dari Hubungi Kami, Kurs, D-Point, Temukan Kami, dan E-Banking. Coba klik pada Kurs, dan ternyata informasi terkait kurs langsung muncul tanpa harus loadinglagi atau ternavigasi menuju halaman baru. Ini adalah sebuah desain yang responsif dan memberikan kecepatan informasi kepada pengunjung. Rasakan kecepatan dan ketepatan dipadukan dengan sistem navigasi informasi yang berorientasi kepada kebutuhan nasabah.

Informasi kurs yang bisa diakses di quick sticky menu
Informasi kurs yang bisa diakses di quick sticky menu
Bukan hanya itu saya, bila masih penasaran dengan info produk, tersedia juga simulasi produk dan komparasi produk serta leads generator yang memudahkan product knowledge kepada pengunjung. Dan juga, ketika mencoba mengakses corporate web tersebut, baik melalui PC maupun smartphone akan terasa sekali kecepatan dalam menampilkan informasi yang diinginkan oleh pengunjung.

Tidak berhenti pada corporate website saja, saya coba menggali bagaimana Danamon menempatkan dirinya sebagai bagian dari layanan perbankan digital yang akan selalu memuaskan kebutuhan dan keinginan nasabahnya. Danamon juga meluncurkan akun Instagram Danamon @my Danamon sebagai langkah untuk bisa mengikuti tren penggunaan media sosial saat ini. Bukan hanya itu saja, akun media sosial lain juga dilakukan restrukturisasi, yaitu akun twitter official yaitu @danamon  dan @HelloDanamon sebagai layanan untuk nasabah. Akun media sosial lain berupa Facebook: Bank Danamon dan LinkedIn: Bank Danamon, serta bagi para penikmat audio visual, bisa mengakses akun YouTube: Bank Danamon untuk mendapatkan informasi terbaru.

Danamon Digital Journey ini menawarkan pengalaman yang menarik bagi saya. Dengan peluncuran corporate website terbaru, saya bisa merasakan kemudahan dan kenyamanan untuk mengakses informasi yang terkait dengan produk Bank Danamon. Bukan hanya itu saja, pengalaman bertransaksi melalui Danamon Online Banking pun memberikan pengalaman yang berbeda. Saatnya pegang kendali demi masa depan anda dan rasakan beberapa keuntungan berikut ini: biaya transfer yang kompetitif baik untuk SKN maupun RTGS, untuk otorisasi nasabah bisa menggunakan perangkat token maupun SMS Token. Dengan sistem keamanan  EV-SSl VeriSign dari lembaga keamanan dan sertifikasi internet terkemuka di dunia.

Kini, pengalaman digital journey itu pun bisa menjadi bagian dari keseharian setiap orang. Kunjungi website www.danamon.co.id dan rasakan sebuah nilai baru dalam kehidupan di era digital ini. Setiap saat kita bisa merasakan keterhubungan (connectivity) dengan jasa perbankan, yang kemudian akan bisa membantu kita untuk cepat mengambil keputusan (decision making) dalam urusan keuangan. Bukan hanya itu saja, kesetiaan para nasabah yang menggunakan platform digital akan menjadi modal bagi penyedia jasa untuk mempelajari kebutuhan dan keinginan (automating) yang ke depannya akan melahirkan inovasi-inovasi (innovations) terbaru. Saatnya anda pegang kendali, dan biarkan Danamon menghubungkan anda dengan masa depan yang penuh keseruan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun