Mohon tunggu...
NIKMATUS ZAHRO
NIKMATUS ZAHRO Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi PIPS UIN Malang

A girl who is blessed with beauty and intelligence

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Urgensi Pengembangan Teknologi dan Media untuk Pembelajaran IPS di Era Society 5.0

2 November 2024   07:23 Diperbarui: 2 November 2024   08:55 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar kegiatan pembelajaran berbasis teknologi | Sumber gambar: BBPMP Jatim

Seperti yang kita tahu bahwa tidak ada satupun hal yang tidak berubah di dunia ini, kecuali perubahan itu sendiri. Perubahan terjadi dalam semua aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Wajah pendidikan di tahun 90-an jelas berbeda dengan wajah pendidikan di era saat ini. 

Pelan tapi pasti perubahan itu membawa pendidikan ke arah yang baru. Perubahan dalam dunia pendidikan bukanlah tanpa sebab, perubahan tersebut terjadi karena tuntutan zaman, adanya penemuan baru, penyesuaian dengan aspek kehidupan yang lain, dan sebagainya. Yang jelas perubahan itu adalah hal mutlak yang tidak dapat dihindari atau dicegah.

Saat ini kita telah memasuki era yang bernama society 5.0. Era society 5.0 adalah era dimana kehidupan manusia semakin dekat dan tidak dapat dipisahkan dari keberadaan teknologi. Teknologi dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan. Teknologi dimaksudkan untuk membantu dan mengefisiensikan kegiatan manusia. Di era ini rasanya teknologi sudah menjadi kebutuhan yang musti dikembangkan. Tanpa teknologi kehidupan kita akan terasa "kurang".

Oleh karena itu, dalam dunia pendidikan teknologi ini juga penting untuk diperhatikan dan dikembangkan. Pengembangan teknologi dan media dalam dunia pendidikan telah menjadi sebuah urgensi yang tidak terelakkan lagi. 

Bayangkan jika ujian di sekolah-sekolah terus dilaksanakan dengan berbasis kertas. Tentu pengerjaannya akan lebih kompleks dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Maka dari itu, pengembangan dan penerapan teknologi dan media dalam dunia pendidikan harus direncanakan dan ditujukan untuk menunjang setiap kegiatan yang ada, salah satunya adalah untuk pembelajaran IPS.

Ilmu pengetahuan sosial atau yang sering disingkat IPS adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari disiplin-disiplin ilmu sosial atau integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial, seperti sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, dan antropologi. IPS menjadi salah satu mata pelajaran yang telah diajarkan mulai jenjang sekolah dasar. IPS akan terus ada sampai jenjang perguruan tinggi. IPS menjadi ilmu yang sangat penting untuk dipelajari. Maka dari itu, pembelajaran IPS juga harus dibuat dengan sebaik mungkin. Dan di era society 5.0 yaitu dengan melakukan pengembangan teknologi dan media. 

Pengembangan teknologi dan media untuk pembelajaran IPS ini bukan tanpa alasan, melainkan agar pembelajaran IPS "tidak ketinggalan zaman". Dengan dikembangkannya teknologi dan media untuk pembelajaran IPS akan didapatkan berbagai manfaat yang nantinya akan berdampak baik bagi kualitas ataupun tercapainya tujuan pendidikan. Adapun manfaat dari pengembangan teknologi dan media untuk pembelajaran IPS diantaranya adalah:

1.Kegiatan pembelajaran akan berjalan lebih efektif dan efisien

Ingatkah kita dengan masa awal Covid-19 melanda dunia, semua aspek kehidupan tiba-tiba seolah lumpuh. Kegiatan pembelajaran tidak bisa dilakukan secara tatap muka seperti biasanya. Sehingga saat itu dengan sekejap harus ada upaya untuk mengatasi hal tersebut agar kegiatan pembelajaran dapat terus berjalan. Dan jawabannya adalah dengan pembelajaran secara online. 

Pembelajaran secara online ini tentu membutuhkan teknologi dan media yang memadai dan tepat. Sejak saat itu platform konferensi online, website dan atau aplikasi belajar mulai berjamur, seperti zoom, google meet, google classroom, dsb. Disini dapat kita lihat bagaimana pengembangan teknologi dan media akan membuat kegiatan pembelajaran bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Siswa dan guru hanya butuh gawai untuk melaksanakan pembelajaran tanpa harus pergi ke sekolah, waktu pelaksanaan pembelajaran bisa disesuaikan dengan fleksibel, dan yang jelas tidak memakan waktu yang begitu banyak.

2. Materi pembelajaran akan lebih nyata

Seperti yang kita tahu bahwa materi mata pelajaran IPS dari tahun ke tahun tidak selalu sama. Materi IPS akan terus berubah seiring berkembang dan ditemukannya hal baru dalam ilmu pengetahuan. Yang jadi poin penting disini adalah kadangkala ada materi-materi yang membutuhkan penjelasan mendalam agar didapatkan pemahaman yang utuh. Dan untuk mendapatkan pemahaman yang utuh tersebut dibutuhkan media yang komprehensif yang dapat menjelaskan materi pelajaran menjadi lebih nyata dan mudah diterima oleh siswa (tidak cukup dari buku saja). Nah disinilah salah satu manfaat pengembangan media untuk pembelajaran IPS.

3. Media pembelajaran lebih beragam dan tidak monoton

Manfaat yang ketiga adalah media pembelajaran lebih beragam dan menarik. Kini media pembelajaran tidak harus selalu menggunakan buku, papan tulis, projector, atau lainnya. Melainkan bisa melalui aplikasi belajar, website, electronic learning (e-learning), video konferensi online, ppt interaktif, game pembelajaran online, dsb. Media-media tersebut bisa digunakan secara bergantian dan disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran.

4. Kegiatan pembelajaran akan lebih menyenangkan

Pengembangan teknologi dan media yang tepat akan dapat melahirkan perangkat pembelajaran yang inovatif dan menarik. Dan hal ini akan membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

5. Guru dan siswa akan lebih "melek" teknologi

Dengan dikembangkannya teknologi dan media yang kemudian diterapkan dalam pembelajaran akan membuat guru dan siswa "melek" teknologi. Hal ini disebabkan karena mereka mau tidak mau harus belajar mengoperasikan teknologi dan media yang akan dipakai dalam pembelajaran. Sehingga mereka harus terus belajar yang akhirnya membuat mereka terbiasa dan mampu menguasai teknologi yang ada.

6. Kompetensi yang dicapai siswa akan lebih tinggi

Selain dapat menyerap materi pembelajaran yang diberikan oleh guru serta hasil belajar yang meningkat, siswa juga akan mencapai kompetensi tambahan yang ditimbulkan dari penerapan teknologi dan media. Misalnya adalah kompetensi keterampilan pengoperasian media, dsb.

Dari manfaat-manfaat tersebut diatas kita bisa melihat bagaimana teknologi dan media memiliki pengaruh penting bagi jalannya pembelajaran. Pengembangan teknologi dan media untuk pembelajaran IPS sudah menjadi urgensi yang harus terpenuhi. Dari sekarang semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan harus menyadari hal tersebut dan kemudian saling bekerjasama untuk mengembangkan teknologi dan media untuk pembelajaran, yang disini adalah pembelajaran IPS. Pengembangan teknologi dan media untuk pembelajaran IPS harus terus dilaksanakan untuk menyongsong wajah masa depan pendidikan yang lebih baik. Jangan sampai pembelajaran IPS tertinggal atau bahkan tenggelam dalam perkembangan dan perubahan zaman.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun