Seperti yang kita tahu bahwa tidak ada satupun hal yang tidak berubah di dunia ini, kecuali perubahan itu sendiri. Perubahan terjadi dalam semua aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Wajah pendidikan di tahun 90-an jelas berbeda dengan wajah pendidikan di era saat ini.Â
Pelan tapi pasti perubahan itu membawa pendidikan ke arah yang baru. Perubahan dalam dunia pendidikan bukanlah tanpa sebab, perubahan tersebut terjadi karena tuntutan zaman, adanya penemuan baru, penyesuaian dengan aspek kehidupan yang lain, dan sebagainya. Yang jelas perubahan itu adalah hal mutlak yang tidak dapat dihindari atau dicegah.
Saat ini kita telah memasuki era yang bernama society 5.0. Era society 5.0 adalah era dimana kehidupan manusia semakin dekat dan tidak dapat dipisahkan dari keberadaan teknologi. Teknologi dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan. Teknologi dimaksudkan untuk membantu dan mengefisiensikan kegiatan manusia. Di era ini rasanya teknologi sudah menjadi kebutuhan yang musti dikembangkan. Tanpa teknologi kehidupan kita akan terasa "kurang".
Oleh karena itu, dalam dunia pendidikan teknologi ini juga penting untuk diperhatikan dan dikembangkan. Pengembangan teknologi dan media dalam dunia pendidikan telah menjadi sebuah urgensi yang tidak terelakkan lagi.Â
Bayangkan jika ujian di sekolah-sekolah terus dilaksanakan dengan berbasis kertas. Tentu pengerjaannya akan lebih kompleks dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Maka dari itu, pengembangan dan penerapan teknologi dan media dalam dunia pendidikan harus direncanakan dan ditujukan untuk menunjang setiap kegiatan yang ada, salah satunya adalah untuk pembelajaran IPS.
Ilmu pengetahuan sosial atau yang sering disingkat IPS adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari disiplin-disiplin ilmu sosial atau integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial, seperti sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, dan antropologi. IPS menjadi salah satu mata pelajaran yang telah diajarkan mulai jenjang sekolah dasar. IPS akan terus ada sampai jenjang perguruan tinggi. IPS menjadi ilmu yang sangat penting untuk dipelajari. Maka dari itu, pembelajaran IPS juga harus dibuat dengan sebaik mungkin. Dan di era society 5.0 yaitu dengan melakukan pengembangan teknologi dan media.Â
Pengembangan teknologi dan media untuk pembelajaran IPS ini bukan tanpa alasan, melainkan agar pembelajaran IPS "tidak ketinggalan zaman". Dengan dikembangkannya teknologi dan media untuk pembelajaran IPS akan didapatkan berbagai manfaat yang nantinya akan berdampak baik bagi kualitas ataupun tercapainya tujuan pendidikan. Adapun manfaat dari pengembangan teknologi dan media untuk pembelajaran IPS diantaranya adalah:
1.Kegiatan pembelajaran akan berjalan lebih efektif dan efisien
Ingatkah kita dengan masa awal Covid-19 melanda dunia, semua aspek kehidupan tiba-tiba seolah lumpuh. Kegiatan pembelajaran tidak bisa dilakukan secara tatap muka seperti biasanya. Sehingga saat itu dengan sekejap harus ada upaya untuk mengatasi hal tersebut agar kegiatan pembelajaran dapat terus berjalan. Dan jawabannya adalah dengan pembelajaran secara online.Â
Pembelajaran secara online ini tentu membutuhkan teknologi dan media yang memadai dan tepat. Sejak saat itu platform konferensi online, website dan atau aplikasi belajar mulai berjamur, seperti zoom, google meet, google classroom, dsb. Disini dapat kita lihat bagaimana pengembangan teknologi dan media akan membuat kegiatan pembelajaran bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Siswa dan guru hanya butuh gawai untuk melaksanakan pembelajaran tanpa harus pergi ke sekolah, waktu pelaksanaan pembelajaran bisa disesuaikan dengan fleksibel, dan yang jelas tidak memakan waktu yang begitu banyak.
2. Materi pembelajaran akan lebih nyata