Niken Oktaviani Isabela Putri
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung
Jl. Mayor Sujadi Timur 46 Telp. (0355) 321513, Fax. (0355)321656 Tulungagung 66221
ABSTRAK
Guru merupakan sosok utama bagi suatu pendidikan. Tugas dari guru yaitu mendidik, mengadakan pengajaran, memberi penilaian dan melakukan evaluasi berkala berkaitan dengan satu ilmu atau lebih kepada peserta didik.Â
Menumbuhkan motivasi belajar merupakan salah satu teknik dalam mengembangkan kemampuan dan kemauan belajar. Pentingnya guru dalam meningkatkan motivasi merupakan peran untuk mendorong peserta didik dalam melakukan sesuatu yang menumbuhkan motivasi belajar terutama untuk belajar secara mandiri.
Kata kunci : motivasi belajar, belajar mandiri
PENDAHULUAN
Manusia tidak terlepas dari pendidikan. Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan, dengan adanya pendidikan maka tercapailah suatu pembelajaran, pengetahuan, dan ketrampilan melalui proses pelatihan, pengajaran dan penelitian. Proses pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru menjadi pemegang peran utama.Â
Seperti yang tertera dalam UU No. 20 tahun 2003 pasal (39) ayat 1 dan 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional yaitu : (1) Tenaga kependidikan bertugas melaksanakan administrasi, pengelola, pengembangan, peengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satu pendidikan. (2) Pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Guru sebagai salah satu tenaga pendidik yang dibekali kemampuan secara profesional. Rasa tanggung jawab atas kelancaran perjalanan peserta didik serta peningkatan kualitas pendidik sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran peserta didik tentunya ada beberapa hal yang mempengaruhi salah satunya adalah motivasi belajar dalam mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan.