Mohon tunggu...
nikecantikaalamanda
nikecantikaalamanda Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

memasak

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Studi Kasus : Perencanaan Bisnis yang berhasil

14 Desember 2024   10:06 Diperbarui: 14 Desember 2024   10:06 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Studi Kasus Perencanaan Bisnis yang Berhasil: Starbucks Coffee

Latar Belakang

Starbucks, perusahaan kopi global yang kini menjadi simbol gaya hidup modern, didirikan pada tahun 1971 di Seattle, Amerika Serikat. Pada awalnya, Starbucks hanya menjual biji kopi berkualitas tinggi tanpa menyajikannya sebagai minuman siap konsumsi. Namun, pada tahun 1987, Howard Schultz mengakuisisi perusahaan ini dan mengubah arah bisnisnya menjadi penyedia pengalaman kafe yang berbeda dari pesaing lainnya.

Schultz terinspirasi oleh budaya minum kopi di Italia, di mana kafe menjadi tempat untuk bersosialisasi dan bersantai. Ia melihat peluang besar untuk memperkenalkan konsep serupa di Amerika Serikat dengan inovasi dan pendekatan yang lebih modern.

---

Tahapan Perencanaan Bisnis yang Dilakukan

1. Analisis Pasar yang Mendalam

Starbucks memulai dengan melakukan penelitian mendalam tentang kebiasaan masyarakat dalam mengonsumsi kopi. Mereka menemukan bahwa:

Konsumen di Amerika Serikat cenderung mengonsumsi kopi dengan kualitas rendah di rumah atau di tempat kerja.

Tidak ada tempat yang menawarkan kopi premium dengan suasana nyaman untuk bersosialisasi.

Hasil analisis ini menunjukkan adanya peluang besar untuk mengisi kekosongan pasar dengan menawarkan kopi premium dan pengalaman yang unik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun