Mohon tunggu...
Nicke Niatrise
Nicke Niatrise Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menyenangkan apabila mengisi liburan dengan jalan-jalan di sungai kemudian memancing bersama teman dan keluarga.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

7 Januari 2025   15:15 Diperbarui: 7 Januari 2025   15:15 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

"Learning with Visuals: Using Video and Flash Cards to Teach Illnesses and Their Causes"

  • Perencanaan

Dalam mempelajari bahasa inggris terutama topik "Penyakit dan Penyebabnya" untuk siswa kelas 5 SD, diketahui bahwa beberapa siswa memiliki pemahaman yang kurang terhadap kosakata bahasa inggris terkait dengan kesehatan. Siswa sering mengalami masalah dalam mengingat kosakata yang berkaitan dengan penyakit yang istilahnya tidak umum dalam komunikasi sehari-hari. Selain itu, juga terlihat bahwa metodologi yang digunakan seperti membaca teks atau eksposisi tentang subjek tidak sangat menarik bagi siswa yang membuat topik yang dibahas sulit dipahami. Di sini, integrasi media visual seperti video dan kartu flash diharapkan dapat memungkinkan siswa menghubungkan kosakata yang relevan dengan gambaran visual yang kuat, meningkatkan ingatan mereka, dan membuat pengalaman belajar secara keseluruhan lebih menarik dan interaktif.

Dalam kaitan dengan perencanaan kegiatan tersebut, guru menentapkan tujuan pembelajaran yaitu siswa dapat mengenali dan menyebutkan berbagai penyakit umum dalam bahasa inggris dan menggunakan kosakata tersebut dalam kalimat sederhana. Materi yang akan dipersiapkan adalah kosakata penyakit seperti cough, fever, headache, sore throat serta penyakit yang menyebabkan, seperti virus, bacteria, dust, cold weather, dan lain-lain. Media yang akan digunakan adalah video edukatif singkat yang menggambarkan penyakit dan penyebabnya serta flash card sebagai bahan pendukung berisi gambar dan istilah kesehatan yang akan digunakan dalam aktivitas berpasangan atau berkelompok. Waktu kegiatan tersebut adalah satu jam pelajaran yang akan dilakukan selama kelas bahasa Inggris. Kegiatan ini akan dibagi menjadi beberapa sesi, meliputi pengantar tujuan dan menyampaikan salah satu tugas yang akan dilakukan bersama (durasi 5 menit), penayangan video dan tugas berkelompok (selama 15 menit), aktivitas flashcard, ekspresi wajah, dan intonasi-spellinh (selama 15 menit), serta evaluasi selama 5 menit.

Secara umum siswa akan berpartisipasi dalam beberapa sesi pembelajaran menarik yang disiapkan oleh guru yaitu:

1. Melihat video pembelajaran tentang penyakit dan penyebabnya.

2. Bermain dengan Flash card yang menggambarkan tentang penyakit.

3. Mengerjakan Lembar kerja dengan pertanyaan isian yang seharusnya dijawab oleh siswa.

  • Pelaksanaan

Pada awal kegiatan, guru membuka pembelajaran dengan menjelaskan tujuan kegiatan, yaitu mengenalkan berbagai penyakit umum dan penyebabnya dalam bahasa inggris menggunakan beberapa foto dari internet. Guru memulai dengan pertanyaan pemancing seperti, "Apa yang kalian rasakan jika demam?" atau "Kenapa orang bisa batuk?" untuk menghubungkan pengalaman siswa dengan materi. Setelah memberikan pengantar, guru menayangkan video singkat yang menjelaskan beberapa penyakit, gejalanya, serta penyebabnya. Guru meminta siswa untuk menyimak video dan mengingat istilah-istilah baru yang mereka lihat. Selama video berlangsung, guru berinteraksi dengan siswa melalui pertanyaan sederhana, memastikan mereka tetap fokus dan memahami isi video.

Setelah video selesai, guru membagikan flash card yang berisi gambar penyakit, namanya dalam bahasa inggris, serta penyebabnya. Siswa bekerja dalam kelompok kecil, mencocokkan gambar dengan nama penyakit dan penyebabnya, kemudian menyusun kalimat sederhana, seperti "Cough is caused by dust." Guru berkeliling untuk memberikan umpan balik, membetulkan jika ada kesalahan, serta membantu siswa melafalkan kata-kata dengan benar. Untuk menutup sesi, guru mengadakan diskusi singkat, meminta siswa menyebutkan kembali penyakit yang dipelajari dan membuat kalimat sederhana berdasarkan flash card. Sesi ini diakhiri dengan menyimpulkan materi dan memberikan motivasi kepada siswa agar lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan dan mengenali penyebab penyakit sehari-hari.

  • Visual Hasil

  • Tindak Lanjut

Selain memberikan latihan soal untuk dikerjakan daruma, guru juga bisa memberikan materi ini pada sesi berikutnya melalui permainan interaktif yang bertema "Menebak penyakit." Dalam permainan tersebut, anak-anak diminta untuk menebak penyakit berdasarkan deskripsi gejala yang disebutkan guru.

Untuk lebih memperdalam pemahaman mereka, siswa diberi tugas di rumah untuk membuat kartu-kartu flash mereka sendiri, termasuk contoh-contoh penyakit atau gejala yang belum dibicarakan dalam kelas. Ini akan digunakan untuk membedah kreativitas mereka dan memperluas kosakata mandiri.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun