1.*pentingnya pemasaran*
Pentingnya pemasaran adalah suatu proses yang sangat penting bagi setiap perusahaan atau individu yang ingin menjual,memberikan produk  atau layanan kepada pelanggan. Jadi pentingnya pemasaran yaitu dapat meningkatkan pengetahuan mengenai produk atau layanan, meningkatkan pendapatan, meningkatkan nilai brand, meningkatkan efisiensi dan meningkatkan kekuasaan pelanggan.Â
2. *Ruang lingkup pemasaran*
Ruang lingkup pemasaran adalah semua kegiatan yang terkait dengan produk atau jasa yang di tawarkan oleh suatu bisnis atau perusahaan. Ini termasuk cara kerja, produk yang akan melakukannya.Â
3.*Apa saja konsep-konsep dasar dalam pemasaran*
-Konsep produk: Berfokus pada efisiensi proses produksi, memproduksi barang dengan kualitas yang baik.Â
-Konsep produk: berfokus pada produk, harga dan ketersediaan produk, yang memiliki pengaruh pada keputusan pemebelian konsumen
-Konsep penjualan: berfokus pada pemasaran produk, menjual secara agresif dan tidak mengutamakan hubungan dengan konsumen.Â
-Konsep pemasaran: berfokus pada konsumen memahami kebutuhan dan keinginan pasar, dan menciptakan pelanggan baru
-Konsep pemasaran sosial: berfokus pada membangun citra produk yang baik di masyarakat
-Konsep pemasaran digital: berfokus pada pemasaran online, menggunakan media sosial, website dan e-commerce untuk mengumpulkan data mengenai konsumen, menciptakan konten yang menarik dan mengoptimalkan proses pemasaran
-Konsep pemasaran integrasi:berfokus pada integrasi antara konsep-konsep pemasaran, dan pemasaran sosial, untuk menciptakan strategi pemasaran yang terintegrasi
-Konsep pemasaran strategi: berfokus pada mengidentifikasi tujuan pemasaran, mengidentifikasi pasar, membuat strateg pemasaran, dan menganalisis data pemasaran
4.*manajemen pemasaran berubah*
Manajemen pemasaran berubah disebabkan oleh perkembangan teknologi, globalisasi, privatasi, konvergensi industri, resisten konsumen, transformasi enceran, disintermediasi, dan deregulasi. Teknologi informasi jaringan, atau revolusi digital, telah menciptakan era informasi yang mempermudah industri menjadi digital dan memudahkan komunikasi dan pemasaran. Globalisasi telah mempermudah perusahaan dalam memasarkan produknya ke negara lain, sambil juga mempermudah konsumen untuk membeli produk dan jasa dari pemasar di luar negara. Privatasi mengubah perusahaan publik menjadi perusahaan swasta, yang dapat meningkatkan efisiensi. Konvergensi industri menyebabkan perusahaan dapat mengubah budaya, prosedur, dan strategi perusahaan secara keseluruhan. Resisten konsumen, ataupun pendapat negatif konsumen terhadap pemasaran, membuat konsumen lebih tinggi dalam memilih produk dan jasa. Transformasi enceran, atau persaingan yang semakin tajam, membuat perusahaan harus mengadopsi strategi yang lebih efektif. Disintermediasi, atau perilaku konsumen yang lebih independent dalam membeli produk, membuat perusahaan harus mengadopsi strategi yang lebih efektif. Deregulasi, atau melonggar jabatan pemerintah untuk menciptakan persaingan dan peluang pertumbuhan industri, membuat perusahaan dapat berperilaku lebih bebas dan berprestasi lebih tinggi.
5*tugas yang di perlukan untuk manajemen pemasaran yang berhasil?
-Mengembangkan konsep yang ditujukan untuk memuaskan dan melayani konsumen yang belum terpenuhi.
-Menilai peluang pemasaran dan mengeluarkan program-program yang terencana.
-Perencanaan kegiatan pemasaran, yang melibatkan perencanaan strategis efektif untuk mencapai tujuan pemasaran yang diinginkan
-Menyelenggarakan kegiatan pemasaran, yang melibatkan pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian kegiatan pemasaran
-Mengembangkan produk atau jasa yang akan memenuhi keinginan konsumen
-Mengembangkan pembungkusan dan merek
-Menetapkan harga sedemikian rupa untuk mendapatkan return on investment yang layak
-Mengatur distribusi
-Menciptakan komunikasi pemasaran yang efektif dengan menggunakan media atau cara lain yang tepat
-Memaksa penjualan
-Memperhatikan kepuasan konsumen
-Memperbaiki dan mengembangkan rencana pemasaran yang didasarkan pada hasilnya
-Mengembangkan strategis pemasaran
-Memahami gagasan pemasaran
-Membangun merek yang kuat
-Membangun hubungan dengan pelanggan
-Mempertimbangkan peluang yang ada serta menghadapi tantangan global yang terus berubah
-Mencapai suatu tujuan mungkin mudah, namun mempertahankan dan mengembangkan dalam waktu jangka panjang
-Mempertimbangkan nilai penawaran barang atau jasa yang ditawarkan kepada calon pelanggan
-Membuat peluncuran produk baru yang mengikuti tren
-Membangun pelanggan baru
-Menciptakan pelanggan baru
-Memperhatikan keinginan konsumen
-Membantu perusahaan bertahan dan berkembang
-Menjamin kelangsungan hidup serta pengembangan perusahaan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H