TEORI PEMBELAJARAN YANG DITERAPKAN PADA KEGIATAN PLP2 DI SDN CIPINANG MELAYU 10 PAGI
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka (Uhamka) fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) mengadakan program pengenalan lapangan persekolah.
Program Pengenalan Lapangan Pesekolah 2 ini merupakan salah satu dari mata kuliah yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka dalam kegiatan ini semua mahasiswa diwajibkan untuk mengambil mata kuliah ini.
Serta dalam proses kegiatannya PLP 2 ini memiliki tujuan untuk semua mahasiswa maupun mahasiswi khususnya pada jurusan pada jurusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP UHAMKA) adalah terjun langsung kekelas sebagai proses serta mencari pengalaman dalam dunia Pendidikan dalam mengajar serta memahami administrasi dunia Pendidikan.
Enam mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar yang dibimbing oleh Bpk Dr. Rudy Gunawan, M.Pd. di ketuai oleh Prayoga Yulistiadi, yang beranggotakan : Amalia Nurul Azizah, Niantika Intan Pratiwi, Silviana Agustin, Anggita Nur Cahyani dan Muthia Nabilah Putri.
Enam mahasiswa tersebut sedang melakukan kegiatan PLP 2 di SDN Cipinang Melayu 10, yang beralamat Komplek AURI, Jl. Elang Thainesia III No.6, RW.6, Cipinang Melayu, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13620. Program PLP 2 dilaksanakan pada tanggal 3 Januari 2022 hingga tanggal 28 Februari 2022.
Dalam proses pelaksanaan kegiatan ini, kami mendapatkan banyak ilmu baru, terkait :
1. mahasiwa mengisi kebutuhan sekolah dengan melakukan kegiatan extrakulikuler yaitu pramuka yang bisa dilakukan pada hari rabu.
2. Mahasiswa membantu guru dalam kebutuhan administrasi guru seperti mengisi buku induk, menyortir dokumen yang sudh tidak digunakan.
3. Membantu merapihkan perpustakaan
Selain pembuatan administrasi kebutuhan guru atau yang sering disebut perangkat belajar
4. Para mahasiswa juga belajar menjadi guru piket secara jadwal yang ditentukan
dengan para mahasiswa juga belajar menjadi guru piket dimana kegiatan itu sebagai salah satu bagian sebelum kita mulai mengajar dikelas karena guru piket merupakan tempat informasi bagi siswa serta guru lainnya untuk mengkoordinasikan jadwal serta kegiatan belajar mengajar pada hari itu.
5. Setelah pengenalan lingkungan sekolah dan tenaga kerja baru kita mulai masuk kelas untuk mengajar
Kegiatan ini salah satu kegiatan yang paling penting karena kami dapet mengetahui bagaimana kondisi kelas dan bagaimana cara kami menerapkan strategi pembelajaran kepada peserta didik, dan kebutulan kami mendapatkan kelas rendah dan kelas tinggi dari kelas 2 samapi kelas 5, semua mahasiswa secara bergilir dapat merasakan situasi mengajar di kelas rendah dan kelas tinggi
Kegiatan mengajar dilakukan secara luring pada bulan januari
Kegiatan mengajar dilakukan secara daring pada bulan Februari
berikut bentuk kegiatan kami yang dilakukan dalam penerapan teori yang didapatkan selama di perkuliahan, kami perharap kegiatan yang kami lakukan dapat membuat kami menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi orang disekeliling kami
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H