Mohon tunggu...
Nia Mutiara Putri
Nia Mutiara Putri Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Saya suka bermain game,saya suka berenang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tranformasi Mahasiswa Pasca Pandemi Menuju Era Society 5.0: Berkembang atau Tumbang?

19 September 2023   22:19 Diperbarui: 19 September 2023   22:22 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Nia Mutiara Putri

NIM : 202310230311129

Transformasi Mahasiswa

Pasca Pandemi Menuju

 Era Society 5.0:

Berkembang atau Tumbang?

Hampir seluruh aspek kehidupan terkena dampak pandemi Covid-19, jumlah pasien positif terinfeksi COVID-19 di Indonesia mencapai 6.575 orang per 19 April 2020. Pandemi ini menyebabkan beberapa pemerintah daerah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berimplikasi terhadap pembatasan aktivitas masyarakat, termasuk aktivitas ekonomi, aktivitas pendidikan, dan aktivitas sosial lainnya. termasuk industri TI. Inovasi ini dapat menjadi landasan terciptanya program pendidikan yang lebih kekinian dengan berbagai kegiatan pembelajaran perkuliahan digital. Ia mencoba membuat pembelajaran lebih mudah dengan memasukkan teknologi kontemporer ke dalam kehidupan sehari-hari sebagai metode pembelajaran, yang diharapkan dapat menyederhanakan pendidikan di masa depan. Setiap kemajuan pasti mempunyai dampak yang harus diantisipasi, baik menguntungkan maupun negatif. Antisipasi dampak tersebut dengan terlebih dahulu mempersiapkan sumber daya manusia, kemudian meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), dan terakhir meningkatkan taraf keimanan dan ketaqwaan (IMTAK). Harapannya:

 1. Penggunaan teknologi secara bijak

2. Hasil yang efektif dan efisien

3. Kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis, dan kreativitas.

Periode Society 5.0 dapat digambarkan sebagai era kolaboratif dimana teknologi menjadi landasan (technology-based) dan manusia menjadi pusatnya (human-centric). Pendidikan era 5.0 merupakan metode pengajaran yang menekankan pada pertumbuhan manusia sebagai makhluk berpengetahuan, bermoral, dan intelektual dengan bantuan kemajuan teknologi modern. Untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa, diharapkan mampu merancang dan memelihara lingkungan belajar yang efektif.

 Di masa pandemi Covid 19, semua pembelajaran berbasis teknologi dilakukan pada masa new normal, dan semua sistem belajar mengajar dilakukan dari rumah karena hal tersebut merupakan cara yang paling produktif dalam mengambil keputusan. mata rantai penyebaran virus covid 19.

 Sebagai generasi Covid 19 akan lebih mudah dalam mengakses berbagai sumber informasi yang dapat menunjang pembelajaran. Pemerintah selalu mencari cara agar pembelajarn apa yang paling efektif di era ini.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan dampak yang besar baik terhadap kehidupan masyarakat maupun sektor industri. Regulasi di berbagai negara terkena dampak transformasi digital yang membawa tatanan baru dalam kehidupan. Di era Society 5.0, teknologi dan manusia hidup berdampingan secara berdampingan. Globalisasi dan pesatnya perkembangan teknologi digital seperti kecerdasan buatan (AI), internet of things (IoT), dan robotika telah membuka era baru di mana masyarakat mengalami perubahan yang luar biasa.

Sektor kehidupan telah mengalami transformasi yang signifikan    sebagai dampak dari era disrupsi. Karena segala sesuatu di era Society 5.0 terhubung dengan teknologi, maka masyarakat harus mampu berpikir kritis dan adaptif terhadap perkembangan era.

Kurikulum Merdeka dikembangkan sebagai mana kerangka kurikulum yang lebih fleksibel. Fokus Kurikulum ini yakni pada materi yang esensial dan pengembangan karakter serta kompetensi peserta didik. Kedepannya di harapkanya adanya perkembangan ini akan dimanfaat sebaik-baiknya dalam menunjang pemebelajaran mahasiswa kedepannya. Memproteksi dari dampak-dampak negatif yang kemungkinan akan muncul di masa yang akan datang.

REFRENSI

Asep Qustolani (2023). MEMPERSIAPKAN SDM UNGGUL ( RECOVERY EKONOMI PASCA PANDEMI MENUJU ERA 5.0 ) https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1667

Saude, S., Afdal, A., Cikka, H., Kahar, M. I., & Idris, I. (2022). Transformasi Peningkatan Disiplin Pendidik dalam Proses Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 Pasca Endemi Covid 19. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5156-5165.

https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/1174

M.F.A. Bima Sakti, S.Pd. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Era Society 5.0.

 https://ppg.kemdikbud.go.id/news/implementasi-kurikulum-merdeka-di-era-society-5-0

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun