Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â
Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Oleh : Nia Kurniawati,M.Pd. (201500125366)
Lokasi                     :   SD Negeri Jambudipa 1
Lingkup Pendidikan          :   Sekolah Dasar
Tujuan yang ingin dicapai      :   Meningkatkan kemampuan siswa kelas 1 pada mata pelajaran matematika dalam mengidentifikasi ciri-ciri bangun ruang (Permukaan lurus dan Permukaan lengkung)
Penulis                     :   Nia Kurniawati,M.Pd.
Tanggal                    :   3 September 2022
- Aksi
- Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
- Langkah-Langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah :
- Guru harus menggunakan model yang tepat dalam kegiatan pembelajaran
- Salah satu alternatif model pembelajaran yang bisa digunakan dalam permasalahan ini adalah PBL
- Guru harus menerapkan model dan metode realistik untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa pada materi bangun ruang
- Guru harus menyiapkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa
- Guru harus menggunakan media dan alat pembelajaran yang konkrit dan interaktif.
- Stategi yang digunakan serta proses pelaksanaannya
- Untuk memotivasi diri saya sendiri juga sebagai bahan referensi apabila ada rekaan kerja saya yang mengalami permasalahan yang sama dalam mengidentifikasi ciri- ciri bangun ruang
- Peran dan tanggung jawab saya dalam kegiatan praktik ini adalah
- Mencari solusi untuk permasalahan yang dihadapi yaitu dengan cara melakukan wawancara, kajian literatur dan bimbingan dengan dosen dan guru pamong sehingga menemukan solusi yang tepat yaitu dengan penggunaan model, metode dan media pembelajaran yang tepat dan inovatif. Dengan adanya solusi atau perbaikan ini maka diharapkan tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa bisa tercapai
- Â
- Tantangan
- Tantangan untuk mencapai tujuan adalah
- Tantangan dari siswa
- Pemahaman siswa dalam kegiatan pembelajaran tentang bangun ruang kurang maksimal.
- Tidak tercovernya kebutuhan siswa dalam pembelajaran
- Tantangan dari guru
- Guru kesulitan untuk memilih model pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan kemampuan siswa tentang ciri-ciri bangun ruang  yang sesuai dengan karakteristik siswa.
- Guru belum menggunakan media yang interaktif
- Dalam kegiatan pembelajaran guru tidak menggunakan langkah-langkah pembelajaran matematika (Penanaman konsep, pemahaman konsep dan pemahiran konsep).
- Guru hanya membuat modul ajar dengan satu karakter (kebutuhan) siswa
Â
- Aksi
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini.
- Langkah-Langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah :
- Guru harus menggunakan model yang tepat dalam kegiatan pembelajaran
- Salah satu alternatif model pembelajaran yang bisa digunakan dalam permasalahan ini adalah PBL
- Guru harus menerapkan model dan metode realistik untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa pada materi bangun ruang
- Guru harus menyiapkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa
- Guru harus menggunakan media dan alat pembelajaran yang konkrit dan interaktif.
- Stategi yang digunakan serta proses pelaksanaannya
- Memuat modul ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa juga sesuai dengan sintak PBL;
- Orientasi Peserta Didik pada masalah
- Pada tahap ini peserta didik diminta untuk mengamati benda-benda yang ada dikelas yang berbentuk balok,kubus,tabung, kerucut dan bola
- Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar
- Pada tahap ini peserta didik mendengarkan penjelasan tentang aturan atau rambu-rambu pembelajaran
- Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok
- Pada tahap ini guru membimbing peserta didik untuk melakukan berbagai percobaan dan permainan
- Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
- Pada tahap ini peserta didik menyampaikan hasil diskusinya didepan kelas
- Menganalis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
- Pada tahap ini peserta didik menanggapi hasil kelompok lain dan guru menyimpulkan materi pembelajaran
- Tujuan pembelajaran disesuaikan dengan kompetensi yang diharapkan
- Menyiapkan media pembelajaran yang interaktif berupa video pembelajaran tentang bangun ruang dan alat peraga konkret yang ada disekitar siswa yang berbentuk balok,kubus, tabung,kerucut dan bola.
- Membuat tata tertib atau rambu-rambu pembelajaran
- Menyiapkan Reeward untuk siswa
- Melakukan refleksi kegiatan pembelajaran
- Melaksanakan evaluasi
- Untuk kegiatan penilaian yaitu
- Penilaian kognitif berupa soal-soal tentang bangun ruang dilaksanakan pada akhir kegiatan pembelajaran
- Penilaian sikap Profil Pelajar Pancasila pada kegiatan proses pembelajaran dengan dengan menggunakan LKPD
- Â
- Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
- a. Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan hasilnya efektif dapat terlihat dari :
- Penggunaan model  pembelajaran PBL dalam kegiatan pembelajaran dirasakan tepat karena dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi bangun ruang dan hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi siswa yang meningkat.
- Penggunaan media pembelajaran yang interaktif yaitu berupa video pembelajaran tentang bangun ruang dan alat peraga yang konkret mampu membuat siswa belajar dengan aktif.
- Modul ajar yang sesuai dengan kebutuhan/sesuai dengan karakteristik siswa mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam mengidentifikasi bangun ruang
- Respon yang diberikan oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran ini :
- Sangat senang dan hal ini bisa dilihat dari hasil kegiatan refleksi di akhir kegiatan pembelajaran, semua siswa merasa senang dan ketika diminta memberikan gambar bintang terhadap kegiatan pembelajaran mereka memberikan gambar bintang dengan jumlah yang maksimal. Respon yang diberikan oleh Kepala Sekolah dan rekan sejawat sangat baik dan mensuport kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan
- Faktor keberhasilan dari dari strategi yang dilakukan adalah :
- Pemilihan dan penguasaan guru terhadap penggunaan model pembelajaran PBL, metode dan media pembelajaran yang interaktif dan menggunakan alat peraga konkret yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi pelajaran
- Pembelajaran yang bisa didapatkan dari seluruh rangkaian proses kegiatan pembelajaran adalah :
- Guru harus selalu melakukan pengembangan diri dan berinovatif selaras dengan kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu dengan penggunaan model pembelajaran PBL, metode, media pembelajaran yang interaktif dan alat peraga konkret yang tepat dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas 1 pada mata pelajaran matematika dalam mengidentifikasi ciri-ciri bangun ruang.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H