Mohon tunggu...
Nia DewiAmina
Nia DewiAmina Mohon Tunggu... Aktor - Mahasiswa Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa Universitas Pekalongan Kesehatan Masyarakat Administrasi Kebijakan Kesehatan ( AKK )

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Review Jurnal: Minat Masyarakat Terhadap Pelayanan Rawat Inap di Puskesmas

3 Januari 2024   21:04 Diperbarui: 3 Januari 2024   21:15 210
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendahuluan

Puskesmas merupakan unit pelaksana teknik kedokteran yang berada di bawah pengawasan dinas kesehatan kabupaten/kota.. Secara umum harus memberikan pelayanan preventif, promotif, kuratif, dan rehabilitatif melalui Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) atau Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM). Puskesmas dapat memberikan pelayanan rawat inap pelayanan rawat jalan,pelayanan 1 hari, dan home care . Tentunya untuk memberikan pelayanan yang baik, kami selalu berupaya meningkatkan kualitas pelayanan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal bagi seluruh masyarakat.Keberadaan Puskesmas sangat bermanfaat bagi keluarga miskin.

Dengan adanya puskesmas setidaknya dapat memenuhi sepenuhnya kebutuhan masyarakat yaitu pelayanan kesehatan yang mudah dijangkau. Untuk mencapai derajat kesehatan setinggu-tingginya yang tertuang dalam PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 43 TAHUN 2019 puskesmas mendirikan/memberikan fasilitas yang lebih memadahi bagi masyarakat, salah satunya adalah pelayanan rawat inap. Pelayanan rawat inap adalah proses perawatan pasien oleh tenaga medis akibat suatu penyakit tertentu, dimana pasien dimasukkan ke dalam ruangan rumah sakit yang mencakup pelayanan medis personal termasuk observasi, diagnosis, dan pengobatan.diagnosis, pengobatan, keperawatan dan rehabilitasi.puskesmas Bendan sendiri sudah mendirikan pelayanan rawat inap yang dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat serta memiliki fasilitas yang cukup memadai.

Tinjauan pustaka

A. Puskesmas

Puskesmas adalah sebuah organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan secara menyeluruh, terpadu, berkeadilan, dapat diterima, dan terjangkau bagi masyarakat, dengan partisipasi aktif masyarakat dan menggunakan hasil perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna, dengan biaya yang dapat ditanggung oleh masyarakat,negara dan masyarakat.

Adapun upaya kesehatan perorangan tingkat pertama yang dilaksanakan puskesmas terdapat beberapa bentuk, yaitu:

  • Rawat jalan
  • Pelayanan gawat darurat
  • Pelayanan satu hari (rawat jalan)
  • Home care
  • Rawat inap berdasarkan pertimbangan kebutuhan pelayanan kesehatan
  • pelayanan rawat inap

Pelayanan rawat inap adalah pelayanan medik perseorangan, meliputi pemantauan, diagnosa, pengobatan, asuhan keperawatan dan rehabilitasi medik, dengan bermalam di ruang rawat inap pada fasilitas kesehatan rumah sakit dimana karena alasan medik dalam prakteknya pasien harus menginap.Pelayanan rawat inap merupakan pelayanan rumah sakit yang memberikan tirah baring di rumah sakit.

Pada pelayanan rawat inap di puskesmas ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi atau dibawa oleh para pasien, diantaranya :

  • Kartu BPJS
  • KK
  • KTP
  • Surat keterangan domisili jika pasien tidak memeiliki BPJS
  • Kartu identitas berobat untuk pasein lama atau yang sudah pernah rawat inap dipuskesmas

B. Kualitas pelayanan rawat inap

Menurut Jacobalis, kualitas pelayanan kesehatan di ruang rawat inap dapat dikategorikan dalam beberapa aspek,yaitu:

  • Penampilan keprofesian atau aspek klinis,aspek ini menyangkut pengetahuan , sikap, perilaku dokter dan perawat serta tenaga profesi lainnya.
  • Efisiensi dan efektifitas , aspek ini menyangkut pemanfaatan SDM rumah sakit agar dapat berdaya guna dan berhasil guna
  • Keselamatan pasien ,aspek ini menyangkut keamanan dan keselamatan pasien

Analisis Jurnal

Jurnal 1

Judul : Kualitas pelayanan kesehatan pada unit rawat inap rumah sakit TK.IV kota Samarinda

Peneliti ( Tahun ) : Fadilah Amrih Winarso,Enos Pasille,Santi Rande ( 2020 )

Review :

  • Judul : Menggambarkan focus penelitian dan sudah sesuai mencangkup semua variable yang akan dibahas
  • Metode penelitian : Metode yang digunakan sudah tepat yaitu metode obsevasi dan wawancara, alangkah lebih baik jika disertakan dokumentasi
  • Referens : Masih banyak lebih dari 10 tahun kebelakang, seharusnya tidak boleh lebih dari 10tahun kebelakang dikarenakan sudah terlalu lama.
  • Tujuan : Sudah memuat hal yang kan diteliti oleh penulis.
  • Hasil penelitian : Sudah menjawab tujuan penelitian serta pada hasil dijelaskan secara terperinci.
  • Kesimpulan : Pada jurnal sudah lengkap yang memuat isi dari jurnal.
  • Kelebihan : Disertakan implementasi data dan terdapat tinjauan pustaka sehingga dapat menjadi referensi peneliti selanjutnya
  • Kekurangan : Referensi yang digunakan sudah terlalu lama lebih dari 10 tahun kebelakang.

Jurnal 2

Judul : Analisis rendahnya minat pasien rawat inap di UPT puskesmas Sukmajaya kota Depok tahun

Peneliti ( Tahun ) : Gabe Gusmi Aprilla ( 2022 )

Review :

  • Judul : Sudah menggambarkan fokus penelitian
  • Metode penelitian : Metode yang digunakan sudah cukup baik dimana dijelaskan jenis penelitianyang ada dengan metode mix metode yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif. Di dalam jurnal tidak terdapat tinjauan pustaka hanya ada latar belakang, jika ada tinjauan pustaka akan lebih baik karena untuk memepermudah pembaca lebih memahami isi jurnal dan bagi penulis selanjutnya bisa dijadikan referensi.
  • Isi : Kata-kata yang digunakan pada bagian hasil dalam jurnal mudah dipahami dan tidak berbelit-belit serta hasil data yang ditampilkan berkesinambungan dan memiliki korelasi satu sama lain.
  • Kesimpulan : Sudah menggambarkan isi dari jurnal namun tidak terdapat saran pada jurnal.
  • Kelebihan : Disertakan implementasi data dan referensi yang digunakan kebanyakan tidak lebih dari 10 tahun kebelakang.
  • Kekurangan : Tidak adanya tinjauan pustaka pada jurnal

Jurnal 3

Judul : Pengaruh kualitas pelayanan rawat inap dengan indeks kepuasan masyarakat dipuskesmas

Peneliti ( Tahun ) :  Lutfi Syabid Efendi , Kholisotin, Handono ( 2024 )

Review :

  • Judul : Sudah sesuai karena mencerminka isi jurnal
  • Penulisan referensi : Sudah menggunakan 10 tahun terakhir.
  • Pendahuluan : Hanya memuat penjelasan singkat kasus yang akan diteliti.
  • Metode penelitian : Metode kuantitatif yang berbentuk korelasional dengan pendekatan cross sectional dengan diuji validitas dan reliabilitas oleh 56 responden.
  • Hasil penelitian : pada bagian ini menjelaskan frekuensi jenis kelamin,usia,pekerjaan, kualitas pelayanan,indeks kepuasan , dan indeks kepuasan pelayanan rawat inap.pada pembahasan dijelaskan bahwa kualitas pelayanan, baik pelayanan rawat jalan maupun rawat inap di puskesmas ijen sudah baik.
  • Kesimpulan : Memuat secara keseluruhan pembahasan dan hasil penelitian.
  • Kelebihan : Disertakan implementasi data dan referensi yang digunakan kebanyakan tidak lebih dari 10 tahun kebelakang.
  • Kekurangan : Tidak adanya tinjauan pustaka pada jurnal

Jurnal 4

Judul : Customers satisfaction in pediatric inpatient services: A multiple criteria

satisfaction analysis

Peneliti ( Tahun ) : Diogo Cunha Ferreira a,Rui Cunha Marques,Alexandre Morais Nunes Jos Rui Figueira ( 2021 )

Review :

  • Judul : Belum ditulis secara detail.
  • Metode penelitian : Metode yang digunakan sudah benar , namun hanya ditulis survey saja jadi pembaca harus lebih detail dalam melihat dan harus dibaca sampai hasil.
  • Referensi : Referensi yang digunakan sudah banyak yang terbaru, namun ada beberapa masih tahun 2003, 2004,dll.
  • Hasil penelitian : Pada bagian hasil dijelaskan kepuasan pasien sangat berpengaruh pada kualitas layanan rawat inap di Portugal.
  • Kesimpulan : Tidak dijelaskan secara menyeluhuh hasil dari penelitian
  • Kelebihan : Pembahasan dan tabel dibahas secara rinci
  • Kekurangan : Tidak terdapat saran dan kesimpulantidak dijelaskan secara terperinci

Jurnal 5

Judul : A healthcare service quality assessment model using a fuzzy best--worst method with application to hospitals with in-patient services

Peneliti ( Tahun ) : Ehsan KhanMohammadi a , HamidReza Talaie b, Maryam Azizi c ( 2023 )

Review :

  • Judul : Belum ditulis secara detail.
  • Metode penelitian : Metode sudah dijelaskan secara detail didalam jurnal.
  • Referensi : Referensi yang digunakan ada beberapa masih menggunakan fererensi lama, seperti 2011,2012,2010,dll
  • Hasil penelitian : Pada bagian hasil dijelaskan bahwa faktor kepedulian sangat penting yang disusul oleh keramahan dan keterampilan yang menjadikan penungkatan kualitas pelayanan rawat inap.
  • Kesimpulan : Pada jurnal sudah menggambarkan hasil penelitian.
  • Kelebihan : Pada pembahasan cukup terperinci
  • Kekurangan : Referensi yang digunakan masih lebih dari 10 kebelakang

Kesimpulan 

  • secara umum sistematika penulisan jurnal sudah memuat pendahuluan,metode, hasil,pembahasan, dan kesimpulan. Namun beberapa jurnal belum memuat tinjauan pustaka dan saran.terdapat 1 jurnal dari ke lima jurnal tersebut sistematika penulisan sudah lengkap. Dari ke 5 jurnal tersebut baik hasil maupun pembahasan penulisan kata sangat mudah dipahami oleh pembaca serta dijelaskan secara runtut dan terperinci.
  • Dari ke 5 jurnal tersebut didapatkan hasil penelitian bahwa kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan rawat inap dipengaruhi oleh kepuasan masyarakat, sarana dan prasarana, keandalan dan keramah tamahan petugas rawat inap

Saran 

Penulisan sistematika pada jurnal memuat tinjauan pustaka dan saran , hal tersebut dimaksudkan agar pembaca paham istilah-istilah yang ada didalam jurnal serta saran dapat digunakan untuk masukan puskesmas atau rumah sakit untuk meningkatkan pelayanan rawat inap.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun