Mohon tunggu...
Ngabila Salama
Ngabila Salama Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Dokter PNS Dinas Kesehatan DKI Jakarta

Sebuah opini dari dr. Ngabila Salama, MKM - Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta - Sekretaris Umum Organisasi Dokter Alumni SMANDEL Jakarta - Pengurus IDI Wilayah DKI Jakarta - Mahasiswa S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat FKM UI - Ibu tiga anak

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

11 Juli 2023 Lahir Undang-Undang Kesehatan Baru di Indonesia, Reformasi Kesehatan Pro Rakyat & Nakes

11 Juli 2023   16:19 Diperbarui: 12 Juli 2023   10:19 970
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi ngabila salama

Pada 11 Juli 2023 ini jam 13.00 saya sangat bahagia dan bersyukur dengan disahkannya dan lahirnya UU kesehatan tahun 2023 yang merevisi UU kesehatan tahun 2009. Apresiasi untuk Menteri Kesehatan RI Bapak Budi G. Sadikin dan tim beserta DPR RI yang sudah bekerja keras merumuskannya sampai pengesahannya. Saat 2009 saya masih mahasiswa semester 5 fakultas kedokteran UI saat ini bisa turut memberikan masukan konstruktif dan mengawal dengan baik. Pengesahan UU ini baru awal. Banyak hal yang harus dikawal setidaknya 3 bulan kedepan agar uu kesehatan ini benar mereformasi kesehatan indonesia yang pro rakyat & nakes: diantaranya alur izin praktek nakes 5 tahun sekali tanpa melewati organisasi profesi, collegium based untuk cetak dokter spesialis, rencana induk pembiayaan dan perencanaan kesehatan money follow program untuk antisipasi penghapusan mandatory spending, aturan teknjs pelanggaran disiplin nakes, STR berlaku seumur hidup, posisi lembaga, majelis, kolegium, konsil, organisasi profesi, perhimpunan, dll.

Semoga tim Kementerian Kesehatan RI dapat fokus bekerja keras membentuk tim cepat untuk percepatan implementasi ini

Tidak usah mogok para tenaga kesehatan / nakes. Saya tidak setuju krn pelayanan kepada masyarakat adalah yg utama. Lebih baik rangkulan bersama dan konstrukstif bersama untuk regulasi teknis agar benar implementatif uu nya dgn baik. Krn bertentangan dgn no 1 dan 7 sumpah hipokrates. Jadi jangan jadi pahlawan kesiangan dan ketinggalan kereta. RUU kesehatan ini sudah aktif dibahas luas sejak Maret 2023 saat proses hearing.

Demi Allah saya bersumpah, bahwa:

1. Saya akan membaktikan hidup saya guna kepentingan perikemanusiaan.

2. Saya akan menjalankan tugas dengan cara yang terhormat dan bersusila sesuai dengan martabat pekerjaan saya sebagai dokter.

3. Saya akan memelihara dengan sekuat tenaga martabat dan tradisi luhur profesi kedokteran.

4. Saya akan merahasiakan segala sesuatu yang saya ketahui karena keprofesian saya.

5. Saya tidak akan menggunakan pengetahuan saya untuk sesuatu yang bertentangan dengan perikemanusiaan, sekalipun diancam.

6. Saya akan menghormati setiap hidup insani mulai saat pembuahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun