Paket kiriman merchandise dengan JNE (dok.pri)
Kriiiiing..suara khas dari hape flip cdma merk motorola jadul milik saya berdering.Itu menandakan ada sms masuk disertai lampu bergambar amplop berkedip kedip warna biru.Segera kuraih hape tesebut dan membuka flip-nya. "Selamat sore pak Dwi,ini dari JNE ingin menanyakan posisi alamat rumah bapak.Ada kiriman paket untuk pak Dwi". Begitu tulisan sms yang masuk ke hape saya tersebut.Segera saya balas sms tersebut, "Nanti setelah sampai di Depan Bank XXX Jalan bla-bla-bla, ada jalan ke selatan kira-kira 200 Mtr,ketemu poskamling.Nah rumah saya dibelakang pos tersebut pak". Tak berapa lama ada sms balasan dari nomor yang sama,"Terima kasih pak,mohon menunggu,sebentar lagi kurir pengiriman JNE sampai ditempat bapak".
Tidak sampai 30 menit kemudian,terdengar suara sepeda motor berhenti di depan rumah.Terlihat sebuah sepeda motor dengan membawa berbagai paket yang ditempatkan dalam kantong bagasi di samping kiri dan kanan jok belakang. Dengan sopan pengemudi sepeda motor tersebut menanyakan apakah betul ini rumah saya.Saya yang kebetulan berada di depan rumah mengiyakan pertanyaan tersebut. "Iya betul pak" jawabku." Ini ada paket kiriman untuk pak Dwi,boleh lihat kartu identitasnya pak? sambung bapak kurir JNE tersebut.KTP saya serahkan dan bapak kurir JNE tersebut melihat sebentar dan menyerahkan kembali KTP saya tersebut beserta paket kiriman tersebut.Cocok dengan nama penerimanya."Mohon ditandatangani resi penyerahan paket ini pak", pinta pak kurir. Resi penyerahan barang beserta ballpointnya diserahkan kepada saya serta ditunjukkan letak yang harus saya tanda tangani.
Lega deh,barang pesanan saya sudah sampai di rumah dengan selamat dan setelah saya buka tidak ada kerusakan alias cocok dengan yang ditawarkan oleh si penjual.
Paket kiriman tersebut sebenarnya barang yang saya pesan di online shop yang kebetulan sedang mengadakan promo.Oleh pihak toko online tersebut mengabarkan bahwa barang tersebut akan dikirim lewat jasa kurir JNE sesuai dengan pilihan saya.Dijanjikan akan sampai di rumah dalam jangka waktu 3-4 hari sejak konfirmasi pembayaran diterima.Kok kirimnya lama?Ya,karena barang pesanan saya tersebut tidak bersifat urgent sehingga saya tidak memperdulikan berapa lama waktu kirimnya.Lewat email balasannya juga,apabila saya ingin menelusuri jejak (trace &tracking) barang kirimannya di JNE sampai dimana, disertakan juga nomor airway bill-nya.Namun sampai barang tersebut saya terima,saya belum pernah menggunakan fasilitas telusur nomor airway bill tersebut.Saya percaya pihak JNE pasti akan mengantarkannya sampai dirumah.
Sebenarnya saya sudah sejak lama mengenal dan berhubungan dengan perusahaan jasa pengiriman JNE ini. Hanya dulu sebatas pengiriman dokumen serta paket barang milik kantor. Kantor tempat kerja saya menyerahkan urusan pengiriman dokumen kepada pihak JNE,dengan sistem berlangganan sehingga setiap ada dokumen yang harus dikirim segera,petugas kurir JNE akan mengambil dokumen tersebut di kantor.Untuk pembayaran tagihannya pun juga pihak kantor tidak perlu repot repot mendatangi kantor JNE,petugas dari JNE yang akan mendatanginya. Kebetulan saya sendiri saat itu yang mengurusi keperluan pengiriman barang dan dokumen kantor. Saat itu tempat kerja saya betul betul dimanjakan oleh servis/pelayanan dari JNE ini.Praktis selama berlangganan dengan JNE tidak ada keluhan dari penerima paket/dokumen yang dituju sehingga nyaris tidak ada komplain sama sekali.
Sedangkan untuk pengiriman paket pribadi,saya sudah sejak tahun kemarin selalu menggunakan jasa pengiriman JNE ini.Seiring dengan seringnya saya melakukan transaksi belanja online.Seperti kisah saya diatas.Walaupun di toko online langganan saya tersebut menyediakan berbagai pilihan jasa pengiriman yang dapat saya pilih,saya tetap pilih memakai JNE. Ya,karena sudah mengenal sejak lama ditambah ongkos biaya kirimnya masih terjangkau dompet saya. Selain itu pak kurirnya juga sudah saling kenal jadi lebih percaya kirim pakai JNE dibanding dengan operator pengiriman lain. Ditambah dengan standar pelayanannya JNE yang juga memuaskan.Petugasnya mau membantu mengepakkan dan mengecek packing paket kiriman saya.Pokoknya hati tenang kalau kirim barang lewat JNE,dijamin deh!.
Belum lama ini saja saya menerima kiriman 2 paket merchandise dari program reward poin di KF, saudaranya Kompasiana yang juga dikirim lewat JNE.Karena pak kurirnya sudah terbiasa mengirim barang ke rumah saya,mungkin karena sudah hapal dengan wajah saya jadi sudah tidak perlu menunjukkan KTP lagi.Kecuali pak kurir biasanya pas berhalangan sehingga digantikan oleh kurir lainnya, prosedur menunjukkan KTP tetap berlaku.Dan saya pernah mengalaminya seperti itu....
Kisah saya diatas khan,tentang pengiriman barang atau paket yang ditujukan kepada saya.Apa saya tidak punya pengalaman tentang mengirim dokumen atau barang yang ditujukan kepada orang lain lewat JNE?Ya pasti ada.Biasanya saya mengirim dokumen yang saya titipkan lewat kantor tempat istri saya bekerja. Kebetulan kantor istri saya berlangganan dengan JNE.Ceritanya biar irit di ongkos transportasi menuju ke kantor cabang JNE saja.Selama ini dengan menggunakan JNE juga oke oke saja,belum pernah mengalami dokumen saya nyasar atau hilang. Berbeda dengan jasa pengiriman paket saya yang dahulu, pelayanannya sungguh sangat mengecewakan.Pernah terjadi sewaktu saya mengirim STNKbeserta BPKB sepeda motor milik kakak ipar di Bekasi menggunakan jasa pengiriman si orange. Sewaktudi loket pengiriman si orange ini,saya sudah menyampaikan isi dari dokumen tersebut dan minta waktu pengiriman secepatnya.Oleh petugas yang melayani segera dibuatkan nota pengirimannya beserta biaya yang harus saya bayar.Saya percaya dengan pelayanan si orange tersebut sampai akhirnya keesokan harinya saya telepon kakak ipar apakah sudah menerima paket kiriman saya tersebut.Dan dijawab,belum. Saya masih berpikir positif saja,mungkin masih di kantor cabang Bekasi atau malah sudah dalam perjalanan ke alamat kakak iparku tersebut.Tapi sampai hari ke 6 sejak dokumen tersebut saya kirimkan dan ternyata belum sampai juga di tempat kakak iparku,barulah saya panik.Kalau STNK dan BPKB yang saya kirim tersebut sampai hilang,bisa puyeng nih kepala.Harus ngurus macam macam dokumen untuk mengurus pengganti dari STNK dan BPKB tersebut.Akhirnya saya telepon kantor pusat si orange dan minta dicarikan posisi dari dokumen yang saya kirim seminggu yang lalu.Memang ada nomor identitas dokumen pengirimannya,cuman saya tidak bisa melacak sendiri melalui website,bisanya dengan menelepon petugas di kantor pusatnya.Telepon itupun tidak sekali saja langsung ketemu, ada 4 kali waktu itu saya meneleponnya. Akhirnya ditemukan juga dokumen kiriman saya tersebut, alasannya lama dikirimkan ke alamat tujuan karena alamat kakak ipar saya berada di luar kota, diluar jangkauan sehingga dokumen tersebut harus diambil di kantor pusat di Bekasi. Sayangnya kok tidak ada pemberitahuan lewat telepon kalau disuruh ambil sendiri.
Beda jauh khan dengan pelayanan JNE diatas.Fasilitas telusur dan melacak dokumen yang kita kirimkan menjadikan kemudahan bagi konsumen untuk ikut mengawal dan mendeteksi bila ada yang tidak beres di waktu pengirimannya.Selain itu dengan adanya fasilitas tersebut urusan komplain barang yang nyasar maupun hilang akan berkurang signifikan karena semua sudah dibuat kan aplikasinya.Peran aktif dari konsumen setianya ini,menjadikan JNE berbeda dengan perusahaan jasa pengiriman lainnya. Standar pelayanan yang memuaskan konsumennya juga betul-betul diperhatikan.Petugas konter serta petugas kurir yang merupakan ujung tombak pelayanan JNE diberikan pelatihan bagaimana melayani dan meladeni keinginan pelanggan yang beraneka macam. Pelayanan dengan mengedepankan "sentuhan pribadi" hasilnya pasti akan memuaskan pelanggan. Ucapan terima kasih,selamat pagi,ada yang bisa saya bantu, walaupun kelihatan sepele tapi memberikan efek tanggapan yang positif di benak pelanggan. Hasil akhirnya JNE berkembang semakin besar berkat loyalitas dan kepuasan pelanggan setianya.
JNE, Tak Kenal maka Tak Sayang
PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir adalah nama resmi perusahan yang lebih dikenal dengan nama JNE ini. Mengutip dari laman resminya di www.jne.co.id,JNE berdiri sejak 26 November 1990 di Jakarta dengan pendirinya H. Soeprapto Suparno bersama Johari Zein.Bidang awal usahanya untuk JNE ternyata bukan bergerak di pengiriman rute domestik tetapi justru malah menangani kepabeanan,impor barang serta dokumen pengantaran dari luar negeri ke Indonesia.Sedangkan untuk rute domestik dilayani oleh Tiki.Seiring perkembangan industri serta pesaingan jasa pengiriman di dalam negeri,JNE pun terjun meramaikan peta persaingan rute domestik.Dengan memanfaatkan jaringan Tiki,ekspansi JNE tidak menemukan hambatan yang berarti.Sejak berdiri Tiki dan JNE berkembang menjadi 2 perusahaan yang mempunyai arah sendiri-sendiri.Agar tidak terjadi persaingan harga serta layanan diantara sister company,pada tahun 2000 JNE memisahkan diri dari Tiki dengan meluncurkan logo perusahaan sendiri dengan manajemen tersendiri.
Dengan menggarap segmen premium,JNE mengembangkan produk dan layanan yang berbeda dengan Tiki,antara lain menyediakan jasa kurir,logistik,money remittance bekerja sama dengan Western Union hingga jasa kargo.Dari tahun ke tahun, pertumbuhan bisnis JNE semakin baik, bahkan di atas rata-rata pertumbuhan industri nasional yang hanya tumbuh sebesar 10% - 15%. Namun bisnis JNE justru tumbuh hingga 20% tiap tahunnya. Resep keberhasilan JNE ini adalah tidak mau menunggu konsumen,jemput bola mendatangi konsumen. Kurir JNE langsung menjemput barang ke rumah konsumen yang ingin mengirimkan barang,cukup dengan menelepon JNE, kurir pasti datang ke rumah.Inovatif...
Layanan yang kita kenal menjadi andalan JNE selama ini yaitu layanan YES (Yakin Esok Sampai). Layanan ini menjamin pada pelanggan JNE bahwa paket kirimannya akan sampai ditempat tujuan pada keesokan harinya. Apabila ternyata kiriman tersebut tidak terantar pada keesokan harinya,JNE memberikan jaminan uang kembali atas biaya kirimnya.Selain itu masih ada lagi layanan lainnya disesuaikan dengan keinginan pelanggan.Pengin ongkos irit,pakai layanan reguler.Pengin layanan cepet dan sangat urgen sekali dengan target waktu kurang dari 24 jam,pakai layanan Super Speed (SS).Pengin kirim barang berharga tapi takut hilang dan dicuri,pakai saja layanan Diplomat.Dengan pengawasan ketat dari petugas khusus JNE mulai saat penjemputan di lokasi pengirim hingga serah terima di lokasi penerima menjadi keunggulannya. Ada lagi layanan OKE atau Ongkos Kirim Ekonomis bagi yang pengin mengirim barang dengan ukuran besar dan berat.
Bagi pemilik situs jual beli online,yang terbiasa melakukan pengiriman dalam jumlah besar ke berbagai kota di seluruh Indonesia,Layanan Badak (Berangkat Dalam Kiloan) ini cocok.Namanya keren ya...Hewan Legendaris Ujung Kulon.Di layanan BADAK ini konsumennya pun masih dapat fasilitas tambahan seperti labelling.Monitoring barang kirimannya pun dijamin oleh JNE yang setiap barang kiriman dilengkapi dengan sistem pelaporan tanda terima harian.Biaya kirim yang kompetitif untuk 1 pengirim dengan tujuan kota kota besar di Indonesia,menjadi keunggulan tersendiri dari layanan BADAK ini.
Terkait dengan kekhawatiran sebagian besar konsumen apabila barang kirimannya hilang,pihak JNE pun menjamin akan mengembalikan 10x biaya kirimnya.Apabila nilai 10x tersebut dirasa tidak sesuai dengan harga paket kiriman kita,JNE pun menyarankan agar barang kita tersebut diasuransikan. Biaya asuransinya pun cukup murah.Seandainya memang terjadi barang kita ternyata hilang beneran dan pihak asuransi tidak mau membayar klaim sesuai dengan hari yang ditentukan,JNE yang akan menggantikan membayar klaim kita tersebut.Jadi tidak khawatir khan kirim barang lewat JNE...
Layanan inovatif JNE lainnya yang belum terlalu populer karena jarang diekspos adalah layanan Pesona atau Pesan Oleh Oleh Nusantara.Dengan menggunakan layanan ini kita bisa mengirimkan macam macam oleh oleh khas daerah tertentu dan mengirimkannya ke teman maupun sanak saudara kita di daerah lain.Contohnya saya mau memberikan bingkisan oleh oleh kopi Gayo yang terkenal untuk teman saya di Jakarta.Saya cukup telepon JNE dan pihak JNE akan mencarikan toko kopi Gayo yang terkenal di Takengon Aceh sana dan segera mengirimkannya. Simple dan praktis layanan ini...Bagus banget khan layanan ini buat memajukan industri UMKM di tanah air kita.
Ada lagi layanan spesial yang belum lama di launching oleh JNE di Yogyakarta pada hari Jumat, 31 Januari 2014 yaitu layanan JESIKA (Jemput ASI Seketika).Layanan ini di launching bersamaan dengan kedatangan Miss Universe 2013 Maria Gabriela Isler. Segmen JESIKA ini memang khusus ditujukan kepada para ibu ibu karir yang bertekad tetap memberikan buah hatinya dengan ASI. Layanan JESIKA ini layanan yang mendukung program pemerintah dalam menggalakan program ASI eksklusif di masyarakat.Seperti yang kita ketahui bersama,ASI selain lebih murah,juga lebih cocok dan menyehatkan buat buah hati kita.Sayangnya layanan JESIKA ini baru ada di beberapa kota besar saja,mungkin dalam jangka panjang perlu dikembangkan ke berbagai kota lainnya. Layanan Jesika ini mneginggatkan saya dengan rutinitas istri saya sewaktu si bungsu masih berumur di bawah 1 tahun, yang setiap jam istirahat kantor, istri saya selalu menyempatkan pulang ke rumah untuk menyusui serta membawa botol berisi ASI yang telah diperah di kantor. Hampir 1 tahun aktivitas tersebut dilakukan oleh istri saya.Kadang timbul khawatir juga terkait dengan semakin semrawutnya kondisi jalanan saat ini.Salut dengan tekad perjuangan istri yang tetap berkomitmen memberikan ASI sampai hari ini. Coba waktu itu di tempat ku sudah ada layanan JESIKA,pasti saya akan menggunakannya.
Di usianya yang ke 24 tahun ini,JNE kalau diibaratkan seorang gadis di usia yang mulai menginjak dewasa yang sudah siap dipinang jejaka.Prospek cerah,punya keunggulan layanan spesifik,profit besar serta keuangan perusahaan yang sehat,siapa sih yang tidak tertarik untuk ikut menanamkan modalnya. Kapan ya JNE mau melakukan penawaran saham perdananya? Tidak banyak perusahaan di Indonesia yang bisa bertahan dan berkembang dalam jangka waktu lama tanpa ada nilai nilai dasar yang menjadi panutan dan tuntutan bagi segenap karyawannya.Dengan nilai nilai disiplin, adil, tanggung jawab, kerjasama, peduli, dan visioner, JNE berkembang semakin maju dan mempunyai karakter yang berbeda dengan perusahaan jasa pengiriman sejenisnya. Berbagai inovasi untuk mendukung eksistensi kemajuan perusahaan selalu dilakukan. Keberhasilan dalam memperoleh sertifikasi ISO 9001:2000 menjadi bukti bahwa manajemen pelayanan JNE telah memenuhi standar dunia.Tidak mengherankan bila konsumen pabrikan besar menjadi langganan setia JNE saat ini.
Ya,layanan terbaik adalah harga mati bagi JNE.Karena itu,sangat wajar kalau JNE punya SDM yang handal. Bahkan departemen HRD JNE mempunyai empat divisi yaitu intelektual (berhubungan dengan pekerjaan), training (bertugas untuk kegiatan outbound dan memberikan training), spiritual (mengatur kegiatan keagamaan), dan fisikal (berhubungan dengan aktivitas kebugaran badan karyawan).Benar khan, petugas kurir serta petugas di konter sangat diperhatikan kompetensinya. Terbukti dari berbagai testimoni yang ditampilkan di laman situsnya dari pelanggan setianya yang puas dengan pelayanan dan kinerja dari JNE.Gimana masih bingung mau kirim barang?Serahkan saja pada ahlinya,JNE pasti beres.
Dengan dukungan 1000 lebih karyawannya dengan jumlah gerai mencapai 1500 unit yang tersebar di seluruh Indonesia membuktikan bahwa perusahaan lokal Indonesia mampu eksis dan berani bertarung dengan perusahaan asing di bidang jasa pengiriman.
Setiap masa selalu ada tantangannya,tapi kita tetap harus maju menghadapi tantangan itu.Begitu petuah Pemimpin JNE. "Selamat Ulang Tahun yang ke-24 JNE Melayani Negeri,semoga tambah maju dan lebih berkembang lagi dengan inovasi inovasi layanannya"
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H