Mohon tunggu...
Netti Anjelina
Netti Anjelina Mohon Tunggu... Lainnya - Communication Student at Pertamina University

Hi! I'm Netti Anjelina, you can call me Netti. I really like to explore new things and I'm a hard worker who has a passion for learning. I'm adaptable person who adore to sharing each other with new people and environment. I'm intersting to Content Writer and Public Relations.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

JNE Terus Berinovasi untuk Mengakomodasi Kebutuhan Para Pelanggan

30 Juli 2024   20:52 Diperbarui: 30 Juli 2024   21:03 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar: Tampilan Beranda Aplikasi My JNE  (Pribadi, 2024)

Kegiatan perayaan ulang tahun sebuah perusahaan tidak hanya sekedar momen untuk merayakan pencapaian. Akan tetapi, sebagai kesempatan untuk menghargai perjalanan yang telah dilalui, dan merencanakan langkah-langkah ke depan yang lebih bersemangat. Begitu pula dengan PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau biasa dikenal sebagai JNE, yang pada tahun 2024 ini merayakan tonggak sejarah yang penting dalam evolusi mereka sebagai pemimpin industri ekspedisi atau logistik di Indonesia. 

Di tengah gemerlap cahaya lilin yang menyala, tahun ini JNE merayakan ulang tahunnya yang ke 33 tahun. Ulang tahun JNE bukan hanya sekedar perayaan untuk perusahaan mereka sendiri, melainkan juga momen untuk berterima kasih kepada mitra, pelanggan, dan komunitas yang telah mendukung perjalanan mereka. Dalam semangat perayaan ini, JNE mengajak semua pihak untuk merayakan keberhasilan bersama, menghargai setiap pencapaian, dan menatap masa depan dengan optimisme.

Dalam perayaannya, JNE menggunsung tagar "Connecting Happiness". Dua kata ini mencerminkan komitmen JNE untuk meningkatkan kualitas layanan serta mempererat hubungan dengan pelanggan dan mitra bisnis. JNE Connecting adalah inisiatif yang berfokus pada pengembangan dan penguatan jaringan distribusi serta hubungan bisnis. Program ini mencakup berbagai kegiatan untuk menghubungkan titik-titik dalam rantai pasokan dan distribusi secara lebih efisien. Upaya ini melibatkan peningkatan konektivitas antar titik pengiriman, perluasan jaringan agen dan mitra, serta optimalisasi proses logistik. Selain itu, JNE Connecting juga mencakup penggunaan teknologi untuk mempermudah dan mempercepat proses pengiriman barang. 

Sementara itu, JNE Happiness adalah program yang bertujuan meningkatkan kepuasan pelanggan dan menciptakan pengalaman positif dalam bertransaksi dengan JNE. Program ini biasanya melibatkan kegiatan promosi, penghargaan, dan berbagai inisiatif untuk memastikan pelanggan merasa dihargai dan puas dengan layanan JNE. JNE Happiness dapat mencakup acara pelanggan, hadiah, atau fitur layanan tambahan yang membuat proses pengiriman lebih menyenangkan.

Setiap langkah yang diambil oleh JNE selama bertahun-tahun telah menjadi inspirasi bagi banyak orang. Dari sebuah perusahaan kecil yang dimulai dengan mimpi besar, JNE telah tumbuh menjadi salah satu pemimpin raksasa dalam industri logistik di Indonesia. Setiap paket yang dikirimkan tidak hanya mengantar barang, tetapi juga membawa cerita keberhasilan, semangat kolaborasi, dan dedikasi untuk memberikan yang terbaik. Selama berdiri, setidaknya JNE berhasil memperluas jaringan dan jangkauan area distribusinya yang mencakup lebih dari 83.000 kota, termasuk kabupaten, desa, dan pulau terluar, dengan gerai penjualan lebih dari 8.000 titik dan mempekerjakan lebih dari 50.000 karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia (Website resmi JNE, 2024).

Di era digitalisasi saat ini, JNE termasuk salah satu perusahaan yang terdampak pada kebutuhan pelanggan yang marak belanja online, sehingga memerlukan pengiriman yang cepat dan aman. JEN peka terhadap kebutuhan tersebut dan memiliki semangat tinggi dalam berinovasi. Dalam menangkar hal tersebut, JNE meluncurkan berbagai inovasi. Inovasi-inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional, kenyamanan pelanggan, dan memberikan solusi yang lebih modern dalam dunia logistik dan pengiriman, berikut diantaranya: 

  1. JNE Online: Sebuah sistem yang menggabungkan teknologi untuk mempermudah proses pengiriman. Sistem ini memungkinkan pelanggan melacak paket secara real time atau waktu nyata, mengatur jadwal pengiriman, dan memilih berbagai opsi layanan sesuai kebutuhan mereka. 

  2. JNE Cashless: Penggunaan sistem pembayaran nontunai mempermudah transaksi bagi pelanggan dan mengurangi risiko kesalahan atau kehilangan uang.

  3. JNE Pede (PedePay): Layanan yang memungkinkan pembayaran digital untuk berbagai produk dan layanan melalui aplikasi atau situs web JNE, termasuk untuk pengiriman barang.

  4. JNE Logistics: Pengembangan layanan logistik yang lebih canggih untuk memenuhi kebutuhan industri, termasuk pengiriman barang dalam jumlah besar dan manajemen rantai pasokan. 

  5. JNE Tracking: Sistem pelacakan paket yang lebih canggih dengan fitur notifikasi waktu nyata, memberikan informasi yang lebih akurat dan transparan kepada pelanggan.

  1. JNE Smart Logistics: Penggunaan teknologi seperti IoT (Internet of Things) untuk memantau dan mengelola armada dan inventaris secara efisien.

  2. NE Mobile Apps: Aplikasi seluler yang mempermudah pelanggan dalam memesan layanan, melacak paket, dan melakukan berbagai transaksi pengiriman dari perangkat mobile mereka.

  3. JNE Green: Inisiatif ramah lingkungan yang mencakup penggunaan kemasan daur ulang dan upaya mengurangi jejak karbon dalam operasional pengiriman.

Tidak hanya sampai di situ, untuk memanjakan dan memenuhi kebutuhan para pelanggannya, JNE menawarkan berbagai jenis layanan pengiriman. Berikut adalah beberapa jenis layanan utama JNE;

  1. JNE OKE (Ongkos Kirim Ekonomis): Layanan pengiriman dengan biaya lebih rendah dan waktu pengiriman lebih lama dibandingkan layanan ekspres. Cocok untuk barang yang tidak mendesak.

  2. JNE REG (Regular): Layanan pengiriman reguler menawarkan biaya terjangkau dengan waktu pengiriman standar. Biasanya lebih cepat daripada OKE, tetapi lebih lambat daripada layanan ekspres.

  3. JNE YES (Yakin Esok Sampai):  Layanan pengiriman ekspres yang menjamin paket sampai pada hari berikutnya (jika pengiriman dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan). Ideal untuk pengiriman yang mendesak.

  4. JNE Trucking: Layanan pengiriman untuk barang dalam jumlah besar atau volume tinggi menggunakan armada truk. Cocok untuk pengiriman antar kota atau antar provinsi.

  5. JNE Express: Layanan pengiriman cepat dengan berbagai opsi waktu pengiriman yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

  6. JNE Food: Layanan khusus untuk pengiriman makanan dan minuman, memastikan barang sampai dalam kondisi baik dan tepat waktu.

  7. JNE Personal Shopper: Layanan yang memungkinkan pelanggan membeli barang dari luar negeri dan mengirimkannya ke Indonesia, sering digunakan untuk pembelian produk internasional.

Terus lakukan inovasi, berani berpikir berbeda, dan tetap berkomitmen untuk mencapai yang terbaik untuk para pelanggan. Setiap langkah kecil menuju inovasi adalah kontribusi besar untuk masa depan. Selamat ulang tahun ke-33 tahun JNE. Terus lebarkan sayap dan jadilah raksasa terbesar ekspedisi di Indonesia sampai mancanegara.

#JNE #ConnectingHapiness #JNE33Tahun #JNEContentCompetition2024 #GasTerusSemangatKreativitasnya

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun