Mohon tunggu...
Netra Nopita
Netra Nopita Mohon Tunggu... Guru - English Teacher

Never Give up, The beginning is always the hardest

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

22 Agustus 2023   01:52 Diperbarui: 22 Agustus 2023   02:25 2897
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

REFLEKSI DIRI TENTANG PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA

 

Pendidikan dan pengajaran


Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara adalah segala upaya yang dilakukan untuk menuntut segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota Masyarakat. Sedangkan pengajaran menurut Ki Hajar Dewantara adalah bagian dari Pendidikan dengan membebaskan anak dari ketidak tahuan yang bermanfaat bagi kehidupan lahir dan batin.

Menurut Ki Hadjar Dewantara, pengajaran dan pendidikan dilaksanakan untuk mempersiapkan anak-anak agar bisa memiliki bekal untuk hidup di masyarakat. Selain itu, pengajaran dan pendidikan memiliki maksud untuk mewujudkan manusia yang merdeka. Manusia yang merdeka adalah manusia yang hidupnya lahir atau batin tidak tergantung pada orang lain. Dengan kata lain, manusia yang merdeka adalah manusia yang bisa bersandar atas kekuatan sendiri.

Dalam proses pengajaran dan pendidikan, Ki Hadjar Dewantara juga mengingatkan agar pendidikan memperhatikan kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat alam berkaitan dengan lingkungan alam sekitar siswa. Pendidikan harus memperhatikan kodrat zaman. Artinya, guru memberi bekal pendidikan kepada siswa harus sesuai dengan zamannya.

Relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah 

Pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD) di bidang Pendidikan sangat relevan untuk diterapkan di Indonesia. Misalnya jika konsep KHD tentang kodrat alam dan kodrat zaman diterapkan oleh setiap guru, maka siswa akan mendapatkan pengalaman pembelajaran yang bermakna. Siswa akan mudah paham karena hal yang dipelajari berhubungan langsung dengan hal-hal di sekitar mereka. dengan memperhatikan kodrat zaman, siswa mendapatkan manfaat yang bisa mereka aplikasikan secara nyata sesuai dengan perkembangan zaman. Melalui Pendidikan, Siswa diberikan kebebasan untuk mengembangkan ide, menciptakan kreatifitas, berfikir kritis, mengembangkan bakat/minat siswa (merdeka belajar).

Relevansi pemikiran Ki Hadjar Dewantara dengan konteks pendidikan Indonesia, khususnya di sekolah tempat saya mengajar saat ini adalah Mengenai Pendidikan dengan perspektif global, yakni pengaruh dari luar tetap harus disaring dengan tetap mengutamakan kearifan lokal sosial budaya Indonesia.

Saya merasa sudah melaksanakan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru dengan adanya Kurikulum Merdeka saat ini, meskipun belum sempurna karena keterbatasan pengetahuan tentang cara-cara memberikan kemerdekaan belajar pada peserta didik.

 

HARAPAN DAN EKSPEKTASI

Harapan saya setelah mempelajari modul ini, saya bisa menerapkan pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan dan Pengajaran dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuhnya. Saya berharap bisa menjadi menjadi guru yang menyenangkan dengan memberikan kemerdekaan belajar kepada murid. Dengan merdeka mengajar, saya akan lebih menikmati proses pembelajaran dan tugas mengajar menjadi sesuatu yang membahagiakan dan tentunya bukan suatu beban.

Harapan saya kepada murid-murid setelah saya mempelajari modul ini adalah murid bisa mengoptimalkan potensi yang ada di dalam dirinya. Sesuai tuntutan kodrat alam dan zaman. murid saya selalu bahagia dan selalu semangat belajar setiap hari

Kegiatan, materi, manfaat yang saya harapkan dalam modul ini adalah adanya pembelajaran dan motivasi untuk menjadi guru yang berkualitas. Guru yang diharapkan bisa memberikan perubahan ke arah yang lebih baik. kegiatan kolaborasi yang ke depannya memberi pengalaman berharga bagi saya. Dan bisa memahami pemikiran-pemikiran KHD dan bisa menerapkannya dalam pembelajaran secara nyata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun