Mohon tunggu...
Netra Nopita
Netra Nopita Mohon Tunggu... Guru - English Teacher

Never Give up, The beginning is always the hardest

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning

7 Oktober 2022   22:33 Diperbarui: 7 Oktober 2022   22:35 846
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Lokasi : SMP Negeri 30 Kerinci

Penulis : NETRA NOPITA, S.Pd

Tanggal : 26 September 2022

TUJUAN

Meningkatkan Kemampuan pemahaman membaca siswa yang masih rendah dalam Teks Fungsional Pendek melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning di Kelas IX SMP Negeri 30 Kerinci

SITUASI

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah rendahnya kemampuan pemahaman membaca siswa dalam dalam Teks Fungsional Pendek, hal ini penyebabnya adalah sebagai berikut :

  • Kemampuan dasar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris masih rendah. 
  • Masih rendahnya penguasaan kosa kata Bahasa Inggris siswa
  • Belum di terapkan strategi dan model pembelajaran yang efektif dalam pemahaman membaca.
  • Belum diterapkan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa

Praktik ini sangat penting untuk dibagikan karena berdasarkan rencana pembelajaran pada Praktik Pengalaman lapangan (PPL) yang menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning membuat siswa menemukan hal baru terhadap suatu fenomena. model discovery learning menuntut siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan menemukan sendiri suatu konsep pembelajaran. Discovery learning  juga bisa menjadi pilihan model yang sesuai dengan materi teks fungsional pendek (Label). Model belajar ini menuntut guru lebih kreatif menciptakan situasi yang membuat peserta didik belajar aktif dan menemukan pengetahuan sendiri. 

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai fasilitator dalam menerapkan Model pembelajaran Discovery Learning untuk mengatasi permasalahan yang di hadapi dan meneliti tentang permasalahan yang terjadi   selama   proses   pembelajaran di   kelas serta menyelesaikan masalah-masalah khusus dan teknis di dalam pembelajaran yang dihadapi.

TANTANGAN

Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, maka beberapa tantangan yang dihadapi adalah:

  •  Menemukan Materi visual yang otentik dan akrab dengan kehidupan siswa sesuai dengan topik yang akan di sampaikan selama proses pembelajaran merupakan sebuah tantangan yang harus di selesaikan.
  • Beberapa peserta didik dalam satu kelompok masih ada yang belum terlihat aktif dan berani untuk menyampaikan hasil kerja kelompok didepan kelas dan selalu meminta teman kelompok nya untuk menyampaikan.

Yang terlibat dalam kegiatan ini adalah peserta didik, guru, teman sejawat dan kepala sekolah. Tantangan itu yang menyebabkan seorang guru harus melewatinya dengan berbagai cara seperti menerapkan media dan model pembelajaran  yang menarik dan sesuai dengan gaya belajar peserta didik serta sarana pembelajaran yang mendukung.

AKSI

Tantangan yang ada diatas segera diselesaikan dengan baik oleh saya diantaranya yaitu:

  • Pada kegiatan persiapan dan rencana pembelajaran saya mencari berbagai sumber untuk menemukan materi yang dekat dan di kenal dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Materi otentik yang tepat untuk siswa merupakan sebuah penunjang yang akan mempermudah pemahaman siswa dalam memahami teks fungsional pendek.
  • Selama proses pembelajaran saya memberikan motivasi yang bisa membuat siswa lebih bersemangat dan berani menampilkan hasil kerja kelompok nya dengan sebuah paparan secara bergilirandi depan kelas. Frekusensi bimbingan di berikan perhatian yang lebih kepada siswa yang masih belum berani untuk menunjukkan kompetensi nya di depan kelas.


REFLEKSI HASIL DAN DAMPAK

selama proses pembelajaran berlangsung, dengan menggunakan langkah-langkah yang tercantum pada rencana pembelajaran, Model Discovery Learning yang dipadukan dengan media otentik yang ditampilkan melalui media belajar MyViewBoard telah meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil yang didapatkan selama proses pembelajaran sangat efektif dan pemilihan model dan media pembelajaran sudah sesuai dengan materi pembelajaran. Faktor yang menunjukkan bahwa model pembelajaran inovatif yang telah diterapkan berhasil adalah terlihat dari pemahaman peserta didik yang mengalami peningkatan dalam belajar dan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam memahami teks fungsional pendek di kelas IX.

Berdasarkan hasil refleksi diri, observasi teman sejawat, survei dan daftar pertanyaan angket kepada siswa, di dapatkan bahwa dampak dari penerapan model pembelajaran Discovery Learning yang di padukan dengan media visual yang otentik dan video belajar yang bervariatif dapat membuat pemahaman peserta didik lebih baik dan peserta didik lebih antusias terhadap materi teks fungsional pendek, Motivasi belajar  peserta didik selama pembelajaran dan respond peserta didik setelah melakukan survei dan angket pertanyaan kepada peserta didik.  Dengan media yang bervariatif, siswa terlihat antusias dan tidak cepat bosan dalam pembelajaran, karena pada saat pembelajaran peserta didik di bagi menjadi beberapa kelompok serta perkelompok melakukan tugas yang di berikan oleh guru. lingkungan sekitar yaitu teman sejawat dan kepala sekolah memberikan respon positif.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun