Menyusun Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode STAR
(Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
LOKASI
SMP Negeri 30 Kerinci
TUJUAN YANG INGIN DICAPAI
Meningkatkan Kemampuan siswa yang masih rendah dalam Menulis teks prosedur  melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) di Kelas IX SMP Negeri 30 Kerinci
PENULIS
NETRA NOPITA, S.Pd
TANGGAL
26 September 2022
SITUASI
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah rendahnya Kemampuan Siswa dalam Menulis teks prosedur, hal ini penyebabnya adalah sebagai berikut :
Masih rendahnya penguasaan kosa kata dalam Bahasa Inggris
Siswa mengalami kesulitan dalam Menyusun kalimat Bahasa inggris yang terstruktur
Masih terbatasnya penggunanan teknologi berbasis online di sekolah untuk menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik
Siswa mengalami kesulitan dalam menuangkan imajinasinya ke dalam sebuah tulisan
Masih kurangnya buku referensi pelajaran Bahasa inggris di perpustakaan
Belum maksimalnya penggunaan model pembelajaran inovatif berbasis teknologi di sekolah
Praktik ini sangat penting untuk dibagikan karena berdasarkan rencana pembelajaran pada Praktik Pengalaman lapangan (PPL) yang menerapkan Model Pembelajaran Project Based Learning  (PJBL) memungkinkan peserta didik untuk merefleksikan ide dan pendapat mereka sendiri, serta membuat keputusan yang mempengaruhi hasil proyek dan proses pembelajaran menulis teks prosedur dan mempresentasikan hasil akhir produk
Â
Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai fasilitator dalam menerapkan Model pembelajaran Project Based Learning  (PJBL)  untuk mengatasi permasalahan yang di hadapi dan meneliti tentang permasalahan yang terjadi  selama  proses  pembelajaran di  kelas  serta menyelesaikan masalah-masalah khusus dan teknis di dalam pembelajaran yang dihadapi.
TANTANGAN
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang   terlibat?
Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, maka beberapa tantangan yang dihadapi adalah:
Asumsi awal dan Anggapan peserta didik terhadap mata pelajaran Bahasa inggris itu sulit, sehingga membuat peserta didik lesu    dalam menerima pelajaran,
Masih ada peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi karena peserta didik yang dominan lebih pandai dan pintar yang banyak menyelesaikan diskusi kelompok tersebut,
Masih ada peserta didik yang belum percaya diri untuk mempresentasikan hasil laporannya didepan kelas,
Tantangan lainnya adalah terkait permasalahan teknis dan daya dukung dalam melaksanakan proses pembelajaran,
AKSI
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?
Tantangan yang ada di atas segera diselesaikan dengan baik oleh saya diantaranya yaitu:
Pada kegiatan pendahuluan pembelajaran saya memberikan motivasi dan apersepsi yang bisa membuat peserta didik lebih bersemangat dalam belajar Bahasa Inggris.
Pada proses pembelajaran lebih intens lagi dalam membimbing peserta didik yang belum memahami tugas yang akan dilakukan, agar peserta didik yang masih pasif dalam kegiatan diskusi dapat berperan aktif dikelompoknya.
Saya mendampingi dan memberikan contoh kepada peserta didik baik individu maupun kelompok bagaimana cara mempresentasikan hasil laporan kelompok dan tetap memberikan semangat dan apresiasi kepada peserta didik atau kelompok yang sudah tampil.
Saya bekerja sama dengan teman sejawat dan pimpinan sekolah untuk menyelesaikan beberapa masalah teknis dan ketersediaan media pendukung dalam pembelajaran.
REFLEKSI HASIL DAN DAMPAK
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidak berhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?
Hasil yang di dapatkan selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan langkah-langkah yang tercantum pada rencana pembelajaran, Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) dalam meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur sangat efektif dan pemilihan model serta media pembelajaran sudah sesuai dengan materi pembelajaran.Â
Keberhasilan penerapan model Pembelajaran juga dibuktikan dengan pemahaman peserta didik yang mengalami peningkatan dalam belajar dan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam menulis teks prosedur di kelas IX.Â
Oleh karena itu, dengan Model Project Based learning (PJBL) yang dipadukan dengan media visual mind mapping, akan meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Berdasarkan hasil refleksi diri, observasi teman sejawat, survei kepada siswa dan daftar pertanyaan angket kepada siswa, Dampak dari penerapan model pembelajaran Project Based  Learning (PJBL) yang di padukan dengan media visual belajar yang bervariatif adalah terlihat bahwa pemahaman peserta didik lebih baik dan peserta didik lebih termotivasi terhadap materi teks prosedur.Â
Dengan media yang tidak monoton Peserta didik bersemangat dan tidak cepat bosan dalam pembelajaran, karena pada saat pembelajaran peserta didik di bagi menjadi beberapa kelompok serta perkelompok melakukan proyek yang di berikan oleh guru.Â
Faktor yang menunjukkan bahwa model pembelajaran inovatif yang telah diterapkan berhasil adalah terlihat dari antusias peserta didik selama pembelajaran dan respon peserta didik setelah melakukan survei dan angket pertanyaan kepada peserta didik. Lingkungan sekitar yaitu teman sejawat dan kepala sekolah memberikan respon positif terhadap pelaksanaan model pembelajaran inovatif Project Based Learning (PJBL).
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI