Kerjasama tim adalah proses dimana seorang  individu dengan keterampilannya dan peran yang berbeda bekerjasama secara harmonis untuk mencapai tujuan yang sama. Keberhasilan kerjasama tim bergantung pada komunikasi yang baik, saling menghargai perbedaan, dan kemampuan untuk beradaptasi serta berkontribusi. Sedangkan, Sinergi adalah kondisi dimana dua pihak atau lebih bekerja bersama dengan cara saling mendukung dan melengkapi, sehingga hasil yang dicapai lebih besar atau lebih efektif dibandingkan jika dikerjakan sendiri
Dalam sebuah organisasi, keberhasilan tidak hanya di ciptakan oleh kemampuan individu, tetapi juga bagaimana individu tersebut berkolaborasi dalam sebuah tim. Sinergi dalam kerjasama tim menjadi salah satu faktor penentu untuk mengubah kerja sama biasa menjadi kekuatan yang luar biasa. Dengan cara setiap anggota tim menyatukan atau menggabungkan keahlian dan pemikiran yang berbeda, serta saling mendukung, agar terciptanya hasil yang memuaskan. Sinergi bukan hanya soal bekerja bersama, tetapi tentang menciptakan kolaborasi yang produktif, di mana kontribusi setiap anggota memberikan dampak yang lebih baik. Artikel ini akan mengupas pentingnya sinergi dalam kerjasama tim dan bagaimana hal tersebut dapat membawa tim menuju kesuksesan bersama.Â
Misalnya Di sebuah organisasi kampus, seperti unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang mengadakan seminar,  dalam lingkup organisasi tersebut setiap anggota tim pasti memiliki peran yang berbeda, tetapi mereka bekerjasama untuk mencapai tujuan yang sama. Contohnya Ketua UKM bertanggung jawab memimpin acara dan memastikan visi tercapai. Tim dokumentasi bertugas mendokumentasikan jalannya acara. Tim logistik mengatur kebutuhan fisik, seperti tempat, perlengkapan, dan konsumsi, sementara tim registrasi  bertugas mengurus pendaftaran peserta. Melalui sinergi, tiap tim saling mendukung dan melengkapi.
1. Membina hubungan dan kerjasama
Dalam membina hubungan kerjasama di masyarakat dan lingkungan lain seperti di kelas, di kampus, di kelompok dll memang tidak  semudah membalikan telapak tangan. Manusia juga memiliki akal dan rasa. Keduanya bekerja untuk menilai apakah pada awal berinteraksi dengan sekelompok seseorang di terima dengan baik atau tidak. Maka dari itu membangun hubungan yang kuat dan kerjasana yang solid adalah aspek fundament dalam menciptakan sinergi dalam tim. Pembinaan hubungan bukan hanya tentang berkomunikasi, tetapi juga tentang saling percaya, empati atas rasa hormat antar individu dalam sebuah tim. Beberapa hal yang harus kita sikapi pada saat kita masuk ke dalam kelompok supaya bisa saling menghargai dan terbangun Kerjasama :
•• Membangun kebijakan dan rasa penghargaan pada orang lain
•• Menerima keunikan diri anda dan gunakan untuk berinteraksi dengan orang lain
•• Kembangkan sikap menerima antar anda senhingga tercipta hubungan batin yang lebih dalam
•• Kembangkan rasa humor positif Â
2. Meningkatkan sinergi dalam organisasi kampus :
A. Â Membangun Komunikasi yang Terbuka dan Transparan