Mohon tunggu...
nesya navisabilla
nesya navisabilla Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universias Muhammadiyah Jakarta

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Beauty

Strategi Pemasaran Brand Wardah

23 April 2023   18:00 Diperbarui: 23 April 2023   18:05 8273
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

A. Lingkungan Bisnis Pasar

Menurut (Ayu, 2017 ) Wardah didirikan oleh PT Pusaka Tradisi Ibu yang saat ini berubah menjadi PT Paragon Technology and Innovation pada tanggal 28 Maret 1985 oleh Drs. H. Subakat Hadi, M.Sc dan Dra. Hj. Nurhayanti Subakat Hadi, Apt. Wardah merupakan brand kosmetik pertama kali yang telah bersertifikat halal oleh Majelis Ulama Indonesia sejak tahun 1995. Hingga akhirnya telah dinobatkan sebagai pelopor merek kosmetik halal oleh World Halal Council pada tahun 1999. Dengan inovasi yang terus berkembang sesuai zaman, Wardah tetap berkomitmen mempertahankan kualitas produknya, mulai dari komposisi, proses dan finishing produk.

Wardah memperkenalkan produk kepada masyarakat dengan melalui edukasi tentang produk serta menggunakan brand ambassador inspriratif yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Usaha yang terus dilakukan selama bertahun-tahun membuahkan hasil, Wardah berhasil menjadi merek Indonesia yang pertama masuk dalam kategori Global Fastest Growing Brand 2014-2015 (PressRelease.id, 2019). Menurut (Pahlevi, 2022) pada tahun 2022 Wardah tetap berada di peringkat pertama.  (Sumber: Databoks.katadata.co.id)

B. Analisis STP dan SWOT Wardah

 1. STP (Segmentasi, Targeting and Positioning)

a.) Segmentation

  • Jenis kelamin : Wanita
  • Usia                : 17-45 tahun
  • Alamat            : Hampir di seluruh Indonesia
  • Penghasilan   : Menengah ke atas.
  • Kepribadian   : Konsumen yang rajin menggunakan skincare dengan harga yang terjangkau tetapi kualitas bagus.

b) Targeting

Wardah menargetkan kepada pelajar atau mahasiswa, ibu rumah tangga dan wanita karir yang mempunyai penghasilan menengah keatas. Konsumen yang aktif dalam menggunakan media sosial. Karena Wardah melakukan promosi atau pemberitahuan tentang produk melalui platform media sosialnya.

c) Positioning

Dengan Wardah menggunakan tagline 'Feel The Beauty' memberikan pesan positif bagi wanita di luar sana, untuk dapat menghargai diri sendiri, meningkatkan kepercayaan diri serta kecantikan bukan hanya berasal dari wajah saja tetapi dari pikiran dan hati yang positif.

 2. SWOT (Strength, Weakness, Oppurtunites, Threats)

 a) Strength

  • Konsumen semakin meningkat karena Wardah bersetifikat halal.
  • Outlet Wardah mudah dicari.
  • Harga terjangkau yang dapat dibeli oleh semua kalangan.

b) Weakness

  • Kemasan produk yang kurang menarik perhatian konsumen.
  • Wardah mudah disaingi produk lainnya karena pergerakan yang kurang cepat.

c) Oppurtunities

  • Label halal memberikan nilai yang tinggi.
  • Harga dan komposisi dari Wardah yang bersahabat dengan kalangan umur remaja hingga dewasa.

 d) Threats

  • Masyarakat lebih memilih produk kosmetik lainnya karena harga terjangkau dengan kualitas lebih bagus.
  • Masyarakat yang masih kurang percaya dengan Wardah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun