Mohon tunggu...
Inovasi

Multimedia, Sarana Belajar Para Siswa

31 Januari 2018   23:05 Diperbarui: 5 Februari 2018   02:27 779
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tampilan situs ruangguru.com

Multimedia.  Tentu kata tersebut  sudah tidak asing lagi di telinga kita. Seiring dengan teknologi yang semakin berkembang, inovasi manusia dalam menyampaikan informasi bisa dikatakan semakin kreatif.  Inovasi -- inovasi seperti ini membuat para penggunanya memahami informasi secara lebih mudah dan menarik, maupun menjadi satu bidang bisnis baru yang digemari. Sebelum berbicara lebih jauh, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu multimedia.

             Apakah Multimedia itu ?

Apabila dilihat dari segi etimologi kata nya, multimedia terdiri dari dua kata. Dua kata tersebut adalah "multi" yang berarti banyak, dan "media" yang berarti alat untuk mendistribusikan informasi, dan bentuk dari komunikasi massa. Apabila digabungkan, multimedia berarti kombinasi dari banyak alat untuk mendistribusikan informasi yang menjadi bagian dari komunikasi massa.

Menurut Kadir, multimedia merupakan kombinasi dari teks, grafis, suara, animasi, dan video yang disampaikan secara kreatif kepada pengguna secara elektronik maupun dimanipulasi secara digital.

            Pada zaman dahulu, orang-orang hanya menggunakan satu media saja untuk menyampaikan informasi. Sebagai contoh, pada tahun 1950an, radio siaran mengalami puncak kejayaannya setelah pada tanggal 11 September 1945 didirikan Radio Republik Indonesia (RRI). Radio menyebarkan informasi melalui pidato, talk showantara penyiar dan narasumber dalam bentuk suara saja. Namun, apabila kita melihat situasi zaman sekarang atauyang kerap disebut zaman now, orang-orang mulai menggabungkan banyak media untuk menyampaikan gagasan atau informasi tertentu.

            Elemen-elemen Multimedia

Multimedia terdiri dari beberapa elemen, yakni :

  • Teks

Teks atau tulisan merupakan elemen mendasar dari multimedia. Kemudian, beberapa pilihan kata yang tepat bisa membantu para penggunanya untuk menemukan pesan tertentu atau sering kita sebut dengan keyword. Teks ini juga bisa digunakan di dalam konten, menu, serta tombol navigasi yang bisa memudahkan para pengguna.

  • Grafis

Grafis merupakan ilustrasi dua dimensi. Grafis ini bisa dihasilkan secara manual  melalui gambar, tulisan, ukiran, dan sebagainya) atau bisa juga diproduksi secara digital melalui komputer yang dilengkapi dengan teknologi grafis. Di dalam multimedia, grafis ini digunakan untuk memperjelas suatu informasi tertentu yang disajikan dalam bentuk diagram dan gambar.

  • Audio

Audio merupakan salah satu elemen multimedia yang dapat dirasakan oleh indera pendengaran para penggunanya. Audio ini sering muncul dalam bentuk pidato, sound effect untuk menambah kesan tertentu.

  • Animasi

Elemen multimedia yang satu ini merupakan ilusi gerakan yang tercipta dari gambar-gambar dengan elemen serupa yang disusun secara berurutan. Animasi ini biasa digunakan untuk menyajikan informasi secara lebih menarik dan mudah.

  • Video

Elemen terakhir dalam multimedia ini merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk menangkap, merekam, memproses, menyebarkan, serta mengkonstruksi gambar yang bergerak. Video berbeda dengan animasi. Apabila dibandingkan, video cenderung lebih realistis.

            Di bidang apa multimedia diterapkan ?

           Multimedia bisa digunakan di dalam berbagai ranah, sesuai dengan kebutuhan para penggunanya. Terdapat beberapa bidang, yakni :

  • Industri Kreatif

Di dalam industri kreatif, multimedia digunakan untuk memenuhi beberapa tujuan seperti kesenian, untuk hiburan, jurnalistik, dan sebagainya. Di dalam bidang ini, sangat dimungkinkan untuk seorang desainer multimedia mengemangkan karirnya sesuai dengan keahlian teknis, analisis, serta kreativitasnya.

  • Komersial

Banyak media elektronik kini menggunakan multimedia di dalam iklan komersial. Hal ini dirasakan penting karena presentasi yang menarik bisa menarik  dan menjaga perhatian khalayak. Sehingga, banyak sekali industri serta bisnis dikembangkan dari firma layanan kreatif.

  • Entertainment and Fine Arts

Multimedia saat ini sering digunakan di dalam industri hiburan, khususnya untuk mengembagkan efek khusus dalam film dan animasi. Selain itu, kini juga tersedia video games yang menggunakan fitur multimedia.

  • Edukasi

Di dalam bidang ini, multimedia kerap digunakan untuk memproduksi computer based training coursesatau sering dikenal dengan CBTs. CBTs  ini berisi tulisan tentang beberapa hal, serta ilustrasi yang mendukung. Proses pembelajaran dengan menggunakan multimedia ini sering disebut edutainment karena proses pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

  • Industri

Bidang ini menggunakan multimedia untuk menampilkan informas kepada para pemangku kepentingan (stakeholders), menyediakan pelatihan karyawan, iklan, dan penjualan barang ke seluruh dunia dengan basis website.

  • Kesehatan

Dokter bisa berlatih operasi secara virtual, melakukan simulasi terhadap tubuh manusia yang terkena efek dari suatu penyakit yang disebarkan oleh virus dan bakteri, lalu mengembangkan teknik untuk mencegah hal-hal tersebut.

           Belajar  dan Multimedia

Belajar. Kata tersebut merupakan sesuatu yang kita lakukan dari kecil hingga kapanpun. Belajar pun dibagi menjadi dua, yakni belajar secara formal (proses pembelajaran dilakukan di sebuah institusi pendidikan tertentu),  dan belajar non formal (proses pembelajaran mengandalkan lingkungan sekitar). Apabila kita berbicara tentang proses belajar formal, terdapat 12 tahun wajib belajar dan ada tambahan pendidikan di bangku perkuliahan apabila beruntung. Tentu saja, selama bertahun-tahun belajar para siswa memiliki titik jenuhnya. 

Oleh karena itu, dikutip dari liputan6.com,Muhammad Iman Usman mendirikan sebuah situs bernama ruangguru.com pada tahun 2014,yakni sebuah sarana bertemunya para guru dan murid sehingga proses pembelajaran bisa berlangsung lebih menyenangkan.  Menyenangkan karena seluruh materi serta kuis yang disediakan di dalam situs ini menggunakan peranan multimedia di dalamnya sehingga para siswa bisa menyerap materi dengan lebih mudah. Di dalam ruang guru ini terdapat beberapa elemen multimedia  yang digunakan seperti teks,  ilustrasi yang menarik, video guru yang  mengajarkan materi, serta audio yang ditampilkan melalui backsound serta suara guru yang sedang mengajar.  Para siswa juga bisa memilih kelas dan materi apa yang dibutuhkan. 

Video :


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun