Mohon tunggu...
Nesa Aulia Putri
Nesa Aulia Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Saya suka menonton film

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Kelas 3 SDN Losari, Singosari, Kota Malang

2 Januari 2025   20:49 Diperbarui: 3 Januari 2025   08:54 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama siswa kelas 3 SDN Losari, Singosari, Malang 

Karakter kerjasama dan gotong royong merupakan salah satu nilai utama budaya Indonesia yang penting untuk ditanamkan sejak dini. Penelitian yang dilakukan oleh Nesa Aulia Putri Mahardika dengan NIM 240342603899 beserta tim nya yang beranggotakan Ahmada Anandira Matin, Arjuna Ilham Saputra, Aura Fahma Maulidya, Devita Nisa Pravita Sari, dan Zalfa Salsabila Putri, Mahasiswa S1 Biologi Universitas Negeri Malang, ini membuktikan efektivitas Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan karakter kerja sama siswa kelas 3 SD. Penelitian ini dilakukan di bawah bimbingan dosen pengampu mata kuliah umum Pendidikan Pancasila, Dr. Sri Untari, M.Si.

Penelitian dimulai dengan penyampaian materi tentang pengelompokan hewan, metamorfosis, cara berkembang biak, dan ekosistem menggunakan media seperti presentasi PowerPoint. Penyampaian ini memberikan landasan bagi siswa untuk memahami konsep-konsep dasar sebelum memasuki sesi permainan.

Penyampaian materi di ruang kelas
Penyampaian materi di ruang kelas

Model TGT yang digunakan dalam penelitian ini memadukan unsur permainan seperti tebak gambar hewan, bisik berantai, dan puzzle ekosistem. Permainan-permainan tersebut melatih siswa untuk bekerja sama, saling membantu, serta menghargai perbedaan yang merupakan nilai-nilai yang mencerminkan semangat Pancasila. Menurut tim peneliti, permainan tebak gambar hewan melatih kreativitas dan komunikasi nonverbal siswa. Permainan bisik berantai meningkatkan konsentrasi serta kemampuan komunikasi, sementara puzzle ekosistem memperkuat pemahaman tentang hubungan makhluk hidup dengan lingkungan.

Hasil permainan puzzle ekosistem 
Hasil permainan puzzle ekosistem 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT menciptakan suasana belajar yang aktif, menyenangkan, dan kolaboratif. Setiap siswa memiliki peran dalam kelompok, yang membantu menumbuhkan semangat gotong royong serta rasa tanggung jawab. Sebagai bagian dari kegiatan ini, kelompok pemenang diberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi. Pemberian hadiah ini tidak hanya memotivasi siswa untuk berprestasi tetapi juga menanamkan nilai sportivitas.

Pemberian hadiah kepada kelompok pemenang 
Pemberian hadiah kepada kelompok pemenang 

Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT dapat menjadi alternatif yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan karakter siswa. Guru diharapkan dapat mengadopsi metode ini dalam proses belajar mengajar untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif dan bermakna. Setelah itu penutupan dilakukan dengan foto bersama  dan doa penutup bersama siswa-siswi SDN Losari dan Mahasiswa Univeristas Negeri Malang, juga dilanjutkan sesi foto bersama ibu guru dan Kepala Sekolah SDN Losari, Singosari.

Foto bersama kepala sekolah dan tenaga pengajar SDN Losari, Singosari 
Foto bersama kepala sekolah dan tenaga pengajar SDN Losari, Singosari 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun