RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Satuan Pendidikan          : SDN 200 Miallo
Kelas / Semester            :  5 /2
Tema                    :  Peristiwa dalam Kehidupan  (Tema 7)
Sub Tema                 :  Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan  (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Pembelajaran ke            :  1
Alokasi waktu             :  1 hari
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Melalui media animasi sifat-sifat beda, peserta didik dapat menjelaskan sifat-sifat benda padat, cair, dan gas dengan baik.
SUMBER BELAJAR
1. Aplikasi Whatsapp
2. Buku panduan pegangan guru tematik kurikulum 2013 kelas 5 Tema 7Â
3. Buku Peserta didik tematik 2013 kelas 5 tema 7
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Â
KegiatanÂ
Deskripsi Kegiatan
Pendahuluan
- Guru memulai dengan kegiatan rutin membuka kelas (salam, berdoa, dsb) dan memberikan pesan-pesan harian menggunakan platform daring yang dipilih serta mengingatkan kembali 3 M.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Kegiatan Inti
Minta peserta didik untuk:
- Mengamati atau menonton video animasi sifat-sifat benda padat, cair, dan gas.
- Membuat pertanyaan bebas yang terkait dengan sifat-sifat benda padat, cair, dan gas
- Mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan bebas tersebut sesuai dengan video yang ditontonnya untuk selanjutnya menemukan jawaban atas pertanyaan bebas
- Menjelaskan secara singkat hasil pengamatan dari pertanyaan yang mereka ajukan.
- Menyampaikan hasil/jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan terhadap video sifat-sifat benda padat, cair dan gas.
- Untuk Peserta didik yang belum bisa menjelaskan sifat-sifat benda padat, cair, dan gas dengan baik, guru akan melakukan bimbingan individual dengan kembali menjelaskan sifat-sifat benda padat, cair, dan gas yang ada pada video animasi dengan menggunakan bahasa yang lebih sederhana yang dilengkapi dengan script (running text). (Guru melakukan diferensiasi proses)
- Sebagai produk pembelajaran, Peserta didik kemudian diminta untuk menjelaskan dalam bentuk rekaman audio/video terkait sifat-sifat benda padat, cair, dan gas dengan bahasa mereka. (Guru melakukan diferensiasi produk berdasarkan kesiapan/readiness)
- Peserta didik yang sudah bisa menjelaskan sifat-sifat benda padat, cair, dan gas dapat mengirimkan tugas dalam bentuk rekaman audio atau video melalui aplikasi WA.
- Peserta didik yang belum bisa menjelaskan dengan lancar, diberikan tugas oleh guru dalam bentuk gambar benda padat, cair, dan gas yang disertai dengan keterangan sifat-sifat benda sesuai gambar. Gambar tersebut diacak dan peserta didik menyusun sesuai dengan urutan yang tepat terkait dengan sifat-sifat benda padat, cair, dan gas.
- Peserta didik dapat mengirimkan pekerjaan kepada guru melalui aplikasi WA. Pekerjaan tertulis Peserta didik dapat di foto, dan penjelasan lisan dapat direkam melalui fungsi rekaman suara atau video
Kegiatan Penututp
Guru memberikan umpan balik / refleksi kepada Peserta didik.
Guru menutup pembelajaran sesuai dengan prosedur rutin (salam, terima kasih, doa, dan peringatan kebiasaan 3 M).
Â
PENILAIAN
Sikap          :   Observasi terhadap sikap komitmen dan kedisplinan Peserta didik dalam menyelesaikan dan mengirim tugas
Pengetahuan    :   Menunjukkan pemahaman peserta didik tentang benda padat, cair, dan gas dengan baik.
Rubrik:
Aspek
3
2
1
Menjelaskan sifat-sifat benda
Menjelaskan semua sifat-sifat benda secara lengkap dan benar
Menjelaskan sebagian sifat-sifat benda dengan benar
Belum menjelaskan sifat-sifat benda dengan benar
Keterampilan    :   Menyajikan rekaman audio/video dan atau gambar terkait sifat-sifat benda padat, cair dan gas
Rubrik Audio/video
Aspek
3
2
1
Hasil rekaman audio/video
Rekaman audio/video jelas
Rekaman audio/video kurang jelas
Rekaman audio/video tidak jelas
Rubrik Gambar acak
Aspek
3
2
1
Kesesuaian gambar dan keterangannya
Gambar bedan sesuai dengan sifat-sifatnya secara kengkap
Gambar bedan sesuai dengan sifat-sifatnya namun belum kengkap
Gambar bedan belum sesuai dengan sifat-sifatnya
      Â
       Mengetahui                                  Miallo, 19 Februari 2022
       Kepala Sekolah                               Guru kelas
      Â
       Semuel Sarangnga, S.Pd                        Neptianus Stepanus Podi, S.Pd
       NIP 197012251993071001                     NIP 198711082019031006
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H