Mohon tunggu...
NENY TRIYANA
NENY TRIYANA Mohon Tunggu... Guru - Guru

Berbagi Kebaikan, memasak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice _ neny triyana, S.Pd _PPG Daljab Angkatan 3 Thn 2023 Model TGT

6 Februari 2024   01:06 Diperbarui: 14 Februari 2024   04:12 156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Nama  Mahasiswa : Neny Triyana, S.Pd

NIM : 23021141446

Mahasiswa PPG UNIPMA

 

BEST PRACTICE

Menggunakan Metode STAR

(Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak)

Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Penerapan

Model Pembelajaran Teams Games Tournament pada Materi Ukuran Pemusatan Data

Di SMP Negeri 4 PenukaI Utara

  • Pendahuluan  
    • Kondisi yang menjadi latar belakang masalah yang saya ambil yaitu berdasarkan pengamatan saya sebagai guru mata pelajaran matematika di SMP Negeri 4 Penukal Utara diketahui bahwa motivasi belajar siswa masih rendah dalam pembelajaran matematika materi Ukuran Pemusatan Data. Siswa juga mengalami kesulitan untuk menganalisis ukuran pemusatan data tunggal terutama data yang berbentuk tabel. Kondisi tersebut dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa, faktor lingkungan sosial dan keluarga yang belum mendukung, dan ditambah guru belum optimal dalam menggunakan model dan media pembelajaran inovatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
    • Best practice (praktik baik) ini penting dibagikan agar pembelajaran yang dilakukan oleh guru di dalam kelas menjadi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika materi ukursn pemusatan data serta menjadi upaya dalam memberikan pembelajaran yang bermakna kepada siswa. Selain itu, hal ini menjadi penting karena untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan model pembelajaran inovatif pada pembelajarannya di kelas dan dapat juga menjadi referensi/ acuan dan inspirasi bagi guru lain untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran.
    • Dalam kegiatan PPG ini, peran saya dalam melaksanakan aksi PPL 2 yang ternyata menjadi alternatif solusi bagi masalah-masalah yang saya hadapi. Tanggung jawab saya sebagai guru mata pelajaran matematika adalah mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi ukuran pemusatan data.
  • Pembahasan
    • Setelah melakukan analisis terhadap kajian literatur dan wawancara dengan rekan sejawat, dan kepala sekolah, maka beberapa tantangan untuk mencapai tujuan tersebut antara lain : rendahnya motivasi peserta didik., faktor lingkungan sosial dan keluarga yang belum mendukung, guru belum melakukan pembelajaran interaktif dan menyenangkan., guru belum mengoptimalkan aplikasi pembelajaran yang mendukung kegiatan belajar mengajar
    • Dalam menghadapi tantangan ini guru melibatkan beberapa peran, yaitu Dosen pembimbing dan guru pamong PPG Dalam Jabatan Angkatan 3 Universitas PGRI Madiun, Kepala SMP Negeri 4 Penukal Utara, Rekan guru di SMP Negeri 4 Penukal Utara dan Siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 4 Penukal Utara.
    • Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain identifikasi masalah yang ada di dalam kelas., eksplorasi penyebab masalah yang dihadapi di dalam kelas. penentuan penyebab masalah. masalah yang terpilih diangkat dan digunakan sebagai dasar dalam membuat rencana aksi.
    • Strategi yang digunakan guru menggunakan model pembelajaran inovatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas, yaitu model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), guru memanfaatkan video animasi dari youtube sebagai media pembelajaran matematika, membuat bahan ajar, dan memanfaatkan LKPD
    • Proses dan siapa saja yang terlibat yaitu kegiatan rencana aksi di desain dengan sebaik mungkin menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang inovatif agar para siswa lebih memahami materi. Dalam pelaksanaannya siswa sangat antusias dan bersemangat dengan kegiatan pembelajaran hari itu. Mula-mula saya menyuruh berdoa bersama supaya mendapat ridha dari Allah SWT, sehingga ilmu yang didapatkan bisa memberi manfaat ke diri sendiri dan orang lain dan sebagai perwujudan dari dimensi Profil Pelajar Pancasila Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia, dilanjutkan dengan melakukan ice breaking agar tambah semangat, menyampaikan apersepsi dan manfaat pembelajaran menggunakan video, menyampaikan tujuan pembelajarannya, menyampaikan langkah-langkah model pembelajaran TGT kemudian memasuki tahapan model pembelajaran TGT yaitu tahap pertama presentasi kelas/penyajian kelas, tahap kedua pembentukan teams, dilanjutkan dengan tahap ketiga games, tahap keempat tournament dan tahap kelima yaitu tahap recognition atau penghargaan kelompok. Dalam mengerjakan evaluasi siswa juga sangat antusias mengerjakan evaluasi tersebut dan dapat dikerjakan dengan baik dan tepat waktu. Rata-rata siswa sudah memahami materi yang telah disampaikan. Hal ini dapat dilihat dari analisis data persentase hasil penilaian pengetahuan individu berikut:

Dari hasil pekerjaan individu didapat:

Siswa yang mendapat nilai 65 sebanyak 2 siswa (10%)

Siswa yang mendapat nilai 70 sebanyak 3 siswa (15%)

Siswa yang mendapat nilai 75 sebanyak 2 siswa (10%)

Siswa yang mendapat nilai 80 sebanyak 4 siswa (20%)

Siswa yang mendapat nilai 85 sebanyak 5 siswa (25%)

Siswa yang mendapat nilai 89 sebanyak 2 siswa (10%)

Siswa yang mendapat nilai 90 sebanyak 2 siswa (10%)

Dari hasil diatas didapat:

18 Siswa (90%) Sudah mencapai tujuan pembelajaran tidak perlu remedial

2 Siswa (10%) belum mencapai tujuan pembelajaran dan dapat dilakukan remidial

Dimana Interval Penilaian, nilai dibawah 70 Belum mencapai tujuan pembelajaran perlu remedial. Nilai 70-100 Sudah mencapai tujuan pembelajaran dan dapat dilakukan pengayaan.

Pada aksi ini, perangkat yang saya gunakan antara lain ; laptop, LCD, Proyektor, speaker, tripod, spidol, dan papan tulis. Saya juga meminta bantuan kepada teman sejawat untuk mengambil video pada saat pembelajaran. 

Sumber daya perlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah : pengetahuan mengenai model pembelajaran Team Games Tournament (TGT), penyusunan media pembelajaran melalui aplikasi Canva yang kemudian diubah menjadi PPT dan video youtube, penyusunan bahan ajar dan LKPD .penyusunan soal.

  • Kesimpulan
    • Dampak dari rencana aksi yang sudah dilakukan pada PPL Aksi 2 tanggal 25 Januari 2024 yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi ukuran pemusatan data. Selain itu pemahaman siswa tentang materi tersebut sangat baik.
    • Hasil dari rencana aksi yang sudah dilakukan hasilnya sangat efektif. Hal ini dikarenakan didukung oleh model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, media pembelajaran yang inovatif, dan kegiatan pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa, dan menumbuhkan tanggung jawab, kerjasama dan persaingan sehat antar kelompok.
    • Respon siswa terkait strategi yang dilakukan menunjukkan respon yang baik. Siswa merasa antusias dan semangat  dengan kegiatan pembelajaran menggunakan strategi tersebut karena mengandung unsur games yang menumbuhkan kerjasama, dan persaingan sehat antar kelompok.
    • faktor yang menjadi keberhasilan/ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan yaitu: persiapan rencana aksi yang telah disusun secara terukur dan terstruktur melalui proses PPG, komunikasi yang baik antara guru, siswa, teman sejawat, dan stakeholder yang berperan, esiapan siswa untuk turut membantu dan berpartisipasi pada praktik yang dilakukan meskipun waktu pulang sekolah masih berada di sekolah, teman sejawat yang selalu membantu dalam persiapan ruangan, dan perekaman video serta cuaca yang baik dan tidak terjadinya pemadaman Listrik
  • Daftar Pustaka 

S Alfiah dkk.2021. Analisis penyebab rendahnya motivasi belajar dalam pembelajaran ips pada peserta didik kelas V sekolah dasar

https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/viewFile/49328/30667 

Hamzah K Yolan.2021. Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa SMA Negeri 2 Gorontalo

https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/issue/view/52

Website Universitas PGRI Madiun (url : https://unipma.ac.id)

Website Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Madiun (url : https://ppg.unipma.ac.id)

Website Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun (url : https://fkip.unipma.ac.id)

Website Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas PGRI Madiun (url : https://pmb.unipma.ac.id)

Sistem Informasi Manajemen Universitas PGRI Madiun (url : https://sim.unipma.ac.id)

Laman Akreditasi Universitas PGRI Madiun (url : https://akreditasi.unipma.ac.id) 

Untuk lebih jelasnya langsung ke Link berikut :https://drive.google.com/file/d/1JpDaf6tjRW0YX0AaafQ3hzY3qd2n7IMd/view?usp=sharing atau https://drive.google.com/file/d/1VkDb5M-x_hIQYsc-OKR2DKV7Lz49UCL3/view?usp=sharing

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun