Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

K-Playlist Annual Community Award (KACA) Meriah! Inilah Para Pemenangnya!

6 Maret 2024   19:50 Diperbarui: 6 Maret 2024   19:50 292
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
      Jennifer Heryanto, Co-Founder K-Playlist saat menyerahkan award (dokumen pribadi)

Di Indonesia, siapa yang tidak familiar dengan K-Pop? Popularitas K-Pop ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Mulai dari generasi 3 seperti BTS, BLACKPINK, NCT, SEVENTEEN sampai generasi 4 seperti Stray Kids, ENHYPEN, NewJeans, dan banyak lagi.

Kehadiran KPop Group ini tidak terasa melahirkan komunitas berbagai fandom, sebutan untuk Korean Pop atau  fans K-Pop di Indonesia. Sebagaimana diketahui, Indonesia sendiri menjadi negara dengan jumlah penggemar K-Pop terbesar di dunia.

Maka tidak heran, jika para K-popers ini telah menunjukkan minat yang semakin besar pada produk yang lebih eksklusif dan langka. Mereka akan terus "mengawalnya".  Terlebih jika bekerja sama dengan K-Pop idola mereka.

Melihat begitu banyaknya fans K-Pop Group mendorong sejumlah brand Indonesia melirik K-Pop Group dan berkolaborasi agar bisa lebih dekat dengan fans K-pop. Sebut saja Ultra Milk yang berkolaborasi dengan Stray Kids asal JYP Entertainment. Kolaborasi dengan Stray Kids --  Bangchan, Hyunjin, Felix, Lee Know, I.N, Han, Changbin, Kim Woojin, dan Seungmin, tentu saja disambut riuh STAY(sebutan untuk penggemar Stray Kids).

Tidak ketinggalan Oreo yang menggandeng BLACKPINK dengan menghadirkan produk khusus edisi OREO x BLACKPINK. Siapa yang tidak tergila-gila dengan girl band asal Korea itu. Kehadirannya berhasil mencuri perhatian masyarakat sejak awal kolaborasi ini diluncurkan dengan biskuit isi krim khas OREO namun berwarna pink.

K-Playlist adalah salah satu komunitas fans Korea terunggul di Indonesia yang menaungi lebih dari 20 fan base. Sebagai bentuk apresiasi terhadap kolaborasi yang sudah dilakukan para brand dengan menggandeng K-Pop Group, K-Playlist mengadakan K-Playlist Annual Community Award (KACA) tahun 2023.

Perayaan yang dihelat Rabu 28 Februari 2024 sore di Main Atrium The Forum Mall Kelapa Gading 3, Kelapa Gading, Jakarta Utara, itu sangat meriah.

Co-Founder K-Playlist, Jennifer Heryanto, mengatakan para pemenang dipilih oleh seluruh Korean Fan Community K-Playlist melalui mekanisme voting. Tentu saja ada beberapa tahap yang dilalui.

Tahap pertama adalah survey kepada 400 K-Pop Community Leaders dari berbagai fandom. Hasilnya terpilih top 5 brand dengan vote terbanyak dari total 10 brand yang berkolaborasi dengan K-Pop di tahun 2023.  

"K-Playlist sendiri selain K-Pop Fan Community, kita juga manage kerja sama brand ambassador dan lisensi produk dengan Top K-Pop Group. Untuk komunitas fans sendiri, kita manage lebih dari 20 fan community, dengan event berkala baik itu online maupun offline," terangnya.

      Jennifer Heryanto, Co-Founder K-Playlist saat menyerahkan award (dokumen pribadi)
      Jennifer Heryanto, Co-Founder K-Playlist saat menyerahkan award (dokumen pribadi)

Adapun para pemenang Brand X K-Pop Collaboration of the Year tahun 2023, disebut juga sebagai Bonsang Award dalam ajang penghargaan Korea adalah:

1. OREO X BLACKPINK
2. Ultra Milk X Stray Kids
3. TosTos X NCT Dream
4. BNI Tapcash X SN Entertainment
5. Nabati X ENHYPEN

General Manager Retail Product and Partnership BNI, Mesah Roni Ginting, mengaku bahagia sekaligus bangga bisa meraih penghargaan KACA 2023. Pihaknya tidak menyangka kolaborasi dengan K-Pop Group terkenal mendapat apresiasi yang luar biasa dari fandom.

"Kami sangat terhormat sekali. Terima kasih buat KACA yang sudah memberikan apresisasi buat BNI. Tentunya ini jadi motivasi buat kami untuk lebih baik lagi dan berkolaborasi dengan Grup K-Pop yang lain di 2024," ucapnya.

Dedi (Dua Kelinci Ecommerce Manager) dan April (Dua Kelinci TosTos Digital Manager) yang hadir menerima penghargaan juga tidak menyangka bakal meraih KACA Award 2023 untuk Tos Tos X NCT DREAM, bahkan menjadi salah satu dari lima terbesar.

"Banyak collab yang lebih lama dikenal daripada kita dan lebih besar, dan kita dipercaya dan ngga nyangka aja bisa jadi salah satunya," ucap keduanya dengan senyum lebar.

Pihaknya menyadari group band NCT DREAM memiliki kekuatan yang bukan kaleng-kaleng. Terlihat di awal launching membuat valuenya lebih baik. Padahal, brand ini juga termasuk baru.  Ketika menggandeng NCT DREAM  jadi dikenal lebih luas lagi. Engagement di sosial media jadi naik setiap post tentang NCT DREAM.

Lisa Sukmawati, Assistant Brand Manager Nabati, pun demikian, sama terkejutnya kolaborasi dengan ENHYPEN membuahkan penghargaan. 

"Untuk ENGENE, thank you so much buat antusiasme dan support-nya, thank you udah buat challenge dan hunting produk kami. Pokoknya nantiin terus keseruan kolaborasi ENHYPEN bersama nabati. Bakal banyak kejutan-kejutan lainnya buat semua ENGENE di Indonesia," katanya berapi-api.

Sementara itu, untuk kategori Best Brand Collaboration of the Year atau Daesang Award dimenangkan oleh Ultra Milk X Stray Kids. Penentuan pemenang dipilih melalui voting terbuka untuk umum pada 15-25 Februari 2024.

"Pemenang untuk Best Brand Collaboration of the Year adalah... Ultra Milk X Stray Kids!" seru bintang tamu boy band NEVEL saat membacakan kategori Daesang Award tersebut, yang disambut tepuk tangan riuh para STAY--sebutan bagi para penggemar setia Stray Kids.

Brand Manager Ultra Milk, Radityo Egytiandono, tidak membayangkan bisa meraih dua penghargaan sekaligus. Padahal, berkolaborasi dengan Stray Kids murni ingin memberikan inspirasi dan motivasi bagi anak muda Indonesia. Kolaborasi ini sebagai bentuk komunikasi Ultra Milk dengan generasi bangsa Indonesia. Tidak pernah terpikirkan mengharap mendapatkan award.

"Sebagai brand tentu bangga dan merasa termotivasi untuk bisa terus memberikan program-program yang terbaik untuk STAY dan masyarakat Indonesia, terutama kolaborasi Ultra Milk dengan Stray Kids," ucapnya usai menerima penghargaan.

Noraebang bareng boy band Indonesia, NEVEL (dokumen pribadi)
Noraebang bareng boy band Indonesia, NEVEL (dokumen pribadi)

Noraebang Bareng

Sudah bisa diduga ajang perayaan Brand Collaboration of the Year ini semakin meriah dengan kehadiran para fandom atau penggemar K-Pop Group dari berbagai komunitas. Mereka terlihat antusias dan energik. Beberapa ada yang membawa slayer K-Pop idola. 

Pokoknya, apa saja yang berkaitan dengam K-Pop Group pasti dipenuhi para fandom. Ibarat kata pepatah "Ada gula ada semut".

Kehadiran boyband Indonesia, NEVEL, beserta Chris Noel, dan Vanesya menambah semangat para fandom untuk bernyanyi bersama atau Noraebang. Nevel yang beranggotakan 7 orang terdiri dari Rizki, Jeremy, AB, Yulius, Zhi, Steve, dan Dearyl tampil energik membawakan lagu-lagu dari K-Pop Group seperti NCT Dream, BLACKPINK, dan SEVENTEEN yang membuat para fandom berteriak histeris.

Lirik lagu setiap grup K-Pop terpampang bergantian di layar televisi raksasa. Mereka pun turut bernyanyi sambil nge-dance mengikuti irama dan hentakan lagu. Dibarengi dengan teriakan histeria. Seperti tidak ada habisnya energi yang dikeluarkan mengingat usai satu lagu lanjut ke lagu berikutnya tanpa jeda. Energi mereka tetap fower full!

Hingga acara tuntas pada pukul 21.00 WIB senyum-senyum bahagia terus mengembang dari bibir-bibir para fandom dibarengi tawa lepas. Seolah-olah dunia K-Pop hanya milik mereka. Ya, milik mereka!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun