Sudah lama tidak menginjakkan kaki ke Plaza Atrium, Senen, Jakarta Pusat. Lupa terakhir ke sini itu kapan. Ketika Sabtu 1 Oktober 2022, diajak ke salah satu pusat perbelanjaan yang berdiri sejak 21 Agustus 1992 itu, jadi antusias juga.
Bagaimana tidak. Sudah 30 tahun lamanya Plaza Atrium berdiri. Meski terbilang mal lama, namun masih menjadi destinasi favorit bagi masyarakat, terutama yang berdomisili di Jakarta Pusat.
Bisa jadi karena nilai sejarahnya itu. Menjadi superblok pertama di Jakarta yang berdiri di kawasan komersial terpadu. Terdiri dari mall, ruko, hotel bintang empat, dan gedung perkantoran
Lokasinya juga sangat strategis, dekat dengan Terminal Senen dan Stasiun Senen, sehingga sangat mudah untuk bisa ke sini. Tidak begitu jauh juga dari Stasiun Cikini dan Stasiun Gondangdia.
Atrium Plaza Senen sering disebut kawasan "Segitiga Senen" karena diapit oleh jalan Raya Senen dan jalan Pasar Senen, Kelurahan Senen, kecamatan Senen, Jakarta Pusat.
Mengusung konsep family mall, Plaza Atrium diisi oleh lebih dari 1000 tenant dalam kategori bervariasi yang dapat memberikan kepuasan berbelanja dan memenuhi kebutuhan lifestyle keluarga.
Nah, Plaza Atrium Senen kehadiran gerai baru. Namanya 3Second. Sudah seminggu ini brand fashion lokal kebanggaan warga Bandung, Jawa Barat, ini meramaikan hari-hari Plaza Atrium Senin. Sabtu 1 Oktober 2022, gerai ini grand opening.
Sama seperti halnya dengan Plaza Atrium Senen yang mengusung konsep family mall dengan one stop solution, 3Second juga mengusung konsep yang sama, family store yang one stop solution. Apa saja kebutuhan lifestyle keluarga ada di sini.
Kehadiran 3Second yang lahir pada 1996 ini menjadi gerai yang ke-54 selama 3Second berdiri. Tapi, outletnya sudah ada di mana-mana. Kalau ditotal ada sekitar 200 outlet di seluruh Indonesia. Namun, sejatinya gerak usaha ini dimulai jauh sebelum 3Second hadir.
Brand lokal ini pada Maret lalu diundang oleh Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) untuk mengikuti gelaran fashion di Paris bertajuk GEKRAFS Paris Fashion Show during (at) Paris Fashion Week 2022 yang digelar oleh Gekrafs dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Ditemui di sela grand opening, Head Promotion 3 Second, M. Dadan Sofyan, menjelaskan, gerai ini mengusung konsep keluarga yang memang berbeda ketika di awal berdiri.
"Sebelumnya 3second dikenal sebagai brand fashion untuk remaja. Nah, mereka yang dulu saat membeli produk 3Second masih remaja, saat ini pasti sudah berkeluarga dan punya anak. Kami ingin mereka bisa tetap dapat menggunakan brand 3Second meski sudah tidak lagi remaja," katanya.
Pelanggan yang sudah berkeluarga dan memiliki anak ini menjadi poin penting dari pengembangan bisnis 3Second. Karena itu, 3Second mulai menggarap pasar fashion bagi anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Tentu saja dengan tetap mempertahankan ciri khas sebagai brand anak muda.
Konsep one stop solution dimaksudkan saat pelanggan ingin memenuhi kebutuhan fashionnya juga bisa juga sekaligus memenuhi kebutuhan anak-anaknya dan pasangannya atau keluarganya.
"Kami hanya ingin mengakomodir pelanggan 3Second yang memang sudah menggemari produk kami sejak awal diluncurkan," katanya.
Jadi, keluarga tidak perlu lagi pusing mencari gerai lain untuk memenuhi kebutuhan fashion keluarga. Ibarat pepatah sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Cukup di satu tempat dua tiga kebutuhan fashion keluarga bisa didapatkan.
Hal itu juga sejalan dengan filosofi nama 3Second sendiri. Maknanya, bahwa hanya dalam hitungan 3 detik para pengunjung diharapkan dapat tertarik akan produk lokal yang dihasilkan oleh 3 Second.
"Filosofinya begini. Pengunjung kan biasanya kalau dengan keluarga suka pusing saat memilih banyak produk, nah kalau ke 3Second itu sekali lirik hanya dalam hitungan 3 detik bisa langsung jadi ingin membeli," jelasnya.
Sementara itu, Feny, Public Relation Atrium Plaza Senen menyambut gembira dibukanya gerai 3Second. Terlebih dengan kehadiran membawa brand-brand lokal kebanggaan Indonesia.
Ia yakin kehadiran 3Second dapat meningkatkan traffic kunjungan masyarakat ke Atrium Plaza Senen. Di saat pandemi Covid-19 sudah melandai diharapkan dapat menggerakkan kembali geliat ekonomi masyarakat.
"Kahadirannya juga pasti akan membuat traffic pengunjung Atrium Plaza Senen semakin berwarna. Terlebih brand lokal ini juga menghadirkan beragam fashion untuk anak, remaja, dan dewasa," tuturnya.
Mulai dari busana untuk anak, remaja dan dewasa, pakaian casual, busana muslim, sepatu, sandal, topi, jam tangan, jaket, dompet, tas, serta aksesoris lainnya.Â
"3Second store Plaza Atrium Senen ini dapat menjadi pilihan utama untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, sambil berbelanja memenuhi kebutuhan fashion agar semakin up to date dan stylist," tambahnya.
Selama masa grand opening, 3Second menawarkan banyak promo-promo menarik seperti special diskon hingga 50% untuk pelanggan yang berbelanja langsung ke store 3Second store Plaza Atrium Senen lantai 2.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H