Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Ikan Patin Kuah Kuning, Sedap Menggugah Selera

7 Mei 2022   13:34 Diperbarui: 7 Mei 2022   13:35 382
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari keenam lebaran. Mau masak apa? Bingung juga. Saya pun ke depan kompleks Permata Depok. Melihat-lihat kira-kira apa yang bisa saya masak. Tentu saja yang disukai suami dan anak-anak.

Syukurlah, masih ada pedagang ikan basah. Ada udang, ada cumi, ikan bandeng, ikan patin, ikan bawal, ikan kembung, kerang, ikan teri, ikan gurame, ikan mujaer, ikan nila, dan beberapa yang lain.

Setelah berpikir-pikir, saya pun membeli seekor ikan patin jumbo seharga Rp25.000. Kalau saya timbang sih beratnya sekitar 500 gram. Saya juga beli satu ekor ikan bawal seharga Rp20.000. 

Kalau di pedagang sayuran, saya beli 2 bungkus cumi asin, yang sebungkusnya seharga Rp9000. Beli 2 ikat kangkung Rp4000. 

Tidak lupa beli bawang merah Rp3000, bawang putih Rp3000, cabai merah Rp3000, cabai hijau Rp3000, tomat hijau Rp3000.

Tidak ketinggalan beli cabe rawit setan Rp5000, dua ikat daun kemangi Rp2000  mentimun Rp2000, bumbu seperti daun salam, sereh, daun jeruk, jahe, lengkuas Rp2000. 

Sudah. Cukuplah buat masak hari ini. Setidaknya untuk enam mulut. Murah meriah kan? Yang penting bergizi hehehe...

Rencananya, saya mau bikin ikan patin kuah kuning dan bawal panggang dengan sambal kecap. 

Kalau kangkung ditumis saja dan cumi asin saya bumbui cabe hijau saja. Bikin sambal deh dengan lalapan mentimun. Ini yang tidak boleh terlewatkan. 

Nah untuk ikan patin kuah kuning, bahan-bahan yang diperlukan:
500 gram ikan patin
2 lembar daun jeruk
1 ruas jahe
1 ruas lengkuas
1 batang sereh
1 buah tomat
1 sdt ketumbar
5 bawang merah
4 bawang putih
2 cm kunyit
2 kemiri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun