Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Hubungan Menstruasi dengan Kanker Payudara

19 Maret 2022   13:13 Diperbarui: 24 Maret 2022   22:07 3279
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto: shutterstock via kompas.com

Sudah empat tahun ini saya tidak menstruasi. Ini efek dari obat tamofen yang saya minum. Obat yang dikhususkan bagi pasien kanker payudara. 

Obat ini harus saya minum selama 5 tahun guna menekan risiko kekambuhan dan kematian. Saya minum obat ini sejak 2018.

Obat ini sendiri berfungsi untuk menghancurkan sel kanker yang masih ada yang tidak terbunuh pada perawatan awal.

Selain itu, menghentikan hormon estrogen dan progesterone yang menjadi "sumber makanan" sel kanker. Karena itu, obat terapi hormon ini untuk menghambat atau membuang hormon.

Itu sebabnya, sejak saya mengonsumsi obat ini, saya tidak mengalami menstruasi, yang memproduksi hormon esterogen.

Lalu, tiba-tiba saja saya menstruasi, pada Rabu, 16 Maret 2022, setelah bertahun-tahun "menopause".

Jelas saya kaget. Kata suami, bagus dong, berarti saya masih subur. Tapi saya tetap saja penasaran. Kenapa bisa? Berbahaya tidak buat saya?

Kebetulan, Kamis, 17 Maret 2022, jadwal saya kontrol ke dokter spesialis bedah dan onkologi di salah satu rumah sakit swasta di Depok. Saya sampaikan kondisi saya. Dokter heran juga ternyata.

"Berarti ibu memang belum menopause, tapi menstruasi ibu harus dihentikan. Ini seharusnya nggak boleh terjadi. Ini sesuatu yang sangat disukai oleh sel kanker," katanya.

Dokter menjelaskan, kanker payudara bisa dipengaruhi oleh kondisi hormon yang ada di tubuh perempuan. Salah satunya, hormon esterogen.  Penyebab kanker payudara di antaranya karena paparan hormon esterogen terhadap payudara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun