Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Sarapan Hari Ini: Telur Dadar Nasgori, Kecil tapi Besar

12 Februari 2021   13:17 Diperbarui: 12 Februari 2021   13:35 370
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bosan sarapan yang itu-itu saja. Sepertinya saya perlu berkreasi sedikit. Menyajikan sarapan buat anak-anak yang tidak biasa. Tapi bikin apa ya?

Saya lihat di dapur ada nasi sisa semalam. Di kulkas ada ikan teri medan dan telur ayam. Hmmm...apa bikin telur dadar nasi goreng saja? Kan belum pernah bikin tuh.

Ya sudah. Bikin ini sajalah. Apa lagi bikinnya tanpa ribet. Memasak telur sebagai sarapan kan cukup praktis dan mudah juga. Cocok buat yang hanya punya sedikit waktu di pagi hari.

Dengan bentuk nasi lipat yang menarik, sepertinya anak saya pasti suka nih. Sarapan pun bisa menjadi lebih menyenangkan. Tentu saja dengan menu baru.

Yang membuat menu nasi lipat jadi beda adalah nasi goreng isi ikan teri medan yang dibuat sebagai filling atau isi dari telur dadar.

Saya perkirakan membuatnya tak membutuhkan waktu lama. Tidak akan sampai 30 menit. Pokoknya gambaran saya tidak pakai ribet.

Bahan-bahannya pun saya siapkan. Sepiring nasi, 100 ons teri medan yang sudah dicuci, 2 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 3 buah cabai rawit setan, 3 butir telur ayam, 1 sendok makan tepung tapioka.

Pertama-tama saya bikin telur dadar terlebih dahulu. Ini mah gampanglah. Tidak lupa sambil menggoyangkan wajan datar antilengket agar telur tipis merata sehingga bentuk nasi lipat bisa jadi lebih rapi. Setelah jadi, simpan di piring.

Lalu saya menumis bawang merah, bawang putih, cabai rawit yang sudah diiris tipis-tipis dengan sedikit margarin. Setelah matang, saya masukkan ikan teri. Diaduk-aduk hingga setengah matang.

Kemudian saya masukkan nasi, diaduk-aduk, kasih sedikit penyedap rasa. Setelah matang, saya tuangkan tepung tapioka yang sudah dilarutkan dengan 150 mililiter air dan sudah diberi sedikit penyedap rasa. Aduk-aduk hingga terlihat nasi goreng lengket.

Setelah matang dan rasanya sudah pas di lidah, saya matikan kompor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun