Mohon tunggu...
Neneng Uswatun Hasanah
Neneng Uswatun Hasanah Mohon Tunggu... Lainnya - Digital Marketing Enthusiast

seorang website dan digital marketing enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Menarik Perhatian Calon Pelanggan di Masa Libur Lebaran dengan Strategi FOMO

18 April 2023   12:16 Diperbarui: 18 April 2023   12:21 175
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Masa liburan tentu menjadi saat yang ditunggu-tunggu semua orang. Tidak terkecuali dengan masa libur Lebaran yang akan datang sebentar lagi. Masa liburan juga menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh pemilik bisnis karena penjualan beberapa jenis bisnis cenderung meningkat.

Misalnya saja, kebanyakan orang memilih untuk membeli makanan ketika masa liburan karena lebih praktis dan menjadi kesempatan untuk mengeksplorasi cita rasa lokal. Terutama jika mereka sedang berkunjung atau mudik ke luar kota.

Namun meskipun beberapa jenis bisnis mengalami peningkatan penjualan, ada juga jenis bisnis yang masih harus berjuang untuk meraih keuntungan di masa liburan dengan strategi yang tepat dan menarik perhatian calon pelanggan.

Pada masa liburan terutama di era digital ini, orang banyak menghabiskan waktu dengan gadget mereka untuk membuat dan memposting konten liburan atau sekedar mencari rekomendasi tempat wisata di kota yang dikunjungi. Hal tersebut pun dapat dimanfaatkan oleh pebisnis untuk menggaet pelanggan.

Memanfaatkan Strategi Takut Ketinggalan Tren

Fear of Missing Out atau FOMO, seperti dilansir dari blog Niagahoster, adalah sebuah perasaan takut ketinggalan tren yang sedang berlangsung dan sedang sering dirasakan oleh masyarakat di era digital yang bergerak sangat cepat ini. FOMO pun kemudian digunakan sebagai strategi marketing dengan memanfaatkan kekuatan internet.

Bagi bisnis yang ingin meningkatkan penjualan di masa liburan, salah satu strategi FOMO yang tepat untuk dilakukan adalah dengan menunjukkan bahwa produk yang ditawarkan sedang dibutuhkan oleh banyak orang. 

Berdasarkan blog Niagahoster, strategi tersebut akan memunculkan dua efek pada calon konsumen. Mereka akan merasa kehilangan kesempatan jika tidak segera membeli, atau mereka akan merasa harus membeli produk yang sama dengan harga yang lebih mahal di kemudian hari.

Kedua efek tersebut akan mendorong calon konsumen untuk segera membuat keputusan dalam waktu yang singkat karena takut kehabisan produk. Strategi FOMO lainnya, seperti memberikan diskon produk atau gratis ongkir terbatas, membatasi ketersediaan produk, dan memberikan batasan waktu memesan, juga bisa menjadi pilihan pebisnis.

Menguatkan Strategi FOMO dengan Konten Menarik

Meski terdengar mudah, strategi marketing menggunakan FOMO tidak bisa digunakan secara sembarangan. Karena jika digunakan dengan kurang tepat, calon pelanggan justru bisa tidak percaya dengan bisnis dan penjualan akan menurun drastis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun