Hotel merupakan tempat peristirahatan yang menjadi salah satu pilihan dari wisatawan domestik maupun mancanegara, baik ketika pergi berlibur maupun sedang melaksanakan pekerjaan.
Berdasarkan pengalaman berkunjung ke Hotel untuk sebuah kegiatan, pekerjaan, & Liburan. Hotel di Indonesia pada umumnya memiliki karakteristiknya masing-masing, dan memiliki branding yang berbeda-beda dengan level bintang yang berbeda pula.
Beberapa karakteristik Hotel di Indonesia khususnya, ada yang memiliki kelebihan dari pelayanan yang sangat baik mulai dari pelayanan sikap terhadap pelanggan, atau cara berkomunikasi dengan pelanggan.Â
Bahkan terdapat hotel dimana grooming pegawainya terlihat kasual dan lebih santai, begitupun dengan desain interior setiap ruangan di hotelnya di desain dengan tema yang lebih santai namun tetap nyaman.
Kemudian terdapat juga hotel yang memiliki kelebihan dari segi fasilitas yang sangat lengkap ada yang memiliki desain interior yang modern, kasual, minimalis, klasik, dll.Â
Mulai dari berbagai jenis tipe kamar dengan standar biasa sampai standar yang sangat mewah dan memiliki fasilitas lainnya yang lengkap seperti Area Bermain Anak, Kolam Renang, Gim, Ruang Spa, Ruang Pertemuan, Cafe, Supermarket, Parkir & Tempat Beribadah.
Kemudian terdapat Hotel yang memiliki harga yang terjangkau meskipun memiliki kualitas yang baik dan makanan yang disajikan/dijual sangat enak serta fasilitasnyapun cukup lengkap.
Serta terdapat juga Hotel dengan standar biasa, fasilitas tidak lengkap dan kurang nyaman, Pelayanan tidak menerapkan SOP (Standar Operasional Prosedur) secara khusus, grooming pegawai biasa.
Salah satu kegiatan yang pernah saya laksanakan di Hotel yaitu Table Manner (Etika Jamuan Makan), dimana Table Manner ini merupakan pelatihan yang dilakukan untuk melakukan jamuan makan resmi dengan serangkaian proses makan mulai dari hidangan pembuka sampai hidangan penutup serta cara-cara menggunakan alat makan yang tepat, Â pelatihan ini juga suka dilaksanakan oleh pegawai hotel.Â
Saya melakukan pelatihan ini bersama siswa setiap tahunnya, hal ini sangat bermanfaat ketika kita menghadapi acara-acara formal yang dilaksanakan di Hotel atau tempat lainnya, serta akan menjadi bekal yang bermanfaat  untuk siswa ketika mereka terjun ke Dunia Usaha/Dunia Industri.