Mohon tunggu...
Nelliani Putri
Nelliani Putri Mohon Tunggu... Editor - UIN Sumatera Utara

saya seorang mahasiswi pendidikan matematika uin sumatera utara

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mini Tinjau Algoritma pada Mata Kuliah Komputasi (Studi Literatur)

30 Juni 2022   11:20 Diperbarui: 30 Juni 2022   20:10 225
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

MINI TINJAU PENERAPAN ALGORITMA PADA MATA KULIAH KOMPUTASI(STUDI LITERATUR)

Nelliani Putri (0305202014)

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,

Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika

Jl. William Iskandar Ps.v, Medan Estate, Indonesia

Email : nellianiputri@gmail.com

Abstrak

(Center,Bold, Times new roman 12)

Algoritma adalah seperangkat aturan atau prosedur yang harus diikuti dalam situasi tertentu atau selama operasi yang berbeda untuk memecahkan masalah, terutama yang melibatkan komputer. Akibatnya, semua kesimpulan logis ditarik berdasarkan sistematisasi yang relevan dan digunakan untuk menyelesaikan masalah tertentu. Mayoritas algoritma digunakan untuk mengimplementasikan program komputer0. Contohnya termasuk perusahaan keuangan yang menggunakan algoritme di berbagai bidang seperti yaituperdagangan saham, pengelolaan aset liabilitas, dan penetapan harga kredits. Definisi algoritma dalam program komputer adalah daftar instruksi atau formula untuk memecahkan masalah atau melakukan tugas saat ini. Membuat program komputer yang crash berulang kali akan lebih mudah dengan penggunaan algoritma0. Fungsi utamanya adalah untuk membantu pemrogram dalam menulis kode program sehingga operasi berjalan sebagaimana dimaksud. Meskipun manfaat komputer tidak sepenuhnya dipahami oleh masyarakat umum, mereka memiliki potensi untuk menjadi satu0

.

Kata Kunci : Algoritma, Program dan Komputer.komputasi,perusahaan 

 

 

Abstract

An algorithm is a set of rules or procedures that must be followed in a particular situation or during different operations to solve a problem, especially one involving a computer. As a result, all logistical conclusions are drawn based on the relevant systematization and are used to solve certain problems. algorithms used to implement computer programs. Examples include financial companies that use algorithms in areas such as stock trading, asset liability management, and credit pricing. The definition in a computer algorithm is a list of instructions or formulas to solve a problem or perform a current task. Creating computer programs that crash repeatedly will be easier with the use of algorithms. Its main function is to assist programmers in writing program code so that operations run as intended. Although the benefits of computers are not fully enjoyed by the general public, they have the potential to become one0

 

Keywords : Algorithm, Program, ,Computer. computing,and enterprise

PENDAHULUAN

               Pada masa yang sekarang ini sudah mempunyai periode yang semakin maju yang telah hadir di dunia, yang mana periode data digunakan sebagai alat untuk memperbarui diri. Dengan tumbuhnya era informasi yang dimaksud, berbagai perubahan pun muncul. Perubahan-perubahan tersebut di atas juga telah memajukan dan mempengaruhi banyak orang di seluruh dunia, khususnya di bidang informasi. Bahkan, dua penemuan terbesar itu berhasil menciptakan revolusi tonggak dalam informasi dan komunikasi yang secara signifikan mengubah dunia informasi. Revolusi pertama dimulai dengan mesin cetak, sedangkan revolusi kedua dimulai dengan penggunaan komputer dan internet0.1

Komputasi itu ialah suatu sebutan universal yang digunakan buat seluruh tipe pemrosesan data buat menciptakan pemecahan permasalahan dari informasi input dengan memakai sesuatu algoritma. Komputasi ialah suatu subjek dari Pc Sains, yang menganalisa apa yang dapat ataupun tidak dapat dicoba secara komputasi. Perihal ini yakni apa yang diucap dengan teori komputasi, sesuatu sub- bidang dari ilmu pc serta matematika. Secara universal iIlmu komputasi merupakan bidang ilmu yang memiliki atensi pada penataan model matematika serta metode penyelesaian numerik dan pemakaian pc buat menganalisis serta membongkar masalah- masalah ilmu( sains). Pendidikan dari teori komputasi terfokus buat menanggapi persoalan pokok tentang perihal apa saja yang dapat dicoba komputasi terhadapnya serta ketersediaan resource( sumber energi) yang diperlukan buat melaksanakan komputasi itu. Buat menanggapi persoalan awal, computability theory (teori komputabilitas) menguji masalah- masalah komputasi mana yang bisa dipecahkan oleh bermacam model komputasi. Perkara kedua dialamatkan buat teori kompleksitas komputasi, yang menekuni waktu dan bayaran yang berhubungan dengan pemecahan kasus komputasi. Dalam pemakaian instan, umumnya berbentuk pelaksanaan simulasi pc ataupun bermacam wujud komputasi yang lain buat menuntaskan persolan dalam bermacam bidang ilmu, namun dalam kemajuan digunakan pula buat menciptakan prinsip- prinsip baru dalam ilmu yang paling mendasar.

Matematika adalah sebuah bidang ilmu yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Biasanya, matematika mencakup sebuah studi tentang berbagai topik suatu bilangan, mempunyai rmus ataupun sesuatu besaran dan perubahannya. Berbagai studi ilmu tersebut belum ada yang menggantikan rumus-rumus yang sudah didapatkan oleh orang-orang terdahulu.

Para pemecah ataupun yang dapat menemui matematika biasanya disebut "Matematikawan". Dahulu, para matematikawan banyak membuat pola dan banyak sekali menggunakan rangkaian kemudian dirumuskan untuk membuat suatu projrk baru. Melalui rangkaian tersebut barulah dibangun sebuah kebenaran melalui metode ataupun model agar mendapatkan pengertian-pengertian yang sudah sesuai.

Dahulu kala, para matematikawan juga memiliki banyak sekali perdebatan dalam membuat begitu banyak rangkaian projek-projek matematika yang akhirnya akan diciptakan oleh manusia. Apalagi seperti yang kita ketahui sekarang, bahwasanya matematika itu termasuk salah satu pelajaran yang orang bilang kebanyakan sulit dimengerti materinya. Namun demikian, analisis mereka lah yang menyebut bahwa matematika adalah sebuah ilmu yang menggambarkan kesimpulan-kesimpulan atas sebuah dasar-dasar penting. Padahal, sering sekali pada nyatanya bahwa matematika memiliki manfaat yang sangat banyak di kehidupan sehari-hari. Contoh kecilnya, yaitu jika kita ingin belanja, adanya hubungan saling bertukar barang dan uang dan bisa juga mengembalikan uang belanjaan. Hal itu membuat matematika sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh kita sebagai manusia.

Komputasi adalah singkatan dari komputer dan informasi yang merupakan sebuah gagasan dalam teknologi yang dicetuskan oleh matematikawan Hungaria bernama John Von Neumann.Teknologi komputasi merupakan seluruh aktivitas mulai dari penggunaan hingga perangkat keras, perangkat lunak, dan pengembangan teknologi komputer yang digabungkan dengan teknologi informasi.

Secara umum Komputasi dapat diartikan sebagai suatu bidang keilmuwan yang memiliki perhatian dalam teknik penyelesaian numerik serta penyusunan model matematika pada penggunaan komputer untuk memecahkan dan menganalisisberbagai masalah dalam suatu ilmu.

Komputasi juga bisa diartikan sebagaicara untuk menyelesaikan masalah dari inputan data dengan melakukan bantuan algoritma tersebut. Komputasi yaitugabungan dari matematika dan ilmu komputer. Kemudian ilmu tersebut digunakan untuk menerapkan teori matematikadalam pengaplikasian ke komputer. Komputasi dalam matematika memiliki hubungan timbal balik yang sangat erat. Dalam matematika, komputasi digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tentang matematika yang sulit dengan menggunakan bantuan komputer.Begitu juga sebaliknya, seorang programer sangat membutuhkan teknik matematika dalam menyusun programnya.

Komputasi terdiri dari tuga element yang mendasar menyusun ( Mitchell, tahun 2010) yaitu:

  • Software as a Service (SaaS)0,
  • Platform as a Service (PaaS), dan 0
  • Infrastructure as a Service (laaS)0.

Elemen pertama dari dasbor adalah saran yang diberikan kepada pengguna tentang cara menggunakan aplikasi penyedia layanan untuk beroperasi dengan koneksi internet0. Peramban web dari perangkat pengguna, seperti surat kabar elektronik dengan antarmuka berbasis web, dapat mengakses aplikasi0. Sebaliknya, elemen tanda hubung kedua memberi pengguna kemampuan untuk mengirim aplikasi yang telah mereka buat ke infrastruktur komputasi yang saat ini sedang dibangun. Infrastruktur yang dimaksud terdiri dari jaringan, server, sistem operasi, alat pengembangan aplikasi, dan kemungkinan kinerja aplikasi individual yang berbeda dari pengaturan konfigurasi aplikasi lain0. Sebaliknya, elemen keempat diagram mewakili alat-alat yang disediakan kepada pengguna agar mereka:0

* memproses;0

* menyimpan;0

 * menjadi familiar dengan; dan0

 * menggunakan komputer penting lainnya di mana pengguna dapat

 menyebarluaskan dan menjalankan perangkat lunak secara bebas;0

 * mencakup sitem operasi dan aplikasi. Tidak ada penyebutan atau referensi ke infrastruktur komputasi oleh pengguna.

Setelah memahami apa itu komputer, ada berbagai model komputer yang tersedia. Ada tiga model yang berfungsi sebagai dashboard komputer: fungsional, imperatif, dan logis.

Model Imperatif: Terdiri dari satu set nilai numerik yang sesuai dengan satu peristiwa dan satu set operasi untuk memodifikasi pernyataan. Sebuah program terdiri dari kode, seperti halnya komputer terdiri dari kode untuk pernyataan0.

Model Logika: Ada satu set nilai-nilai, kesimpulan logistik, dan definisi hub. Program terdiri dari definisi koneksi, dan komputer apa pun hanyalah bagian dari peralatan (suatu urutan kesimpulan)0.


  • Algoritma 

Untuk memecahkan masalah apa pun, algoritma adalah seperangkat logika, metode, dan seperangkat aturan sistematis0. Definisi kedua dari algoritma yang logis dan sistematis adalah sebagai suatu susunan bahasa. Algoritma banyak digunakan dalam industri komputer, menurut data0.

Definisi algoritme adalah "jalur yang panjang dan berliku" atau "metode efisien yang digunakan sebagai indikator lagging." Dalam karya lain, algoritma kadang-kadang disebut sebagai sekelompok orang yang bekerja sama untuk memecahkan suatu masalah. Bergantung pada kriteria untuk kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum meluncurkan algoritma apa pun, campuran di atas dapat mengambil bentuk apa pun0. Selain itu, algoritma abstrak diajarkan dalam disiplin akademis lain, terlepas dari bahasa bahasa pemrograman yang digunakan. Algoritma yang dapat menyelesaikan masalah secara tepat waktu memiliki tingkat kerumitan yang tinggi di masa sekarang, maupun di masa lalu0. Jika suatu algoritma tertentu dapat menyelesaikan masalah dengan waktu respons yang cukup lama, itu akan memiliki ambang kompleksitas0.

. Untuk mengimplementasikan algoritme dalam format tulisan dengan benar, harus digunakan bahasa yang dapat dipahami oleh manusia. Pseudocode juga dapat digunakan untuk evaluasi algoritma dalam bentuk tulisan0.

  • Studi Literatur

Serangkaian project yang berkaitan dengan teknik pengumpulan data primer, membaca, kemudian menulis, dan kemudian mengorganisasikan bahan-bahan untuk studi sastra. Penggunaan kata lain merupakan upaya mencari referensi yang sesuai dengan masalah atau keadaan yang disajikan. Referensi untuk ini dapat ditemukan di jurnal, artikel, buku, situs web, dan makalah penelitian akademis. Hasil studi kepustakaan ini berupa kumpulan referensi yang relevan dengan permasalahan yang ada. Biasanya, mempelajari sastra adalah metode untuk memecahkan masalah dengan mencari detail spesifik dari karya yang diterbitkan sebelumnya0.

  •  

Penelitian dengan studi literatur artinya sebuah eksperimen dilakukan dengan tidak turun ke lapangan, melainkan mengambil data-data dari sumber pustaka, dokumen, dan karya tulis baik yang sudah maupun yang belum dipublikasikan. Pada pembahasan ini, penelusuran pustaka tidak hanya dijadikan sebagai carapertama dalam menyiapkan kerangka penelitian, melainkan juga digunakan sebagai bahan kajian perpustakaan untuk mendapatkan data penelitian0.

Pada dasarnya, penelitian dengan metode studi literatur adalah sama dengan penelitian lainnya. Hanya saja dalam penelitian studi literatur, metode pengumpulan sumber data diambil melalui proses membaca, mencatat, kemudian mengolah bahan penelitian yang diambil di pustaka. Meski terlihat mudah, sebenarnya penelitian dengan metode studi literatur membutuhan ketelitian yang lebih tinggi untuk mengolah dan menganalisis suatu data yang di dapat0.

METODE

Metode yang diambil  dalam penyusunan artikel ini adalah studi literatur dengan melakukan pencarian ke sebuah halaman website https://scholar.google.co.id terkait bahan bacaan mengenai penerapan algoritma.cara mengumpulkan data dilakukan dengan menyatukan sejumlah artikel melalui jurnal online dan prosiding yang diakses pada halaman website menggunakan kata kunci yang sama yaitu algoritma. untuk penelusuran digunakan  dengan google scholar, dimuki dari pengumpulan data sebanyak 180 artikel. Selanjutnya dilakukan penyeleksian (di eliminasi) dari artikel artikel dengan ketentuan dibwah ini :

  •  artikel diterbitkan di tahun di mulai dari 2015sampai 2021.
  • tema dan judul artikel harus memuat seperti kata penerapan algoritma dan komputer.

             Setelah dilakukan seleksi dan seleksi, berdasarkan kriteria artikel yang memenuhi persyaratan karya sastra, masing-masing database website yang bersangkutan telah mendapatkan hasil akhir yang ditunjukkan pada tabel di bawah ini0.

Selanjutnya berdasarkan 180 data artikel di atas, ditinjau berdasarkan tahun terbitnya, terdapat 20 artikel yang memenuhi persyaratan. Kemudian dari 20 artikel tersebut juga ditinjau berdasarkan tahun terbitnya, diantaranya 4 artikel terbit tahun 2018, 5 artikel terbit tahun 2015, 3 artikel terbit tahun 2016, 4 artikel terbit tahun 2017, dan 4 artikel terbit tahun 2019.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil yang ditemukan terkait dengan analisis studi literatur pada 20 artikel yang telah diseleksi menjelaskan bahwa terdapat penerapan algoritma pada mata kuliah Komputasi yang diuraikan dalam Tabel berikut.

KESIMPULAN DAN SARAN

               Hasil studi literatur menunjukkan bahwa ada banyak kegunaan atau manfaat dari kecepatan algoritma berjalan pada perangkat keras komputer. Dengan penggunaan algoritma, masalah sulit yang sulit dipecahkan akan menjadi lebih mudah selama kita memahami dengan tepat apa itu algoritma dan bagaimana cara kerjanya. Algoritma ini berfungsi untuk membuat kita lebih nyaman saat kita bergerak atau menciptakan sesuatu sehingga setiap masalah yang mungkin ada dapat diselesaikan dengan aman dan benar. Kemudian, dengan hadirnya algortima, setiap masalah dapat diselesaikan dengan cepat.

               Salah satu contoh dari banyak keterampilan algoritmik yang telah dikembangkan melalui studi literatur adalah kemampuan untuk membuat tikar kuliah dengan mudah, memahami rute bus, dengan cepat memahami penjualan atau distribusi barang oleh perusahaan yang bersangkutan, dan banyak keterampilan lainnya.

               Kita dapat melihat bahwa algoritma itu sendiri memiliki banyak potensi atau manfaat. Karena itu, algoritme sangat penting untuk digunakan manusia dalam bisnis, sekolah, dan pengaturan lain untuk menyelesaikan masalah apa pun yang mungkin muncul. Dengan demikian, masalah algortima di atas dapat segera diselesaikan.

DAFTAR PUSTAKA

Ferdian Fandy Harryanto. 2017. PENERAPAN ALGORITMA C4.5 UNTUK MEMPREDIKSI PENERIMAAN CAON PEGAWAI BARU DI PT WISE.

Asnurul Israqmi. Kemampuan Mahasiswa Memahami Logika Pemrograman Komputer Melalui Algoritma (PROGRAM STUDY PENDIDIKAN MATEMATIKA)

Saputra Ragil, Dwi Ardana. 2016. PENERAPAN ALGORITMA DIJKSTRA PADA APLIKASI PENCARIAN RUTE BUS TRANS SEMARANG.

Satukan Halawa. 2016. PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ) DENGAN METODE COMPUTER BASED INSTRUCTION.

Effrida Manalu, Mamed Rofendy Manalu, Fricles Ariwisanto Sianturi. 2017. PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK MEMPREDIKSI JUMLAH PRODUKSI BARANG BERDASARKAN DATA PERSEDIAAN DAN JUMLAH PEMESANAN PADA CV. PAPADAN MAMA PASTRIES.

Ariwisanto Fricles Sianturi. 2018. Penerapan Algoritma Apriori Untuk Penentuan Tingkat Pesanan.

Wanto Anjar,Agus Perdana Windaharto, Mhd Gading Sadewo. 2018. PENERAPAN ALGORITMA CLUSTERING DALAM MENGELOMPOKKAN BANYAKNYA DESA/KELURAHAN MENURUT UPAYA ANTISIPASI/ MITIGASI BENCANA ALAM MENURUT PROVINSI DENGAN K-MEANS.

Inna Alvi Nikmatun, Inna Alvi Nikmatun. 2019. Implementasi Data Mining Untuk Klasifikasi Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor.

Marga Allen Retta, Asnurul Isroqmi, Tika Dwi Nopriyanti. 2015. PENGARUH PENERAPAN ALGORITMA TERHADAP PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN KOMPUTER.

Wahyuni Dina, Widodo. 2017. IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING UNTUK MENGETAHUI BIDANG SKRIPSI MAHASISWA MULTIMEDIA PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

Supraptno Eko, Rizki Tri Wahyuni, Dhidik Prastiyanto. 2017.PENERAPAN ALGORITMA COSINE SIMILARITY DAN PEMBOBOTAN TF-IDF PADA SISTEM KLASIFIKASI DOKUMEN SKRIPSI.

Perdana Hendra, Qalbi Aliklas, Neva Satyahadewi. 2019. Penerapan Algoritma Max-Min Ant System Dalam Penyusunan Jadwal Mata Kuliah di Jurusan Matematika Fmipa UNTAN.

Fajrizal, Taslim. 2016. Penerapan Algorithma K-Mean Untuk Clustering Data Obat Pada Puskesmas Rumbai.

Qashlim Akhmad, Muhammad Assidiq. 2016. PENERAPAN ALGORTIMA GENETIKA UNTUK SISTEM PENJADWALAN KULIAH.

Azis Abdul Maarif. 2015. Penerapan Algoritma Tf-Idf Untuk Pencarian Karya Ilmiah.

Wanto Anjar, Imelda Asih Rohani Simbolon, Fikri Yatussa'ada. 2018. PENERAPAN ALGORTIMA BACKPROPAGATION DALAM MEMPREDIKSI PERSENTASE PENDUDUK BUTA HURUF DI INDONESIA.

Imah. E. M, G. P. Prikarti, A.R. Hutomo, A. Fitrananda, A. Marshadiany. 2016. IMPLEMENTASI ALGORITMA INTEGER LINEAR PROGRAMMING UNTUK SISTEM INFORMASI PENJADWALAN RUANGAN DI FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS INDONESIA.

Erawan Lalang, Marshela Dinda Amalia. 2016. PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MEMBANTU CALON MAHASISWA DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI DI FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun