Mohon tunggu...
Nedlyn Tiara Nava
Nedlyn Tiara Nava Mohon Tunggu... Akuntan - tiara

AKUNTANSI

Selanjutnya

Tutup

Money

Tugas Pengantar Bisnis

26 Oktober 2020   21:23 Diperbarui: 1 November 2020   09:57 364
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pengertian Bisnis 

Bisnis merupakan sebuah aktiviatas yang dikelola oleh seorang individu atau organisasi untuk memenuhi kebutuhan manusia dan berorientasi untuk menghasilkan keuntungan.

I.    Perusahaan 

Merupakan sebuah yang memproses perubahan keahlian dan sumber daya ekonomi menjadi barang dan/atau jasa yang diperuntukan bagi pemuasan kebutuhan para pelanggan serta diharapkan mampu memberikan keuntungan bagi para pemilik

II. Konsep Komponen Bisnis

A.        Pasar

merupakan tempat pertemuan antara permintaan dan penawaran serta terjadinya transaksi jual beli,pasar memiliki beberapa bentuk yaitu:

1)   Pasar Monopoli adalah satu bentuk pasar yang memiliki satu produsen atau penjual untuk melayani banyak pembeli. Ini artinya, sang penjual atau disebut monopolis memiliki peran tunggal untuk menentukan harga pasar tanpa perlu memikirkan persaingan. Oleh karena itulah, pasar monopoli tergolong jenis pasar persaingan tidak sempurna.

berikut beberapa ciri dari pasar monopoli yang membedakannya dengan pasar jenis lain:

a)     Barang atau produk yang dijual belum ada penggantinya (no substitutes)

b)     Pangsa pasar produk sangat besar atau banyak pembeli

c)     Sulit bagi perusahaan atau produsen baru untuk memasuki pasar karena terdapat banyak hambatan seperti peraturan perundang-undangan, teknologi, dan modal yang besar.

d)     Penjual dapat menentukan harga sesuai keinginannya.

e)     Kurva permintaan di pasar sama dengan kurva permintaan yang dihadapi perusahaan monopolis.

beberapa kekurangan dari pasar monopoli terutama dari segi konsumen. Kekurangan itu diantaranya adalah karena pembeli tidak memiliki alternatif pilihan meskipun harga barang dirasa mahal. Selain itu, produsen bisa saja menetapkan harga dengan mengurangi atau meningkatkan produksi sehingga produksi tidak dilakukan secara optimum dan efisien.

beberapa kelebihan. Melalui sistem monopoli pada perdagangan sumber daya alam, pemerintah bisa menjaga sumber daya alam tersebut agar tidak tereksploitasi secara berlebihan. Selain itu, monopoli juga dapat melindungi hak kekayaan individu sehingga semakin mendorong dilakukannya inovasi.

2)   Pasar Oligopoli merupakan bentuk pasar dimana terdapat beberapa penjual atau produsen yang menguasai pasar dengan banyak pembeli. Hanya saja pada pasar ini, barang yang dijual cenderung homogen sehingga tidak terlalu bisa dibedakan antara satu produk dari suatu perusahaan dengan produk dari perusahaan lain. Oleh karena itulah, pasar oligopoli juga tergolong pasar persaingan tidak sempurna.

beberapa ciri mendasar dari pasar oligopoli yang membedakannya dengan pasar monopoli dan pasar persaingan sempurna.

  • Pada pasar oligopoli biasanya terdiri dari dua sampai sepuluh produsen yang paling besar menguasai pasar (paling dikenal konsumen).
  • Jenis produk yang dperdagangkan cenderung homogen, seperti sabun mandi yang umumnya sama antara satu perusahaan dan perusahaan lain sehingga masih bisa saling menggantikan.
  • Biasanya terdapat satu produsen utama (paling besar) yang bisa menguasai pasar sehingga kebijakannya berpengaruh terhadap kebijakan perusahaan lain.
  • Harga barang antara satu produsen dan produsen lain cenderung sama. Meskipun ada biasanya tidak begitu besar.
  • Produsen baru sulit masuk pasar dan ikut bersaing karena produsen lama akan memainkan harga untuk mempertahankan konsumen.
  • Iklan atau promosi menjadi sangat penting dilakukan demi mempertahankan eksistensi nama.

Beberapa kelebihan tersebut seperti kualitas produk yang terjaga karena kesadaran produsen akan adanya persaingan, konsumen memiliki beberapa alternatif, serta adanya inovasi dari produsen untuk mengembangkan produk dan layanannya.

3)   Pasar Persaingan Sempurna merupakan pasar dimana jumlah penjual (produsen) dan pembeli (konsumen) sangat banyak serta jenis produk yang dijual sifatnya homogen. Pada pasar jenis ini, satu pembeli atau satu penjual tidak bisa mempengaruhi harga barang karena harga yang ada di pasar merupakan hasil kesepakatan serta interaksi penawaran dan permintaan atau dengan kata lain harga otomatis mengikuti mekanisme pasar.

berikut beberapa ciri dasarnya yang membedakan dengan dua jenis pasar sebelumnya.

  • Terdapat banyak penjual dan pembeli sehingga satu bagian dari penjual atau pembeli tidak bisa mempengaruhi kondisi pasar secara keseluruhan.
  • Setiap produsen bisa bebas keluar masuk pasar karena tidak memiliki keterikatan dengan aturan khusus.
  • Penjual dan pembeli sama-sama sudah memiliki pengetahuan akan kondisi pasar seperti mengetahui tingkat harga sehingga sulit untuk terjadi penipuan.
  • Produk yang dijual bersifat homogen namun barang yang diproduksi satu perusahaan bisa menjadi pengganti sempurna untuk barang yang diproduksi perusahaan lain. Hal tersebut dimungkinkan karena kualitasnya cenderung serupa.
  • Umumnya tidak ada kesulitan jika sumber daya atau faktor produksi dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain karena semua tempat produksi memiliki kesamaan baik metode atau proses distribusi.

kelebihannya adalah seperti tidak ada perusahaan yang terlalu mendominasi, pembeli bisa bebas memilih produk dari banyak alternatif produsen, harga barang cenderung stabil, serta informasi pasar sudah sangat jelas sehingga kecurangan bisa diminimalisasi.

Kekurangan tersebut diantaranya adalah minim inovasi karena setiap produsen tidak memiliki motivasi pengembangan, tidak adanya variasi barang yang terlalu mencolok antara satu produsen dengan produsen lain, serta efisiensi yang dilakukan perusahaan tergolong terlalu tinggi sehingga buruk bagi kondisi sosial pasar.

B)    Perusahaan

Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi.

Pada suatu organisasi dikelompokkan pada 3 tingkatan manajemen yang berbeda yaitu manajemen lini pertama, manajemen tingkat menengah, dan manajemen puncak.

1. Manajemen Lini Pertama ( first-line management )

Tingkatan manajemen lini pertama adalah tingkatan manajemen paling bawah pada sebuah organisasi. Manajemen lini pertama memiliki tugas untuk memimpin dan mengkontrol pekerja non manajerial pada sebuah perusahaan atau organisasi.

2. Manajemen Tingkat Menengah ( Middle Management )

Tingkatan pada manajemen level menengah merupakan manajemen yang antara manajemen lini pertama dan manajemen puncak. Tingkatan manajemen ini memiliki tanggung jawab atas pelaksanaan rencana yang telah ditetapkan oleh manajemen puncak.

3. Manajemen Puncak ( Top Management)

Klasifikasi tertinggi ini terdiri dari sekelompok kecil eksekutif. Manajemen puncak mempunyai tanggung jawab pada semua manajemen organisasi. Tingkatan manajemen puncak memiliki tugas membuat rencana aktivitas dan strategi perusahaan secara global dan mengarahkan jalannya perusahaan.

C)    Pihak Eksternal

Pihak eksternal adalah pihak-pihak di luar perusahaan tapi memiliki hubungan dengan perusahaan, baik sebagai rekan kerja maupun pemilik saham. Pihak eksternal meliputi kreditor, pemerintah, investor, dan masyarakat.

D)     Konsep Perubahan

Harus terus berkembang dan berupaya untuk melakukan inovasi agar bias memenuhi kebutuhan manusia dan mendapatkan keuntungan.

      III.   Peluang Bisnis

Peluang Bisnis terjadi karena adanya faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia.

Faktor-faktor yang mempengaruhi:

  • Faktor Sosial
  • Faktor Budaya
  • Faktor Pribadi
  • Faktor Psikologi

IV.   Bentuk Bisnis

  1. Barang :

Macam-macam barang sendiri secara garis besar terbagi menjadi empat, yaitu barang yang bergerak dan barang tidak bergerak; dan barang berwujud dan tidak berwujud.

  • Barang bergerak adalah kendaraan seperti motor, mobil, kapal, dan lain-lain.
  • Barang tidak bergerak berarti benda yang tidak dapat berpindah, seperti pohon, tanah, rumah, dan lain-lain.
  • Barang berwujud berarti benda yang memiliki bentuk fisik tertentu, seperti meja, kursi, tisu, dan lain-lain.
  • barang tidak berwujud antara lain adalah air dan gas.

Adapun ciri-ciri bentuk bisnis barang :

  • Produk memiliki wujud
  • Produk dapat dimiliki, dijual kembali
  • Produk dapat disimpan, dipegang
  • Produk dapat diangkut
  • Produksi dan konsumsi terpisah
  • Penjualan dan produksi terpisah
  • Mutu dapat diukur dengan mudah
  • Otomisasi mudah
  • Produk menghasilkan penerimaan

     2.  Jasa

Jasa memiliki beberapa karakteristik, yaitu:

  • Tidak Berwujud
  • Jasa tidak dapat dirasakan dengan panca indera, jasa tidak dapat disentuh, diraba, dirasa, didengar, dilihat, dan dicium.
  • Tidak mempunyai standar
  • Jasa berbentuk kinerja, maka seperti ciri jasa yang sudah disebutkan di atas, mutu dari jasa sulit diukur karena hasil dari jasa umumnya berbeda meskipun datang dari orang yang sama.
  • Tidak tahan lama
  • Jasa tidak dapat disimpan mauapun digunakan ulang, karena konsumsi jasa dilakukan pada saat jasa diberikan. Contohnya adalah massage, potong rambut, dan angkutan umum.
  • Tidak dapat dipisahkan
  • Jasa dan pemberi jasa sudah merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
  • Adapun contoh jasa antara lain adalah jasa perbankan, jasa asuransi, jasa transportasi, dan masih banyak lagi.

Adapun beberapa ciri-ciri bentuk bisnis jasa :

  • Produk tidak memiliki wujud
  • Produk tidak bisa dijual kembali atau sulit untuk dijual kembali
  • Umumnya produk tidak bisa disimpan
  • Produksi dan konsumsi terjadi secara simultan
  • Mutu sulit diukur
  • Penjualan merupakan bagian dari jasa
  • Tinggi interaksi
  • Produk disediakan, bukan dijual
  • Otomisasi sulit dilakukan
  • Kumpulan jasa menghasilkan penerimaan

V.   Bentuk Badan Usaha

  • Perusahaan Perseorangan

Perusahaan perseorangan adalah suatu perusahaan atau bisnis yang dimiliki oleh pemilik tunggal sedangkan pengusaha perorangan adalah pemilik dari suatu perusahaan perseorangan. Individu dapat membuat badan usaha perseorangan tanpa izin dan tata cara tertentu.

  • Firma

Bentuk perkumpulan usaha yang didirikan oleh sekelompok orang dengan menggunakan nama bersama.Dalam firma semua anggota memiliki tanggung jawab sepenuhnya baik itu masing-masing maupun secara  bersama-sama terhadap perusahaan kepihak lain, bila mengalami kerugian maka kerugian ditanggung bersama,jika salah satu anggota keluar dari firma maka secara otomatis firma dapat disebut bubar.

  • Perseroan Komanditer (CV)

Merupakan persekutuan atau organisasi yang didirikan oleh beberapa orang yang masing-masing menyerahkan sejumlah uang dengan jumlah uang yang tidak perlu sama.

Sekutu CV ada dua macam:

  1. Sekutu Komplomenter merupakan dimana orang-orang yang mengatur bersedia mengatur perusahaan.
  2. Sekutu Komanditer merupakan orang-orang mempercayakan uangnya untuk dikelola dan bertanggung jawab secara terbatas kepada kekayaan yang diikut sertakan dalam perusahaan.
  • Perseorangan Terbatas (PT)

Perusahaan-perusahaan besar yang modalnya dipublikasikan sehingga dapat membeli kekayaannya dengan kekayaan yang terbatas.PT Ikut serta memiliki saham perusahaan semakin banyak saham yang dimiliki maka semakin besar juga kedudukannya di perusahaan.

  • Perusahaan Negara

Badan Usaha Milik Negara merupakan bagian kegiatan ekonomi dalam perekonomian nasional dalam demokrasi ekonomi

  • Koperasi

Adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama.

VI.   Sumber Daya Organisasi

  • Manusia
  • Material
  • Mesinfeb.uhamka.ac.id 
  • Uang
  • Informasi

VII.   Lingkungan Organisasi

  • Pemasok
  • Pelanggan
  • Serikat Pekerja
  • Masyarakat Keuangan
  • Pemegang Saham
  • Pesaing
  • Pemerintah
  • Masyarakat Global

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun