Mohon tunggu...
Nurbaiti Dewi
Nurbaiti Dewi Mohon Tunggu... Mahasiswa - semoga bermanfaat

jika lelah istirahat sejenak--

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Iklan "Alfamart" Sebelum dan Sesudah Pandemi Covid-19

25 Juli 2021   20:34 Diperbarui: 25 Juli 2021   20:46 789
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Iklan "Alfamart x Gojek" SUMBER : Youtube Alfamart

Analisa Iklan "Alfamart" Sebelum Pandemi Covid-19

Iklan "Alfamart" ini dibuat sebelum adanya pandemi Covid-19, iklan Alfamart X Gojek ini menyajikan tentang kisah anak sekolah dasar yang bercerita tentang ibunya yang memiliki sikap cerewet. Pada pertengahan iklan ini diselipkan aplikasi Gojek, ketika sang anak meminta dibelikan sesuatu oleh ibunya, sang ibu membelikannya dengan menggunakan aplikasi gojek tersebut agar mendapatkan cashback.

Pendekatan Iklan "Alfamart"

Iklan "Alfamart" ini menggunakan pendekatan Emosional, maksud dari pendekatan emosional adalah merupakan salah satu pendekatan komunikasi dalam iklan yang menggunakan daya tarik konsumen dengan emosional atau perasaan.

Pendekatan Emosional pada iklan ini terdapat pada bagian sang anak yang menceritakan sikap ibunya yang cerewt, bawel dan sering menyuruh-nyuruh, namun dia mengerti mengapa ibunya bersikap seperti itu karena demi kebaikan sang anak.

Media Yang Digunakan Iklan "Alfamart"

Iklan "Alfamart" ini menggunakan media ATL (Above The Line Ads) artinya, aktivitas marketing yang dilakukan ditujukan untuk kalangan yang luas. Sehingga, media-media aktivitas marketing yang digunakan pun yang memiliki tingkat perhatian yang besar juga.                              

Contohnya : Iklan pada media elektronik.

Kreativitas Iklan "Alfamart"

Kreativitas yang digunakan iklan "Alfamart x Gojek" ini adalah dengan menggunakan seorang anak sekolah dasar yang meminta dibelikan sesuatu kepada ibunya. Kejadian seperti ini sudah menjadi kebiasaan bagi anak kecil. Kreativitasnya ada pada mengangkat cerita asli kehidupan seorang anak sekolah dasar.

Strategi Iklan "Alfamart"

Iklan "Alfamart x Gojek" ini menggunakan kreativitas masrketing, pada pertengahan iklan terdapat pembeli yang sedang berbelanja di Alfamart menggunakan aplikasi Gojek agar mendapatkan Cashback.

Iklan ini juga memiliki strategi yang sangat menarik masyarakat agar menggunakan aplikasi Gojek pada saat berbelanja di Alfamart.

Analisa Iklan "Alfamart" Setelah Pandemi Covid-19

Iklan
Iklan "Alfamart New Normal" SUMBER : Youtube Alfamart
Iklan "Alfamart New Normal"  ini dibuat setelah adanya kebijakan NEW NORMAL, iklan Alfamart ini menyajikan tentang hal-hal yang harus dilakukan kita sebagai pembeli agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah dibuat oleh pihak Alfamart. Agar persebaran virus Covid-19 tidak terus terjadi, menurut penelitian virus ini mudah terpapar salah satunya dengan adanya kegiatan perbelanjaan.

Pendekatan Iklan "Alfamart"

Pendekatan Iklan "Alfamart New Normal" ini pendekatan yang digunakan adalah "Pendekatan Humor"

Pendekatan Humor adalah iklan yang dibuat untuk memberikan informasi mengenai suatu produk dengan menyipsikan suatu hal yang lucu secara jelas maupun terselubung baik pada kata-kata, jalan cerita, ataupun pemilihan model iklan yang lucu. Sehingga orang yang melihat iklannya tertawa dapat tertawa.

Humor yang disajikan pada iklan ini terjadi pada saat Joni memakai masker wajah yang seharusnya dipakai  Joni adalah masker yang bisa melindungi dia dari Virus Covid 19 dan humor lain yang disajikan pada iklan ini adalah saat Joni ingin mencuci tangan tapi malah mencuci rambutnya.

Media Yang Digunakan Iklan "Alfamart"

Iklan "Alfamart New Normal" ini menggunakan media ATL (Above The Line Ads) artinya, aktivitas marketing yang dilakukan ditujukan untuk kalangan yang luas. Sehingga, media-media aktivitas marketing yang digunakan pun yang memiliki tingkat perhatian yang besar juga.                              

Contohnya : Iklan pada media elektronik.

Kreativitas Iklan "Alfamart"

Kreativitas yang digunakan iklan "Alfamart New Normal" ini menampilkan  berbagai aktivitas kita sebagai konsumen saat berbelanja di Alfarmart pada masa "New Normal"

Cara penyajian iklannya sangat menarik karena menampilkan banyak adegan humor tentang pelanggan yang kerap sering kali tidak mengikuti kebijakan yang sudah dibuat oleh pemerintah, contohnya seperti adegan memakai masker yang tidak sesuai dengan anjuran pemerintah.

Strategi Iklan "Alfamart"

Iklan ini dibuat agar para pelanggan Alfamart mengikuti kebijakan yang dibuat oleh pemerintah pada masa  "New Normal" yang bertujuan agar masa baru ini dapat mengurangi laju persebaran virus Covid-19, disetiap mini market sudah diberi kebijakan oleh pemerintah agar menyediakan tempat untuk mencuci tangan dan diharapkan bagi setiap mini market sudah menjaga kebersihan agar para pelanggan yang sedang berbelanja merasakan kenyamanan dimasa pamdemi ini.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun