Mohon tunggu...
Nazwa Yanin sefiarafa
Nazwa Yanin sefiarafa Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya mempunyai hobi menonton film dan mendengar kan musik, saya kurang kenyukai bacaan yang berbau politik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Iklan Games Kolaborasi dengan Girl Grup Kpop

7 Juli 2024   18:33 Diperbarui: 7 Juli 2024   18:51 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kelompok 5 

Nurul Fajar (23010400083)

Nazwa Yanin Sefiarafa (23010400082)

Syifa Aulia Safinatunnajah (23010400164)

Apakah kalian pernah tertarik dengan suatu produk hanya dengan melihat iklan saja?? Yaa itu artinya iklan tersebut sudah tersampaikan dengan baik, tujuan dari periklanan sendiri yaitu mempengaruhi atau mempersuasikan produk atau jasa kepada khalayak. Advertising atau periklanan mempunyai pengertian yaitu upaya atau usaha untuk mempromosikan, layanan, jasa bahkan ide kepada khalayak agar tertarik dan membeli atau menggunakan produk tersebut. Definisi iklan menurut para ahli :

Menurut Jaiz (2014: 4) Iklan didefinisikan sebagai segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan lewat media, ditunjukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.

Menurut Fatihudin dan Firmansyah (2019: 164) Iklan merupakan model komunikasi yang dapat menjangkau publik secara luas. Iklan dapat digunakan untuk membangun image jangka panjang dan juga mempercepat quick sales. Selain itu iklan juga bersifat baku dan dapat ditayangkan berulang-ulang serta dapat memperoleh efek dramatisasi dari iklan yang ditayangkan tersebut.

Menurut Tjiptono dalam Minati (2017) iklan adalah bentuk komunikasi tidak langsung, yang didasarkan pada informasi tentang keunggulan atau keuntungan suatu produk, yang disusun sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa menyenangkan yang akan mengubah pikiran seseorang untuk melakukan pembelian.

Iklan biasanya dibuat sekreatif mungkin untuk mendapatkan atensi dari khalayak, iklan juga bisa menjadi strategi komunikasi untuk menarik perhatian, menumbuhkan rasa kesadaran dan menciptakan citra produk. Dalam dunia pemasaran iklan mempunyai banyak manfaat, bukan hanya menginformasikan sebuah produk tetapi memberikan penyajian yang mudah diingat agar khalayak dapat mengambil suatu tindakan dan akan menguntungkan bagi pihak pembuat iklan melalui media digital (Duniarro,2003,p,l). Iklan yang berhasil adalah iklan yang bisa membuat audiens berhenti sejenak untuk menikmati dan mendengarkan pesan yang disampaikan. Hal tersebut bisa digapai dengan berbagai cara salah satunya adalah menggunakan visual yang menarik, atau membuat alur cerita dalam iklan tersebut. Sedangkan fungsi iklan secara umum adalah sebagai berikut :

Menurut Shimp dalam Hartini (2016) fungsi periklanan meliputi:
Memberi Informasi
 Periklanan dapat memberitahukan pasar tentang suatu produk baru dan perubahan harga, menyusulkan kegunaan suatu produk baru menjelaskan cara kerja, dan membangun citra perusahaan.
Membujuk
 Periklanan dapat membentuk preferensi merek, mengubah persepsi konsumen tentang atribut produk, mengajak konsumen untuk mencoba produk atau jasa yang diiklankan dan membujuk konsumen untuk membeli sekarang.
Mengingatkan
 Iklan menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen dan meningkatkan minat konsumen terhadap merek yang sudah ada.
Memberikan Nilai

Tambah Periklanan memberikan nilai tambah pada merek dengan mempengaruhi persepsi konsumen, sehingga seringkali merek dipandang sebagai lebih elegen, lebih bergaya dan biasa lebih unggul dari tawaran pesaing.

Dalam periklanan terdapat beberapa jenis -- jenis iklan yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa di berbagai media. Berikut adalah jenis -- jenis periklanan :  

Menurut Supriadi (2013:49) mengatakan bahwa jenis iklan terbagi menjadi dua bagian, antara lain:
1. Jenis Iklan Berdasarkan Isi Pesan
Iklan Komersial
Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan mendukung kampanye suatu produk atau jasa. Tujuannya yakni sebagai media pemasaran produk hampir sebagian besar iklan yang dimuat diberbagai media adalah iklan bagian promosi, baik untuk memperkenal sebuah produk, mendorong untuk membeli, meningkatkan konsumen, maupun menanamkan loyalitas konsumen terhadap sebuah produk.
Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat merupakan iklan non komersial dengan maksud mengajak, mendidik, mengarahkan, atau menghimbau masyarakat sebagai warga negara maupun warga dunia. Komunikan dalam iklan layanan masyarakat biasanya lembaga-lembaga pemerintah Atau lembaga swadaya
Iklan Politik
Iklan politik bisa disebut juga media kampanye yang bertujuan untuk kepentingan partai politik. Tujuan dari iklan politik sangat beragam, mulai dari memperkenalkan partai baru, membangun citra partai, memperkenalkan program kerja partai, hingga memenangkan pemilu. Di Indonesia, iklan politik lazimnya ramai dilakukan saat berlangsung kampanye terbuka dalam pilkada maupun pilpres.

PEMBAHASAN
Kami mengambil jenis iklan komersil dalam analisis periklanan ini, iklan yang kita ambil berupa iklan games yang berkolaborasi dengan girl group kpop. Iklan games kolaborasi dengan girl group kpop ini merupakan bentuk pemasaran bagi suatu games, iklan ini tidak ditayangkan di stasiun televisi tetapi hanya ditayangkan di media sosial akun games dan akun girl grup tersebut. iklan games yang berkolaborasi dengan girl group kpop ini memberikan visual serta audio yang dapat menarik minat para penonton. Iklan ini menggambarkan permainan games dengan menghadirkan karakter animasi member girl grup kpop, serta mereka juga memperlihatkan tarian - tarian grup kpop tersebut. Iklan ini bertujuan untuk dapat menjangkau audiens dari basis penggemar girl grup tersebut. Iklan dalam games ( iklan games ) mengacu pada berbagai bentuk iklan yang terjadi di sekitar video game. 

Iklan tersebut biasanya dapat tersedia dalam berbagai format dan media tergantung pada jenis permainan dan platfrom yang digunakan. Iklan games biasanya berkolaborasi dengan para selebriti, influencer, komunitas pemain, platfrom media sosial atau perusahaan teknologi. Visual yang digunakan pada iklan games sering kali menggunakan efek visual yang menarik seperti animasi yang halus, efek partikel atau visual yang kaya warna dan kreativitas. Selain itu penggunaan desain grafis yang aesthetic dan menarik dapat menciptakan kesan yang baik untuk para audiens. 

Pada iklan games mereka menampilkan cuplikan gameplay seperti aksi dalam permainan sehingga iklan games biasanya tidak mononton. Tidak hanya audio pada iklan games memiliki peran penting dalan menciptakan daya tarik iklan tersebut, seperti penggunaan original soundtrack yang dibuat khusus dengan mengusung tema iklan yang digunakan. Selain itu, efek suara yang dibuat serealistis mungkin seperti suara ledakan, tembakan, suara karakter, atau suara lingkungan ini bertujuan untuk dapat menghidupkan iklan games tersebut. Penggunaan voice over ( VO ) yang menarik dan unik untuk menjelaskan fitur-fitur pemain dalam menyampaikan pesan iklan dengan jelas. Kualitas audio yang jernih serta berkualitas tinggi dapat memberikan kesan menyenangkan bagi para audiens. Hal ini tentunya bertujuan untuk memikat  daya Tarik para penonton.
Selain itu, platfrom yang digunakan pada iklan ini juga dapat mempengaruhi target audience. Pada umumnya iklan games tidak hanya menargetkan pada kalangangan anak-anak, akan tetapi mereka juga menargetkan mulai dari kalangan orang dewasa hingga remaja, mereka juga menargetkan para gamers atau bahkan penggemar genre tertentu. tergantung pada iklan games tersebut yang ingin membuat iklan dengan target untuk siapa, contohnya pada iklan games yang kami analisis saat ini yaitu iklan games yang berkolaborasi dengan salah satu girl grup kpop. 

Mereka tentunya tidak hanya menargetkan para gamers tetapi mereka juga menargetkan para fans kpop, dimana pada saat ini tentunya kita tahu bahwa kpop sudah mendunia dan banyak disukai. Dengan adanya kolaborasi ini menambah daya tarik peminat bagi games tersebut, yang sebelumnya hanya menarik minat para gamers sekarang sudah dapat menarik minat para fans kpop. Isi pesan pada iklan games ini menggambarkan kerja sama tim yang baik dan kompak, iklan ini menggambarkan kerja sama tim yang tangguh serta memperlihatkan adegan tim yang menarik dan penuh aksi. 

Iklan games ini terlihat menarik dikarenakan menghadirkan animasi anggota girl grup kpop. Iklan games ini mampu menarik para perhatian minat penonton, membangkitkan minat terhadap games, dan mendorong mereka untuk memainkan games tersebut. Perusahaan games ini menawarkan kepentingan konsumen yang gemar memainkan games, dimana konsumen tertarik dengan fitur - fitur yang ada pada games tersebut atau konsumen tertarik pada iklan yang ditawarkan perusahaan tersebut.
keunikan pada iklan games ini adalah penggunaan visual animasi serta kaya warna dan kreativitas yang menarik. selain itu, dengan adanya kolaborasi dengan girl grup kpop dapat menjadikan salah satu keunikan iklan tersebut, iklan ini menampilkan detail - detail games yang memadukan ciri khas atau iconic dari hgirl grup tersebut. Tidak hanya itu iklan ini juga menampilkan dance - dance girl grup kpop. Dengan adanya kolaborasi ini membuat iklan ini terlihat unik dan hal ini juga dapat meningkatkan brand awareness dan engagement yang membuat games ini dapat semakin dikenal oleh masyarakat luas, apalagi saat ini kpop semakin populer dan banyak dikenal oleh masyarakat. 

Dengan menggabungkan dua elemen yang berbeda antara music kpop dan games menciptakan iklan ini lebih inovasi dan menarik bagi penggemar keduanya. Tidak hanya itu audio yang digunakan dapat menjadikan daya tarik sendiri bagi para audiens, seperti halnya pada iklan ini yang menggunakan lagu girl grup sebagai latar audio iklan tersebut sehingga ini akan menarik daya minat para audiensnya.

kesimpulan dari analisis periklanan ini adalah iklan games yang mengusung tema animasi yang  berkolaborasi dengan salah satu girl grup ternama. hal ini bisa menjadi strategi pemasaran yang startegis untuk para pengegemar kpop dan games. dengan memanfaatkan ketenaran gril grup tersebut dapat membuat audiens tertarik dengn visual dan audionya yang di kemas secara kreatif. hal ini bisa menjadikan dampak yang signifikan bagi games tersebut. visual yang menarik dan penggunaan music yang enak didengar menjadikan atensi yang positif bagi audiens. 

selain itu iklan ini dapat membangun kesadaran untuk membentuk jiwa kerjasama tim yang kuat. dengan visual dan audio yang menarik bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada audiens dan para penggemar game ini. Dan menegaskan pentingnya kerja sama tim dan komunikasi dalam mencapai tujuan yang sama. Pemain harus berkomunikasi efektif untuk berbagi ide dan bekerja sama secara efisien. Dan Menarik perhatian target audience sejak awal. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan visual yang menarik, musik yang catchy, atau cerita yang seru. selain itu, Memberikan informasi yang jelas tentang game, seperti genre, gameplay, fitur, dan keunggulannya. Informasi ini harus disampaikan dengan cara yang singkat dan mudah dipahami. Iklan game harus dibuat sesuai dengan target audience yang ingin dijangkau. Hal ini meliputi pemilihan bahasa, budaya, dan gaya yang sesuai dengan target audience.
Sekian ini lah hasil dari analisis iklan kami, terimakasih.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun