Mohon tunggu...
Nazariel Maulana Adim
Nazariel Maulana Adim Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kuliah

Hobi futsal

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Implementasi Teori Pembelajaran Humanistik dalam Proses Pembelajaran i Sekolah Dasar

9 Juni 2024   11:55 Diperbarui: 9 Juni 2024   12:04 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Implementasi Teori Pembelajaran Humanistik dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar, Teori Pembelajaran Humanistik adalah pendekatan yang berfokus pada pengembangan potensi dan aktualisasi diri siswa. Dalam implementasinya, teori ini memprioritaskan pengembangan keterampilan kognitif, afektif, dan psikomotor siswa. Berikut adalah beberapa langkah implementasi Teori Pembelajaran Humanistik dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar:

1.Pembelajaran Berpusat pada Siswa:

Guru berperan sebagai fasilitator yang membantu siswa menemukan cara belajar yang efektif

Siswa diberikan kebebasan untuk memilih cara belajar dan menentukan tujuan sendiri.

2.Penciptaan Lingkungan Belajar yang Aman dan Mendukung

Lingkungan belajar yang aman dan mendukung memungkinkan siswa untuk berfokus pada proses belajar

Guru harus memastikan bahwa siswa merasa nyaman dan terstimulasi dalam belajar.

3.Penekanan pada Motivasi dan Keterlibatan Siswa

Guru harus memahami motivasi siswa dan membantu mereka menemukan motivasi belajar yang efektif.

Guru juga harus memastikan bahwa siswa terlibat aktif dalam proses belajar dan mengembangkan keterampilan kognitif dan afektif.

4.Pengembangan Potensi Siswa

Guru harus membantu siswa mengembangkan potensi mereka dengan memberikan kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam proses belajar.

Guru juga harus memastikan bahwa siswa memiliki kesempatan untuk berpikir kritis dan analitis.

5.Penggunaan Metode Pembelajaran yang Interaktif

Metode pembelajaran yang interaktif seperti diskusi, simulasi, dan permainan dapat membantu siswa menjadi lebih aktif dan terlibat dalam proses belajar.

6.Pengembangan Keterampilan Kognitif, Afektif, dan Psikomotor

Guru harus memastikan bahwa siswa mengembangkan keterampilan kognitif, afektif, dan psikomotor yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

7.Penggunaan Media Pembelajaran yang Interaktif

Media pembelajaran yang interaktif seperti video, gambar, dan animasi dapat membantu siswa menjadi lebih terlibat dan memahami materi pelajaran.

Dengan mengimplementasikan Teori Pembelajaran Humanistik, guru dapat membantu siswa mengembangkan potensi mereka, meningkatkan motivasi belajar, dan mencapai tujuan pembelajaran yang lebih efektif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun