Program alarm kebaikan meruapkan salah satu strategi dasar dalam rangka menigkatkan minat masyarakat dalam hal berzakat selama pandemi Covid-19. Program tersebut yang menjadi garda terdepan adalah rekan rekan mahasiswa keguruan pada khususnya yang mengajar di Sekolah Dasar dalam program pengabdian.Â
Pengabdian ini di gagas oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram tahun 2021. Program kerja dari BEM FKIP Ini mengambil sekolah binaan yang ada di pulau Lombok yakni khususnya Sekolah Dasar/Sederajat. Alasan memilih sekolah dasar karena menjadikan strategi dasar tahap awal dalam meningkatkan kesadaran masyarakat (orang Tua Siswa). Hal ini bertujuan agar minat serta kesadaran masyarakat akan tentang zakat dalam masa pandemi Covid-19 di mulai dari putra/putri mereka yang secara tidak langsung merea dapat pendidikan melalui mereka.Â
1. Tahap Persiapan
a. Â Â Â Open Recriutment tenaga pendidik dikalangan mahasiswa FKIP
b. Â Â Pembentukan kelompok berdasarkan mata pelajaran
c. Â Â Â Pembekalan dan pengarahan tenaga pendidik (Mahasiswa/i)
d. Â Â Observasi sekolah dasar yang menjadi objek pengabdian program
e. Â Â Â Perizinan pihak pemerintahan desa di lokasi program
f. Â Â Â Sosialiasi program di Sekolah Dasar sasaran
2. Tahap Pelaksanaan
Dalam pelaksnaan program alarm kebaikan ini sistem ialah sederhana dalam setiap pembelajaran usai KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) maka pendidik (mahasiswa) harus memberikan sugesti kepada anak-anak untuk mengingatkan orang tau tentang zakat. Strategi mahasiswa yakni menggunakan PR (Pekerjaan Rumah) yang diberikan kepada siswa Sekolah Dasar. Pekerjaan Rumah yang di berikan akan tetap mengarah kepada orang tua sehingga ini akan menjadi pengingat bagi orang tua mereka secara tidak langsung. Nanti akan di berikan pertanyaan yang memang mengarah tentang zakat secara langsung serta aka nada pertanyaan bagi orang tua di sana sehingga secara perlahan menjadi sarana dakwah tentang kewajiban berzakat.
3. Tahap Kontrol dan Evaluasi
Tahap pengontrolan dilakukan secara rutin oleh pendidik (mahasiswa) terhadap peserta didik sesuai dengan Pekerjaan Rumah yang sudah diberikan kepada mereka. Sedangkan, tahap evaluasi kegiatan dilakukan setiap hari melihat perkembangan dari hasil siswa dan orang dua berinterakasi dengan orang tua. Pendidik menggunakan Tanya Jawab kepada siswa Sekolah Dasar.
4. Kelebihan dan Kekurangan
a. Â Â Â Kelebihan yakni : sebagai alternatif dalam meningkatkan kesadaran orang tua dalam berzakat dan Belum ada strategi seperti ini sebelumnya
b.   Kekurangan yakni program sederhana dan sulit mengontrol apakah siswa Sekolah Dasar bisa  menyampaikan kepada orang tuanya pesan sesuai dengan tujuan   program alarm kebaikan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H