Mohon tunggu...
Nazala Chusna Syifa
Nazala Chusna Syifa Mohon Tunggu... Mahasiswa - 23107030033- Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga

Clynophile

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Unik Iklan Marjan

13 Maret 2024   18:53 Diperbarui: 13 Maret 2024   19:03 202
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
akun X @habisnontonfilm

Iklan sirup marjan ini dapat dibilang unik dari pada iklan lainya. Hal tersebut karena iklan ini memiliki ciri khasnya sendiri. Beberapa diantaranya yakni, kualitas sinema dan visual yang luar biasa. Marjan bisa dibilang totalitas dalam memproduksi iklannya. Dapat dibandingkan dengan produk iklan lain, marjan merupakan salah satu iklan yang memiliki sinema dan visual yang totalitas dan keren.

Selain itu, ciri khas lain yang dimiliki iklan ini adalah hanya dimuncul pada saat mendekati bulan ramadhan. Oleh karena itu marjan menjadi iklan yang paling ditunggu tunggu pada saat bulan ramadhan. Namun sebenarnya marjan selalu ada loh di toko toko, tetapi ia menjadi menonjol dan banyak di edarkan pada saat bulan ramadhan.

Selain dengan ciri khas iklan saat dibulan ramadhan, Marjan memiliki ciri khas lainya. Yakni dengan selalu mengangkat budaya dan cerita rakyat. Seperti pada saat 2019, marjan mengeluarkan iklan dengan cerita rakyat buto ijo. Tidak hanya pada tahun 2019 saja iklan marjan sudah menggunakan cerita cerita rakyat dan sinema visual yang keren sejak bertahun tahun lalu.

Melansir dari akun X (yang dulu bernama twitter) dari akun habis nonton film. Ini dia beberapa tema dan cerita rakyat yang diangkat oleh marjan sejak tahun 2018 hingga saat ini.

Pada tahun 2018 ini iklan marjan sudah mulai menggunakan visual dan sinematik yang keren. Pada tahun ini marjan mengusung tema kedaerahan dengan menggunakan judul Wayang Golek Cepot Dawala. Wayang golek ini merupakan kesenian berasal yang dari Jawa Barat. Iklan marjan pada 2018 ini menggunakan tagline semua menunggu segarnya marjan. Pada iklan marjan ini sudah menggunakan cerita bersambung yang dapat menarik penonton untuk mengetahui kelanjutan ceritanya.

Iklan marjan tahun 2019 ini sudah mulai menggunakan tema cerita rakyat daerah, dan cerita rakyat yang diangkat yakni cerita Timun Mas Dan Buto Ijo. Timun Mas Dan Buto Ijo ini merupakan cerita legenda yang berasal dari  Jawa Tengah. Namun pada iklan marjan ini cerita legenda Timun Mas Dan Buto Ijo mengalami sedikit modifikasi dengan situasi moderen. Contohnya pada saat buto ijo memberikan bibit timun. 

Pada cerita legenda yang dulu timun mas diberikan dalam bentuk biji yang ditanaman, sedangkan sekarang sudah dimodifikasi dengan bibit timun yang berada di pot bunga. Dan yang paling menarik minat penonton yakni visual sinema yang keren, sinema yang dibuat tidak seperti iklan iklan standar lainya. Iklan marjan 2019 ini menggunakan tagline ini cerita manisnya marjan.

Pada tahun 2020 iklan marjan kembali menggusung tema cerita rakyat. Pada iklan ini cerita rakyat yang diangkat berjudul Purbasari Dan Lutung Kasarung yang merupakan cerita legenda yang lagi lagi berasal dari jawa barat. Tak lupa marjan juga menggunakan visual dan sinema yang keren agar kyalayak tetap tertarik dengan iklan tersebut. Tak hanya itu marjan juga tetap konsistem menggunakan cerita bersambungnya. Dan dalam iklan marjan 2020 ini terdapat beberapa tagline.

Tahun 2021 ini marjan menggunakan tema ciri khas daerah. Pada tahun ini daerah yang di usung yakni jawa timur dan sumatra utara. Mereka menggunakan judul reogmen karna iklan tersebut memadukan dua pahlawan yakni reog ponorogo yang berasal dari jawa timur, dan kelana yang berasal dari sumatra utara. Marjan tetap konsisten dengan ciri khasnya yakni cinema dan visual yang keren dan luar biasa.

Pada tahun 2022 iklan marjan menggunakan tema cerita daerah lagi seberti pada tahun sebelumnya yakni tahun 2020. Judul yang diusung dalam iklan marjan ini adalah Dewi Sri dan Kala Wereng. Cerita Dewi Sri Dan Kala W ereng ini merupakan cerita legenda yang berasal dari jawa, sunda, dan juga bali. Seperti tahun tahun sebelumnya marjan tetap menggunakan sinema dan visual yang luar biasa totalitasnya.

Pada tahun 2023 ini iklan marjan mengusung tema tentang kebersihan lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan beberapa vidio yang menunjukan kondisi lautan yang dipenuhi sampah. Pada tahun 2023 ini iklan marjan menggunakan judul Baruna Sang Penjaga Samudera. Pada iklan ini marjan sedikit menyisipkan pesan pada penonton agar menjaga kebersihan lingkungannya.

Belum lama ini telah keluar iklan marjan 2024 part 1. Seperti sebelumnya marjan tetap konsisten menggunakan cerita berkelanjutan. Pada iklan 2024 ini marjan menggunakan judul Putri Hijau dan Desa Kehidupan. Iklan ini juga menggunakan tema tentang lingkungan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun