Mohon tunggu...
Nawang Sari
Nawang Sari Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswi Pendidikan Sosiologi Universitas Sultan Ageng TIrtayasa

Jika gagal maka bangkit lagi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Essay Dampak Positif Perkembangan Teknologi terhadap Media Pembelajaran

21 Maret 2022   21:58 Diperbarui: 21 Maret 2022   22:01 30331
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Nama: Nawang Sari

NIM: 2290200018

Kelas: 4A Pendidikan Sosiologi

Dosen Pengampu: Subhan Widiansyah, S. Pd., M. Pd.

Dibuat Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Media Pembelajaran dan TIK Pendidikan Sosiologi

Essay Dampak Positif Perkembangan Teknologi Terhadap Media Pembelajaran

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju di era 4.0 ini tidak selalaku memberikan dampak yang negatif kedalam kehidupan kita melainkan juga mempunyai sisi yang positif. 

Perkembangan teknologi ini memberikan pengaruh besar yang signifikan terhadap dunia pendidikan terutama perubahan pada media pembelajaran. Teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Hampir segala kegiatan manusia memanfaatkan teknologi. 

Teknologi memberikan peran sebagai pengembangan media pembelajaran untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan yang dibutuhkan bagi dunia pendidikan. 

Media pembelajaran merupakan sarana yang memuat segala sumber informasi dan pengetahuan yang digunakan untuk memudahkan seorang tenaga pendidik untuk dapat menyampaikan materinya kepada para peserta didik. Media pembelajaran juga memiliki tujuan agar proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Dengan adanya perkembangan zaman tidak selalu membawa efek buruk terhadap dunia pendidikan tetapi juga memiliki sisi positif yaitu adanya dampak positif terhadap pembelajaran yaitu adanya perkembangan pada media pembelajaran. 

Seperti yang kita ketahui bersama sebelum hadirnya teknologi, media pembelajaran yang digunakan di bidang akademik hanya berpacu pada buku saja atau guru menyampaikan materi dengan model berceramah saja yang membuat seorang siswa menjadi tidak bersemangat di dalam menjalani proses pembelajaran, hawanya mengantuk ketika guru menjelaskan materi seperti sedang dibacakan dongeng pengantar tidur sehingga peserta didik menjadi lebih mudah bosan serta materi yang disampaikan oleh guru tersebut tidak dapat diserap secara baik. 

Untuk menumbuhkan minat belajar pada siswa, maka seorang guru harus menciptakan pembelajaran yang menarik sehingga para siswa menjadi semangat untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dan hal belajar tersebut menjadi sesuatu yang selalu dinantikan oleh para peserta didik.

Pada zaman saat ini media yang banyak digunakan merupakan media yang berbasis digital yang berupa audio dan visual. Media pembelajaran saat ini tampilan nya lebih menarik yang dilengkapi oleh fitur-fitur yang mendukung kegiatan proses pembelajaran. 

Dengan hal tersebut tentunya membuat para peserta didik tidak merasa jenuh dan bosan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dengan adanya media pembelajaran audio visual ini membuat para peserta didik menjadi lebih mudah memahami materi pelajaran yang diberikan oleh gurunya. 

Mengapa demikian, karena sebagian besar anak-anak ini merasa lebih paham ketika diberikan gambaran atau contoh melalui tayangan atau video pembelajaran jadi seolah-olah mereka merasakan hadir langsung di situasi tersebut. 

Jika dibandingkan dengan hanya membaca buku, materi tersebut tidak dapat sepenuhnya dipahami karena mereka tidak mempunyai gambaran mengenai materi yang tertulis di dalam buku hanya berfokus pada bacaan nya saja. Hal tersebut yang menjadi pengaruh peserta didik mudah bosan di dalam proses pembelajaran.

Perkembangan teknologi membawa pengaruh yang baik terhadap media pembelajaran seperti pada masa pandemi saat ini membuat segala aktivitas harus terhenti salah satunya kegiatan belajar dan mengajar. Maka dari itu, pemerintah memberikan solusi kepada dunia pendidikan dengan tidak bisa dilakukannya kegiatan pembelajaran secara tatap muka maka dilakukan pembelajaran secara daring agar pembelajaran dapat terus berjalan seperti sedia kala.

Dengan pembelajaran secara daring, maka membutuhkan media pembelajaran yang berbasis online seperti google meet, zoom, quiziz, ruang guru serta platform atau aplikasi yang mendukung kegiatan pembelajaran di masa pandemi saat ini. 

Dengan hal tersebut memberikan dampak yang positif yaitu pembelajaran bisa dilakukan dimana dan kapan saja tanpa harus di ruangan kelas. Hal ini juga bisa membuat para peserta didik melek akan teknologi karena harus beradaptasi dengan kondisi saat ini yang tidak bisa memungkinkan melakukan pembelajaran secara tatap muka. 

Dengan hal ini, bisa mengefesiensikan waktu dan tenaga yang dikeluarkan. Perkembangan teknologi juga memberikan dampak positif terhadap media pembelajaran yang digunakan untuk mempresentasikan hasil dari kerja peserta didik. Saat ini sudah banyak website yang menyediakan desain tampilan power point yang menarik dan hasilnya bisa ditampilkan melalui layar proyektor.

Contoh perkembangan teknologi terhadap media pembelajaran audio visual seperti di aplikasi youtube pada saat ini, kita dengan mudahnya mengakses segala sumber pembelajaran yang ada di dalamnya sudah berisi video-video pembelajaran yang disertakan dengan contoh-contoh dengan kehidupan di lingkungan sekitar kita hanya dengan menggunakan smartphone yang terisi oleh kuota internet. 

Dengan menuliskan hal yang ingin kita dapatkan di kolom pencarian maka segala hal yang kita inginkan dapat tertera. Perkembangan teknologi pada saat ini juga kita rasakan dengan hadirnya film-film dokumenter mengenai suatu sejarah G30SPKI, sejarah kemerdekaan, sejarah suatu daerah dsb. 

Yang dimana hal tersebut kalau kita membaca nya saja di buku sejarah merasa malas sekali dengan hadirnya film dokumenter tersebut suatu materi pembelajaran yang tidak bisa dijelaskan melalui ceramah oleh seorang guru bisa dijelaskan secara langsung melalui tampilan film dokumenter. Jadi, dengan adanya perkembangan teknologi terhadap media pembelajaran sangat memudahkan bagi para tenaga pendidik.

Dengan adanya media pembelajaran secara audio visual juga membuat daya tangkap anak menjadi sangat mudah karena mereka melihat dan mendengarkan secara langsung seolah-olah mereka terjun atau sedang berada pada kondisi atau situasi tersebut. Sama dengan hal nya saya, ketika saya menonton film saya menjadi lebih mudah memahami suatu materi pembelajaran karena di dalamnya juga terdapat contoh-contoh terhadap suatu materi yang sedang dijelaskan seketika saya langsung berkhayal dan tanggap mengenai materi tersebut.

Bisa kita bayangkan bagaimana mudahnya saat ini dengan hadirnya perkembangan teknologi terhadap media pembelajaran memberikan kita banyak sekali kemudahan di dalam menjalani proses pembelajaran, hanya dengan membutuhkan smartphone, komputer atau laptop dan disertai kuota internet yang memadai maka kita bisa mengakses materi pembelajaran yang kita inginkan. 

Berbeda hal nya dengan zaman dahulu yang apa-apa serba susah utuk media pembelajaran pun masih dibilang kuno hanya berpaku dengan media cetak seperti buku, koran, majalah dan lain sebagainya yang isinya tidak ada gambar maupun suara serta itu pun hanya berwarna hitam dan putih, tidak seperti saat ini yang warna nya sudah bervariasi karena adanya kreativitas dan perkembangan teknologi yang membawa dampak yang positif terhadap dunia pendidikan.

Perkembangan teknologi terhadap media pembelajaran juga dapat digunakan sebagai penilaian hasil belajar siswa melalui aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat soal ulangan siswa seperti google form, google classroom dan edmodo. Jadi para peserta didik mengerjakan ulangan tidak dilakukan secara tulis menulis tetapi melalui secara online menggunakan aplikasi tersebut. 

Hal ini juga memberikan dampak yang positif terhadap penggunaan kertas pada proses kegiatan pembelajaran. Jadi, kita tidak selalu menebang pohon untuk mendapatkan kertas yang akhirnya nanti akan menimbulkan permasalahan pada lingkungan yaitu banyaknya sampah kertas. Dengan hal ini proses pengelolaan nilai pun menjadi lebih mudah untuk diolah.

Kesimpulannya media pembelajaran merupakan sebuah sarana atau perantara yang digunakan pada proses pembelajaran yang mana tujuan dibuatnya untuk memudahkan para peserta didik dengan tenaga pendidik agar tujuan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik serta dengan adanya perkembangan teknologi tidak hanya selalu membawa dampak negatif tetapi juga bisa membawa dampak negatif terutama pada dunia pendidikan. 

Dengan adanya perkembangan teknologi pada media pembelajaran membuat seorang tenaga pendidik menjadi lebih kreatif di dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga harus selalu mengupgrade diri dengan cara banyak membaca, ikut pelatihan-pelatihan yang disediakan oleh sekolah untuk meningkatkan skill atau kemampuan yang dimilikinya. 

Mengikuti perkembangan zaman berguna untuk mengetahui perkembangan-perkembangan yang ada di masyarakat agar adanya pembaharuan di dalam peyampaian materi pembelajaran yang nantinya membuat para peserta didik menjadi lebih bergairah dan bersemangat di dalam melakukan proses pembelajaran karena adanya variasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun