3.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2
Tujuan Pembelajaran Khusus
1. CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang adaÂ
2. CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada. Tujuan Pembelajaran KhususÂ
3. CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.Â
4. CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik iniÂ
HASIL ANALISISÂ
Visi Sekolah tempat guru tersebut mengabdiÂ
"MEMBENTUK PESERTA DIDIK BERKARAKTER,KREATIF,MANDIRI, DAN KOLABORATIF"
Prakarsa perubahan yang diusulkanÂ
Menciptakan kelas yang nyaman, menyenangkan dan menjadi penyemangat belajar murid secara berkelanjutanÂ
Bagaimana meningkatkan keterlibatan murid untuk menciptakan kelas yang nyaman, menyenangkan dan menjadi penyemangat belajar secara berkelanjutanÂ
Kegiatan atau tindakan yang dilakukan guru dalam tayangan video
B. Buat pertanyaan UtamaÂ
- Guru berkoordinasi dengan kepala sekolah tentang prakarsa perubahan yang akan dilakukanÂ
- Guru berkoordinasi dengan teman sejawat untuk merumuskan prakarsa perubahan yang akan dilakukanÂ
- Meminta pendapat murid untuk mengidentifikasi hal-hal apa saja yang dapat meningkatkan semangat belajarÂ
- Meminta pendapat murid tentang apa saja yang disukai di dalam kelasÂ
- Mengajak murid untuk berkunjung kekelas 2 dan kelas 6 guna melihat hal-hal yang mereka sukaiÂ
A. Ambil Pelajaran
- Guru memfasilitasi untuk melakukan survey secara langsung ke kelas 2 dan kelas 6 yang memiliki karyakarya kelas yang beragam yang ditempelkan.Â
- Guru memberi kesempatan kepada murid untuk mencari inspirasi seluas-luasnyaÂ
- Guru memfasilitasi murid dalam kelompok untuk mendiskusikan apa yang mereka sukai dari kelas lain dan apa dari kelas kitaÂ
- Guru menampung semua pendapat muridÂ
- Gru memandu murid untuk mencari pengalaman positif dari kelas lain untuk dijadikan pelajaranÂ
G. Gali MimpiÂ
- Guru memfasilitasi kelompok untuk mengambil bahanbahan untuk menuliskan kelas yang mereka impikan.Â
- Guru meminta murid untuk membayangkan kelas impian merekaÂ
- Guru meminta murid untuk menjelaskan design kelas yang mereka impikan sebagai penyemangat belajarÂ
- Guru meminta murid untuk menyampaikan/ mempresentasikan gagasan dari tiap kelompok dari kelas yang mereka impikan Â
J. Jabarkan RencanaÂ
- Guru membimbing murid untuk mendata hal-hal yang dibutuhkan kelas impianÂ
- Murid diajak berkontribusi dalam membuat kelas impian dan dibagi tugas secara berkelompok sebagai tanggungjawab bersamaÂ
A. Atur EksekusiÂ
- Menyepakati kapan akan dilakukan penyusunan kelas impian bersama dengan murid
Peran Pemimpin yang tergambar pada video tersebutÂ
- Guru tersebut menunjukkan sebagai pemimpin pembelajaran yang mandiri dan penuh inisiatif untuk melakukan prakarsa perubahanÂ
- Guru yang inovatif dan kreatifitas dalam mengelola kelasÂ
- Guru yang berpihak pada murid dan memikirkan kemajuan murid dalam belajarÂ
- Dalam memegang kendali dan mengambil keputusan yang bijak dalam melaksanakan keputusan
Peran Pemimpin yang tergambar pada video tersebutÂ
- Memastikan adanya interaksi dua arah sehingga murid merasa dirinya penting, dan menjadi dirinya sendiri dengan vareasi pembelajaran yang beragamÂ
- Fokus pada habits tidak sekedar mengejar standarÂ
- Kelas yang diajar lebih bernuansa komunitasÂ
- Terbuka untuk berkolabirasi dengan murid dan teman sejawatÂ
Modal utama yang dimanfaatkanÂ
A. Modal Manusia
- Memanfaatkan kecerdasan kreatifitas dari muridmurid disekolahnya untuk merancang kelas yang bisa memberikan penyemangat pembelajaranÂ
- Memiliki guru yang kompeten dan profesionalisme ynag bisa berkomunikasi baik dengan muridÂ
- Murid yang memiliki potensi yang beragam yang siap dikembangkanÂ
- Adanya pemangku kepentingan yang siap mendukung program prakarsa perubahan yang direncanakan oleh guruÂ
B. Modal Sosial
- Bekerja sama dengan teman sejawatÂ
- Bekerja sama dengan guru kelas 2 dan kelas 6 untuk menjadi kelas inspirasiÂ
C. Modal Fisik
- Memanfaatkan ruang kelas sebagai media mewujudkan kelas impianÂ
- Lingkungan sekolah yang asri dan mendukung murid untuk melakukan perubahan pembelajaranÂ
- Memiliki tempat bermain yang luas untuk menumbuhkan karakter dan budi pekertiÂ
D. Modal Alam
- Menggunakan ruang kelas sebagai area penyemangat belajarÂ
- Sekolah pedesaan mendukung interaksi murid yang penuh keakraban sehingga memunculkan kreatifitas dari muridÂ
E. Modal Politik
- Kepala Sekolah yang mendukungÂ
- Guru dan murid yang terbukaÂ
F. Modal Agama
- Memiliki yang baik antar warga sekolah serta masyarakat lingkungan sekolah
TERIMAKASIH
@nawakusnanto
@nowsyauqichannel
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H