Mohon tunggu...
MUHAMMAD NAUVAL PRASETYA
MUHAMMAD NAUVAL PRASETYA Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa Ilmu Komunikasi - Asia Cyber University

Peminat Outfit

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sosial Media: Senjata Andalan Merek Lokal Meroket Dikancah Gelobal

1 Agustus 2024   10:00 Diperbarui: 1 Agustus 2024   10:04 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pesatnya perkembangan dunia digital saat ini, menjelma menjadi kekuatan dahsyat bagi bisnis untuk bisa berkembang dan memasuki era baru berpeluang menciptakan new market yang lebih menjanjikan. Bagi banyak pelaku bisnis, platform-platform digital bukan hanya sekedar alat promosi saja, melainkan dapat menjadi senjata andalan dalam meningkatkan brand awareness dan menjangkau pasar yang lebih luas secara global.

Mengapa Sosial Media Begitu Penting?

Jangkauan Luas

Sosial media memungkinkan merek lokal untuk menjangkau audiens yang jauh lebih luas dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional. Dengan sekali unggahan, pesan merek dapat menyebar ke seluruh dunia.

Interaksi Langsung

Fitur-fitur interaktif pada sosial media memungkinkan merek untuk berinteraksi langsung dengan konsumen. Hal ini menciptakan hubungan yang lebih personal dan membangun kepercayaan.

Biaya Efisien

Biaya dalam pemasaran sosial media lebih terjangkau, dengan keuntungan yang besar. Hal ini berbanding terbalik melihat biaya iklan konvensional yang terbilang cukup mahal dengan dampak terhadap merek yang lebih rendah.

Evaluasi Market

Dalam pemasaran digital, merek dapat melakukan analisis data dalam memahami perilaku konsumen sebagai preferensi dan mengikuti tren pasar secara lebih mendalam. Hal ini berguna untuk melebarkan sayap ke pangsa pasar baru yang lebih menjanjikan.

Strategi Jitu Memanfaatkan Sosial Media

Identifikasi Target Audiens

Dalam membangun sebuah merek, tentukan target pasar secara spesifik, dan mulai memahami karakteristrik pasar dalam menentukan konten yang relevan dan menarik sebagai media pemasaran.

Pilih Platform yang Tepat

Pada setiap platform sosial media, memiliki karakteristik audiens yang berbeda, tentukan platform yang sesuai dengan target pasar yang terlebih dahulu telah ditentukan.

Buat Konten yang Menarik

Buatlah konten berkualitas dengan kretifitas mengikuti tren yang sedang berkembang. Gunakan itu sebagai taktik pemasaran yang lebih efektif, konten dapat dibuat dalam format video, foto ataupun sebuah teks.

Gunakan Hashtag yang Relevan

Penggunaan hashtag yang relevan membantu konten merk ditemukan oleh pengguna lain yang tertarik dengan topik yang sama. Dan tentunya hal itu dapat memperluas jangkauan konten yang dipasarkan.

Jalin Kemitraan

Berkolaborasi dengan influencer maupun merk lain dapat memperluas pasar dan hal itu bisa meningkatkan kredibilitas merk dimata calon konsumen.

Iklan Berbayar

Iklan berbayar dapat membantu merk dalam menargetkan audiens yang lebih spesifik dan mencapai hasil yang lebih cepat. Tentunya biaya tersebut terbilang lebih murah dibanding iklan konvensional.

Contoh Brand Lokal Go International

Sebagai contoh, Eiger Advanture terbilang telah sukses dalam memasarkan produknya secara digital dikancah global. Merk ini mampu membangun komunitasnya dengan memanfaatkan sosial media, bahkan pada pembahasan terbaru Eiger telah membuka store offline pertamanya di kaki gunung eiger yang berada di kota Interlaken, Swiss, pada 15 Maret 2023.

Tantangan dan Solusinya

Sebagai merk yang terjun dalam pasar digital, peluang kesuksesan yang besar tentunya memiliki resiko yang besar pula. Hal itu mengingat persaingan yang cukup ketat pada pasar ini, dan perubahan algoritma platform yang perlu dikembangkan Kembali mengikuti tren. Dalam mengatasi problem ini, tentunya merk perlu selalu berinovasi dalam pemasaran atau penyediaan produk yang sesuai diinginkan pasar pada saat ini

Adanya sosial media menjadi gerbang kesuksesan bagi merek lokal untuk bisa bersaing dipasar global. Penentuan strategi yang tepat dibarengi dengan konsistensi dalam membangun sebuah merek dapat menjadi kekuatan tersendiri dalam meningkatkan brand awareness, membangun loyalitas konsumen dan mencapai kesuksesan bisnis secara berkelanjutan.

Muhammad Nauval Prasetya

Mahasiswa Universitas Cyber Asia

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun